Floor Price NFT: Manfaat, Langkah Menentukan, dan Jenisnya

Artikel ini terakhir di perbaharui August 3, 2022 by Wachda Mihmii
Floor Price NFT: Manfaat, Langkah Menentukan, dan Jenisnya

Floor Price NFT adalah jumlah dari uang terendah yang bisa Anda keluarkan untuk memiliki sebuah NFT. Floor price NFT juga mewakili nilai terendah untuk NFT di pasar. Untuk mempelajarinya lebih lanjut, Anda bisa membaca artikel berikut. Anda juga bisa membaca artikel lainnya seperti PFP NFT: Pengertian, Contoh, Beserta dengan Manfaatnya.

Apa itu Floor Price?

Floor Price adalah batas bawah yang ditetapkan pada harga komoditas di pasar. Pemerintah biasanya menetapkan Floor Price untuk memastikan bahwa harga pasar suatu komoditas tidak jatuh di bawah tingkat yang akan mengancam keberadaan finansial produsen komoditas tersebut.

Floor Price NFT adalah jumlah uang terendah yang dapat Anda keluarkan untuk memiliki aset digital ini atau menjadi pemegang proyek. Floor Price juga mewakili nilai terendah untuk aset digital ini di pasar. Sama halnya dengan membeli produk di Amazon atau eBay, Floor Price NFT adalah harga terendah yang dapat Anda beli untuk NFT. 

Awalnya, Harga Terendah NFT ditetapkan setelah dibuat oleh pembuat atau perusahaan proyek aset digital ini. Kemudian, saat konsumen membeli NFT, mereka terdaftar di pasar sekunder dengan Floor Price yang baru.

Umumnya, orang mencoba mendaftarkan NFT mereka dengan Floor Price yang lebih tinggi di sekunder daripada yang mereka buat untuk menghasilkan keuntungan. Namun, beberapa orang menjadi tidak sabar dan akhirnya mendaftarkan aset digital ini mereka lebih rendah dari harga awal mint untuk membebaskan likuiditas.

Apa itu Floor Price NFT?

Floor Price NFT adalah jumlah uang terendah yang harus Anda keluarkan untuk membeli NFT dari koleksi.

Floor Price ditentukan oleh individu yang memiliki aset digital ini dalam proyek tertentu dan mencantumkan NFT untuk dijual dengan harga yang lebih murah daripada semua penjual lain dalam proyek tersebut.

Awalnya, Harga Terendah NFTdidasarkan pada mint oleh pembuat atau perusahaan proyek aset digital ini. Setelah proses pencetakan berakhir, Floor Price ditentukan oleh pemegang yang mendaftarkannya di pasar sekunder. 

Biasanya, pemegang NFT lebih suka mendaftarkan NFT mereka dengan Floor Price yang lebih tinggi di pasar sekunder daripada yang mereka buat untuk menghasilkan keuntungan. Di sisi lain, beberapa orang secara impulsif mencantumkan NFT mereka lebih rendah dari harga awal mint untuk membebaskan likuiditas. 

Untuk menilai nilai NFT, Anda harus melalui grafik Harga Terendah NFT, yang merupakan daftar koleksi NFT dengan Floor Price yang disebutkan sebelumnya. Dengan cara ini, Anda dapat menganalisis koleksi aset digital ini mana yang memiliki Floor Price maksimum, membandingkan satu koleksi dengan yang lain sekaligus.

Apa Saja Manfaat Floor Price NFT bagi Investor?

Ada beberapa manfaat menggunakan floor price nft bagi investor. Pertama, ini melindungi mereka dari membeli sekuritas dengan harga yang terlalu rendah. Kedua, membantu memastikan bahwa sekuritas diperdagangkan di pasar yang adil dan teratur.

Terakhir, ini membantu menjaga likuiditas dan nilai sekuritas.

  1. Melindungi investor dari membeli sekuritas dengan harga yang terlalu rendah.
  2. Membantu memastikan bahwa sekuritas diperdagangkan di pasar yang adil dan teratur.
  3. Membantu menjaga likuiditas dan nilai sekuritas

Begini Cara Menentukan Floor Price di NFT!

Nah, bagi Anda yang bingung dengan bagaimana cara untuk bisa menentukan floor price pada NFT, maka Anda bisa mempelajarinya sebagai berikut:

Melihat dari Sisi Keunikan atau Kelangkaan

Beberapa NFT mewakili aset dunia nyata yang diberi token, sementara yang lain dibuat oleh seniman terkenal. Keaslian dan kepemilikan NFT dapat diverifikasi oleh siapa saja kapan saja, dan semua NFT bersifat unik (one-of-a-kind). Mereka dapat dibeli, dijual, diperdagangkan, atau dihadiahkan, tetapi mereka tidak akan pernah dapat diubah. NFT langka, dalam permintaan menarik lebih banyak pembeli daripada NFT lainnya.

Platform seperti rarity.tools dapat membantu Anda untuk mendapatkan pandangan yang lebih baik tentang betapa langkanya beberapa NFT sebenarnya. Dengan mempertimbangkan karakteristik seperti popularitas, volume, harga rata-rata 7 hari, dan jumlah pemilik NFT, rarity.tools akan dengan cepat memperkirakan kelangkaan NFT yang ingin Anda beli.

Apa Manfaat dan Kegunaannya

Jika permintaan untuk koleksi NFT tertentu meningkat, Floor Pricenya juga menjadi lebih tinggi. Demikian juga, jika ada permintaan minimal, mengharapkan pasar untuk menetapkan harga lebih rendah. Ditambah lagi manfaat dan kegunaan dari NFT itu sendiri. Seseorang pastinya akan mempertimbangkan manfaat dari hal apa yang telah dibelinya. Maka manfaat tersebut bisa menaikkan floor price tersebut.

Seberapa Besar Popularitas dari Kreator

Ketika seseorang yang terkenal di pasar menjatuhkan NFT, Floor Price kemungkinan akan lebih tinggi. Hal ini semata-mata karena kepercayaan antara pencipta dan masyarakat telah dibina. Padahal, seseorang yang baru mengenal pasar sebagian besar tidak dikenal dan harus mendapatkan kepercayaan. 

Hal ini bukan berarti bahwa merek terkemuka dan pembuat konten terkemuka akan menawarkan NFT dengan Floor Price yang lebih tinggi, tetapi mereka dapat melakukannya jika mereka benar-benar menginginkannya.

Langkah-Langkah Untuk Mengubah Floor Price di NFT Market

Floor Price bukanlah harga rata-rata untuk NFT Anda, tetapi harga terendah untuk item koleksi Anda. Harga selalu update secara real-time. Ada dua metode berbeda untuk mengubah Floor Price Anda, dan masing-masing dapat dilakukan dengan mudah. Itu hanya tergantung pada apakah Anda ingin menaikkan atau menurunkan Floor Price Anda.

Jenis Floor Price NFT

Sekarang, Anda siap memahami berbagai jenis penetapan Floor Price dan apa artinya sebagai pembeli NFT.

Nilai waktu nyata

Floor Price cenderung terus berubah dari waktu ke waktu, tergantung pada nilai pasar saat ini. Dengan demikian, pembaruan harga secara real-time terjadi di pasar di mana umumnya orang mendasarkan keputusan pembelian dan penjualan mereka. 

Sebagian besar pemain crypto merujuk pada grafik Harga Terendah NFT untuk melacak koleksi NFT. Beberapa pelacak Harga Terendah NFT yang populer adalah niftyprice.io, nftpricefloor.com , icy.tools, nftcharts.io, dan cryptoslam.io.

Menurunkan Floor Price

Jika Anda adalah bagian dari proyek NFT yang Floor Pricenya sedang menurun, Anda tidak perlu panik atau menjual aset digital Anda secara tiba-tiba. Ini tidak selalu merupakan hal yang buruk, bahkan dianggap cukup umum. Ada beberapa faktor yang menentukan nilai NFT dan faktor-faktor ini terus berfluktuasi tergantung pada hal-hal seperti perkembangan baru dalam proyek, pemegang baru, dan utilitas tambahan. 

Desember lalu, Floor Price koleksi NFT BAYC melampaui Harga Terendah NFT CryptoPunks untuk pertama kalinya. Karena NFT BAYC jauh lebih baru daripada CryptoPunks, yang dianggap sebagai NFT OG dan diperkenalkan pada tahun 2017, ini menghasilkan banyak perhatian media.

Insiden ini menunjukkan Floor Price yang tidak dapat diprediksi, jadi luangkan waktu Anda untuk meneliti mengapa proyek ini layak untuk diinvestasikan. Kami sangat menyadari bagaimana BAYC sekarang telah menjadi komunitas NFT elit dengan selebriti yang mendukungnya sesekali. 

Anda tidak pernah tahu kapan beberapa proyek NFT baru dapat mengambil alih yang lain, namun itu tidak berarti itu tidak dapat runtuh di acara mendatang.

Meskipun Harga Terendah NFT adalah parameter yang kuat untuk membuat penilaian tentang ke mana arah proyek, Anda tidak dapat sepenuhnya mengandalkannya. 

Jika Anda mengamati sesuatu yang negatif telah terjadi dan orang-orang skeptis untuk menyimpan uang mereka diinvestasikan dalam beberapa proyek NFT tertentu, pertimbangkan untuk menjual NFT Anda sebelum menjadi tidak relevan.

Juga, jika tidak ada indikator bahwa proyek NFT telah melakukan sesuatu yang berdampak negatif pada reputasinya, maka mungkin itu karena orang tidak sabar dan mungkin menarik uang mereka untuk berinvestasi di beberapa proyek lain. Orang-orang ini sering disebut “tangan kertas”. 

Menaikkan Floor Price

Jika Anda melihat harga NFT melonjak, jangan melakukan pembelian impulsif. Seringkali, meningkatkan Harga Terendah NFT adalah hal yang baik karena berbagai alasan. Namun, itu juga bisa menjadi pompa buatan untuk hype dalam upaya membuat lebih banyak orang berinvestasi ke dalam proyek.

Penelitian yang tepat diperlukan dalam kedua kasus, terutama ketika Floor Price menunjukkan perubahan dramatis. Alasannya tetap sama seperti yang disebutkan dalam penurunan Floor Price termasuk perkembangan baru, kolaborasi dengan tokoh berpengaruh, dan utilitas tambahan atau peta jalan yang menjanjikan. 

Pastikan apa pun yang menyebabkan kenaikan harga berkelanjutan dan bukan hanya hype kecuali jika Anda ingin langsung membalik NFT untuk mendapatkan keuntungan.

Perhatikan bahwa kenaikan Floor Price tidak selalu merupakan waktu terbaik untuk membeli NFT karena Anda membayar lebih. Biasanya, saat harga turun adalah saat Anda ingin membeli sebuah proyek, dengan asumsi penurunan tersebut bukan akibat dari beberapa kejadian negatif. 

Berikut cara meningkatkan Harga Terendah NFT Anda:

  • Jual NFT Anda ke dompet Anda yang lain, tetapi dengan harga yang lebih tinggi. Kenaikan Floor Price Anda akan terjadi secara otomatis dan real-time.

Berikut cara menurunkan Harga Terendah NFT Anda:

  • Cantumkan NFT Anda dengan harga lebih rendah dan kemudian beli dengan dompet Anda yang lain. Ini akan secara otomatis menurunkan Floor Price Anda dan akan segera terjadi.

Peringatan saat membuat perubahan pada Floor Price Anda. Metode ini dapat dianggap sebagai manipulasi harga yang tidak adil dan tidak boleh sering digunakan. Anda tentu dapat mengubah Floor Price ke jumlah yang Anda pilih, dan selama tidak dilakukan berulang kali, Anda tidak akan menemui masalah.

Setelah mengetahui mengenai Floor Price NFT, manfaatnya, bagaimana cara menentukan, dan langkah-langkahnya. Maka Anda bisa mengikuti cara maupun langkah yang telah dijelaskan di atas untuk menentukan floor price nft tersebut. Selain itu, Anda bisa meregistrasikan diri bareng GIC untuk melakukan trading bersama kami! Follow juga Instagram GIC untuk informasi bertrading di GIC!

GIC

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami