Gas Fee NFT: Faktor, Cara Menghitung, dan Membuat NFT Tanpa Gas Fee

Artikel ini terakhir di perbaharui August 8, 2022 by Wachda Mihmii
Gas Fee NFT: Faktor, Cara Menghitung, dan Membuat NFT Tanpa Gas Fee

Gas Fee NFT merupakan pembayaran yang nantinya harus dibayarkan oleh para pengguna untuk bisa mengimbangi energi komputasi selama proses transaksi blockchain. Untuk lebih lanjutnya, pahami artikel di bawah ini. Follow juga Instagram GIC untuk info mengenai NFT!

Apa Itu Gas Fee NFT?

Gas Fee adalah pembayaran yang harus dilakukan pengguna untuk mengimbangi energi komputasi yang diperlukan untuk memproses transaksi di blockchain. Ini sangat mirip dengan biaya pemrosesan yang mungkin dikenakan kartu kredit untuk mentransfer uang ke berbagai rekening atau untuk membayar tagihan.

Paling umum, Gas Fee NFT terutama disebutkan ketika berbicara tentang blockchain Ethereum. Saat ini, blockchain Ethereum memiliki beberapa Gas Fee paling mahal; mulai dari $5 hingga $500+ tergantung pada jenis transaksi dan permintaan pada blockchain pada saat pencetakan.

Ethereum menggunakan sesuatu yang disebut mekanisme konsensus proof of work (pow). PoW berfungsi dengan memanfaatkan validator (disebut penambang) untuk menyelesaikan algoritma kriptografi. Menemukan solusi yang berhasil untuk algoritme ini memungkinkan serangkaian transaksi untuk diproses dan ditambahkan ke blockchain, dan sebagai hasilnya, membutuhkan banyak energi komputasi.

Penambang sukses yang mampu memecahkan algoritme ini mendapatkan kompensasi atas upaya mereka melalui Gas Fee. Insentif ini membuat mereka terus memberikan dukungan untuk transaksi. Jadi, total biaya transaksi akan sama dengan batas gas x harga gas saat itu. 

yaitu Total Biaya Transaksi = Batas Gas x Harga Gas

Jika biaya transaksi sama dengan batas gas, transaksi Anda akan dieksekusi dan seluruh blockchain akan diperbarui. Jika biaya transaksi lebih besar dari limit gas, maka transaksi tidak lolos dan dibatalkan. Jika Anda memiliki kontrak besar dan Anda mencoba untuk mengeksekusinya dengan sangat cepat, maka harga gas bisa sangat tinggi.

Sebaliknya, jika Anda menunggu transaksi berlangsung, harganya bisa lebih rendah.

Faktor yang Mempengaruhi Gas Fee NFT

Ada tiga faktor utama yang menentukan Gas Fee NFT:

  • Kompleksitas transaksi. Beberapa transaksi membutuhkan lebih sedikit gas daripada yang lain. Transfer sederhana di seluruh jaringan Ethereum, seperti mengirim ETH ke dompet lain, biasanya lebih murah daripada memproses kontrak pintar yang rumit.
  • Kemacetan jaringan. Jika popularitas Etheruem melonjak, biaya untuk mengeksekusi transaksi pada rantai dapat meningkat, hanya karena ada lebih banyak permintaan yang menyumbat jaringan. Karena semakin banyak aplikasi yang dibangun di Ethereum, seperti pasar dan permainan kripto, Anda dapat mengharapkan biaya untuk menjalankan transaksi ini meningkat.
  • Kecepatan pemrosesan. Kecepatan proses transaksi yang Anda inginkan dapat menentukan harga gas juga. Ingin transaksi cepat dan hampir instan? Harapkan Gas Fee yang lebih tinggi. Oke dengan menunggu? Membayar Gas Fee yang lebih rendah. Anggap saja seperti membayar ekstra untuk pengiriman ekspres pada suatu barang vs. menunggu beberapa hari untuk pengiriman reguler.

Berapa Gas Fee NFT Sekarang?

Berikut untuk gas fee NFT pada tanggal ditulisnya artikel ini pada tanggal 5 Agustus 2022. Gas fee NFT tersebut adalah:

 

Protocol Fee Avg Gas Used (Gwei) Gas Fee (ETH/USD)
Crypto.com DeFi Swap 0.3% 179,699 0.006649 $11.08
1 Curve 0.04% 112,845 0.004175 $6.96
2 Mooniswap 0.3% 149,767 0.005541 $9.23
3 SushiSwap 0.3% 151,050 0.005589 $9.31
4 DODO 0% 157,185 0.005816 $9.69
5 Uniswap V2 0.3% 163,254 0.006040 $10.06
6 Balancer Variable 206,765 0.007650 $12.74

 

Bagaimana Cara Menghitung Gas Fee NFT?

Untuk memahami bagaimana gas Ethereum dihitung, pertama-tama kita harus memahami konsep gwei. Gwei adalah denominasi Eter yang sangat kecil (1 gwei = 0,000000001 ETH) yang digunakan untuk mengukur biaya gas. Misalnya, biaya gas sebesar 30 gwei akan setara dengan 0,000000030 ETH. 

Sejak hard fork Ethereum London pada Agustus 2021, biaya gas Ethereum mengikuti perhitungan sederhana: 

Total Biaya Gas = Unit Gas (batas) x (Biaya dasar + Tip)

Mari kita uraikan ini sedikit lebih jauh. 

Batas gas adalah jumlah maksimum gas (atau energi) yang bersedia dibayar oleh pengguna cryptocurrency saat menyelesaikan transaksi di blockchain. Untuk transaksi Ethereum standar, sebagian besar dompet dan bursa menetapkan batas gas pada 21.000 gwei, tetapi memberi pengguna kemampuan untuk mengedit nomor ini secara manual kapan pun mereka mau. Dalam perang gas, di mana banyak pengguna bersaing memperebutkan prioritas transaksi di blok berikutnya, pengguna sering menaikkan batas gas mereka secara signifikan. 

Yang mengatakan, Ethereum hanya akan menggunakan jumlah yang tepat dari gas yang dibutuhkan untuk memproses transaksi. Selisih antara batas gas Anda dan jumlah gwei yang sebenarnya akan dikembalikan ke dompet Anda. Sementara itu, menetapkan batas gas Anda terlalu rendah kemungkinan akan menyebabkan transaksi Anda gagal, sehingga biaya gas terbuang yang tidak dapat Anda kembalikan.

Selanjutnya adalah biaya dasar. Juga diperkenalkan sebagai bagian dari peningkatan London, setiap blok memiliki biaya dasar yang bergantung pada kemacetan jaringan. Sebagai mekanisme deflasi untuk mengimbangi penerbitan ETH baru, setiap biaya dasar dibakar, atau dibuang dari sirkulasi pasokan Ethereum. Jadi untuk mengkompensasi penambang atas biaya yang akan mereka terima, pengguna didorong dan diharapkan untuk memasukkan biaya prioritas (tip) dengan setiap transaksi. Semakin tinggi biaya prioritas, semakin cepat proses transaksi. Di dompet seperti MetaMask, pengguna dapat menyesuaikan ketiga nilai (batas gas, biaya prioritas maksimal, dan biaya maksimal). 

Jadi dengan semua itu, berikut adalah contoh perhitungan biaya gas dasar. Katakanlah James ingin mencetak NFT untuk 1 ETH. 

  1. Batas gas adalah 21.000 unit, biaya dasar adalah 50 gwei, dan James termasuk tip 15 gwei.
  2. Rumus perhitungan gas adalah: 21.000 (batas gas) x (50 (biaya dasar) + 15 (Tips)), atau 21.000 x (50 + 15). Ini mengembalikan total biaya gas 1.365.000 gwei atau 0,001365 ETH.
  3. Saat James mencetak NFT, 1.001365 ETH akan dibebankan dari dompetnya. Dompet yang terkait dengan proyek NFT akan menerima 1 ETH, penambang akan menerima tip 0,000315 ETH, dan biaya dasar 0,00105 ETH akan dibakar. 

Pengguna juga dapat menetapkan biaya maksimum untuk transaksi, yang memberi mereka kendali penuh atas jumlah maksimum absolut yang ingin mereka bayarkan dengan biaya dasar dan biaya prioritas yang disertakan.

Namun, meskipun model ini membuat biaya lebih dapat diprediksi, model ini tidak menyelesaikan masalah penetapan harga berdasarkan kemacetan. Itu sebabnya Vitalik Buterin dan tim Ethereum bekerja dengan rajin pada versi Ethereum yang baru dan dapat diskalakan.

Bisakah Saya Membuat NFT Tanpa Gas Fee?

Berikut cara membuat NFT gratis. Anda bisa mengikuti langkah di bawah ini.

Langkah 1: Unduh dan siapkan dompet MetaMask.

Salah satu dompet bitcoin paling populer adalah MetaMask, yang merupakan plugin browser yang berfungsi dengan perangkat Anda. Jika Anda belum melakukannya, buka situs web MetaMask dan unduh dompetnya.

Apakah Anda sudah memiliki dompet MetaMask? Kemudian, menggunakan frasa pemulihan rahasia, Anda dapat mengimpornya. Jika Anda memulai dari awal, ikuti petunjuk di bawah ini untuk membuat dompet baru. Catat kata rahasia (menggunakan pena dan kertas) karena akan diperlukan untuk mengambil dompet Anda jika perangkat Anda hilang atau dicuri. Anda juga harus membuat kata sandi dompet, yang akan Anda perlukan setiap kali ingin menautkannya.

Langkah 2: Hubungkan MetaMask ke OpenSea

Untuk menautkan dompet Anda, buka pasar OpenSea dan klik simbol dompet di kanan atas. Pilih MetaMask dan konfirmasikan koneksi dompet (akan muncul pop-up). Anda akan dapat melihat profil Anda dan membuat NFT pertama Anda saat dompet Anda terhubung ke pasar NFT .

Langkah 3: Di OpenSea, Anda dapat membuat dan mencetak NFT secara gratis

Anda memiliki kemungkinan untuk mendapatkan satu item atau seluruh koleksi NFT. Kami mengusulkan pencetakan koleksi NFT berdasarkan NFT paling populer karena tampaknya lebih berhasil daripada NFT tunggal. Klik Buat untuk membuat satu NFT (di menu kanan atas). Klik ikon akun (kanan atas, di dekat ikon dompet) > Koleksi saya > Buat koleksi untuk mulai mencetak koleksi NFT.

Prosesnya sama untuk single dan collection. Saat Anda membangun koleksi NFT, Anda akan dapat menambahkan item ke dalamnya dan menentukan jumlah pasti NFT yang akan dicetak. Anda selalu dapat membakar beberapa di antaranya nanti jika Anda ingin membuat NFT Anda lebih langka .

NFT pertama Anda akan dihasilkan ketika Anda mengklik Buat. Namun, item tersebut tidak untuk dijual, dan Anda tidak akan dapat menemukannya menggunakan kotak pencarian.

Langkah 4: Buat daftar NFT Anda

Untuk menjual NFT Anda, buka Jual (kanan atas). Anda dapat memilih harga yang Anda inginkan untuk NFT Anda. Setelah Anda memasukkan semua informasi, klik Daftar lengkap, dan NFT akan tersedia untuk dibeli.

Perlu dicatat bahwa OpenSea membebankan biaya layanan 2,5 persen, yang akan dihapus dari harga jual setelah NFT dijual. Itu saja! Anda sekarang tahu cara menggunakan OpenSea untuk menghasilkan dan menjual NFT.

Dengan langkah-langkah diatas, maka Anda bisa membuat NFT tanpa gas fee yang harus dibayarkan. Gas Fee NFT menjadi pertimbangan yang sangat penting bagi para investor NFT. Maka dari itu, pastikan Anda memahaminya dengan seksama sebelum berinvestasi maupun membuat NFT itu sendiri. Jika Anda ingin membeli NFT, Anda bisa membelinya melalui GIC Verse dengan cara registrasi terlebih dahulu dan membelinya melalui aplikasi GIC pada menu GIC Verse!

GIC

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami