Daftar 15 Coin Crypto Terbaik untuk Dibeli di Tahun 2022!

Artikel ini terakhir di perbaharui May 27, 2022 by Wachda Mihmii
Daftar 15 Coin Crypto Terbaik untuk Dibeli di Tahun 2022!

Coin crypto terbaik saat ini sudah banyak untuk diketahui oleh para investor kripto sendiri. Namun, apakah kalian tahu crypto mana yang menjadi crypto terbaik dari yang terbaik? Kali ini kita akan membahas mengenai daftar coin crypto terbaik yang bisa kalian pilih untuk diinvestasikan melalui artikel di bawah ini. Sebelum itu, pastikan kalian telah membaca artikel Aset Digital Bitcoin, Teknologi, Harga, dan Cara Kerjanya

Pengertian Crypto

Cryptocurrency adalah token digital. Mereka adalah jenis mata uang digital yang memungkinkan orang melakukan pembayaran langsung satu sama lain melalui sistem online. Cryptocurrency tidak memiliki nilai hukum atau intrinsik; mereka hanya sepadan dengan apa yang orang bersedia bayar untuk mereka di pasar. Hal ini berbeda dengan mata uang nasional, yang mendapatkan sebagian nilainya karena disahkan sebagai alat pembayaran yang sah. Ada sejumlah cryptocurrency – yang paling terkenal adalah Bitcoin dan Ether.

Aktivitas di pasar cryptocurrency telah meningkat secara signifikan. Ketertarikan dengan mata uang ini tampaknya lebih bersifat spekulatif (membeli cryptocurrency untuk mendapatkan keuntungan) daripada terkait dengan penggunaannya sebagai sistem baru dan unik untuk melakukan pembayaran. Terkait dengan ini, ada juga tingkat volatilitas yang tinggi pada harga banyak mata uang kripto. Misalnya, harga Bitcoin meningkat dari sekitar US$30.000 pada pertengahan tahun 2021 menjadi hampir US$70.000 menjelang akhir tahun 2021 sebelum turun menjadi sekitar US$35.000 pada awal tahun 2022. Mata uang kripto saingan seperti Ether telah mengalami volatilitas yang serupa. Ketertarikan yang luar biasa pada mata uang kripto juga telah melihat peningkatan jumlah daya komputasi yang digunakan untuk memecahkan kode kompleks yang banyak digunakan oleh sistem ini untuk membantu melindunginya agar tidak rusak. Terlepas dari meningkatnya minat terhadap cryptocurrency, ada skeptisisme tentang apakah mereka dapat menggantikan metode pembayaran yang lebih tradisional atau mata uang nasional.

Cara Kerja Cryptocurrency

Transaksi Cryptocurrency terjadi melalui pesan elektronik yang dikirim ke seluruh jaringan dengan instruksi tentang transaksi. Instruksi tersebut mencakup informasi seperti alamat elektronik pihak-pihak yang terlibat, jumlah mata uang yang akan diperdagangkan, dan cap waktu.

Misalkan Alice ingin mentransfer satu unit cryptocurrency ke Bob. Alice memulai transaksi dengan mengirimkan pesan elektronik dengan instruksinya ke jaringan, di mana semua pengguna dapat melihat pesan tersebut. Transaksi Alice merupakan salah satu dari sejumlah transaksi yang baru-baru ini terkirim. Karena sistem ini tidak instan, transaksi duduk dengan sekelompok transaksi terbaru lainnya menunggu untuk dikompilasi ke dalam blok (yang hanya sekelompok transaksi terbaru). Informasi dari blok diubah menjadi kode kriptografi dan penambang bersaing untuk memecahkan kode untuk menambahkan blok transaksi baru ke blockchain.

Setelah penambang berhasil memecahkan kode, pengguna jaringan lain memeriksa solusi dan mencapai kesepakatan bahwa itu valid. Blok transaksi baru ditambahkan ke akhir blockchain, dan transaksi Alice dikonfirmasi. (Konfirmasi ini tidak instan karena membutuhkan waktu untuk memproses enam blok transaksi sehingga pengguna dapat yakin bahwa transaksi mereka telah berhasil.)

Kelebihan dan Kekurangan Coin Crypto Terbaik

Berikut terdapat beberapa kelebihan beserta dengan kekurangan dari penggunaan investasi cryptocurrency itu sendiri. Kelebihan dan kekurangan tersebut adalah:

Kelebihan Cryptocurrency

Sementara cryptocurrency adalah penemuan yang relatif baru (Bitcoin, misalnya, dimulai pada tahun 2009), mereka pasti ada di sini, dengan semua manfaatnya. Dari prospek pengembalian besar dan kuat hingga perdagangan 24/7 pada infrastruktur ultra-aman dan transparan, dunia kripto memiliki banyak hal untuk ditawarkan—jika Anda tahu cara memanfaatkannya.

1. Risiko tinggi—dan potensi imbalan tinggi

Ada lebih dari 10.000 cryptocurrency di pasaran saat ini dan masing-masing memiliki keunikannya sendiri. Tetapi semua cryptocurrency memiliki beberapa kesamaan — seperti kecenderungan mereka untuk mengalami lonjakan tiba-tiba (dan turun) nilainya. Harga didorong terutama oleh pasokan koin dari penambang dan permintaan mereka oleh pembeli. Dan dinamika penawaran-permintaan ini dapat menghasilkan pengembalian yang besar dan kuat. Harga Ethereum, misalnya, secara kasar naik dua kali lipat dari Juli 2021 hingga Desember 2021—cukup hari bayaran bagi investor yang bergabung pada waktu yang tepat.

2. Teknologi blockchain yang mendasari cryptocurrency secara inheren aman 

Beberapa manfaat utama cryptocurrency tidak terkait dengan mata uang itu sendiri, tetapi dengan infrastruktur yang mendukungnya. Itulah blockchain —buku besar penyimpanan data terdesentralisasi yang melacak setiap transaksi yang dilakukan di dalamnya. Setelah Anda membuat entri di blockchain, itu tidak akan pernah bisa dihapus. Dan dengan blockchain yang disimpan secara desentralisasi di banyak komputer, tidak ada peretas yang dapat mengakses seluruh rantai sekaligus; setiap informasi yang tersimpan di dalamnya aman untuk selamanya.

3. Sampai jumpa bank tradisional—halo untuk sistem keuangan yang lebih adil dan transparan

Pada umumnya, sistem keuangan kita berkisar pada perantara pihak ketiga yang memproses transaksi. Ini berarti bahwa jika Anda melakukan transaksi, Anda menaruh kepercayaan Anda pada satu atau lebih perantara ini—dan resesi di awal tahun 2000-an membuat banyak orang bertanya-tanya apakah itu ide yang bagus. Blockchain dan cryptocurrency menawarkan alternatif. Mereka dapat dilihat oleh siapa saja, di mana saja, sehingga Anda dapat mengambil bagian dalam pasar keuangan dan melakukan transaksi tanpa perantara apa pun.

4. Crypto berdagang sepanjang waktu

Keuntungan lain yang dimiliki cryptocurrency dibandingkan bank adalah bahwa pasar crypto selalu terbuka. Dengan koin yang ditambang dan transaksi dicatat sepanjang waktu, Anda tidak perlu menunggu NYSE, NASDAQ, atau bursa lainnya untuk memulai perdagangan hari itu jika Anda ingin membeli, menjual, atau memperdagangkan kripto. Ini telah membuat dampak sedemikian rupa sehingga bursa saham biasa juga mempertimbangkan opsi perdagangan saham di luar jam perbankan reguler — meskipun itu mungkin masih jauh. Jadi, bagi investor yang sedang bepergian 24/7, crypto mungkin merupakan cara terbaik untuk menghasilkan pengembalian di luar jam kerja normal.

5. Cryptocurrency dapat membantu investor mengalahkan inflasi

Cryptocurrency tidak terikat pada satu mata uang atau ekonomi, jadi harganya mencerminkan permintaan global daripada, katakanlah, inflasi nasional. Tapi bagaimana dengan inflasi cryptocurrency itu sendiri? Sebagai investor Anda bisa tenang, untuk sebagian besar. Jumlah koin dibatasi, sehingga jumlah yang tersedia tidak dapat lepas kendali, sehingga tidak ada inflasi. Beberapa koin (seperti Bitcoin) memiliki batas keseluruhan, yang lain (seperti Ethereum) memiliki batas tahunan, tetapi bagaimanapun juga, pendekatan ini mencegah inflasi.

Kekurangan Cryptocurrency

Jadi kelebihan itu sangatlah bagus, tetapi apakah prospek cryptocurrency benar-benar emas? Mari kita lihat beberapa kekurangannya. Beberapa mudah diselesaikan, yang lain kurang begitu—tetapi selalu bermanfaat untuk mengingatnya.

1. Memahami cryptocurrency membutuhkan waktu dan usaha

Cryptocurrency bisa memakan waktu cukup lama untuk memahaminya. Jika Anda bukan penduduk asli digital, konsep cryptocurrency (apalagi blockchain) dapat merasakan apa pun kecuali sifat kedua. Dan mencoba untuk berinvestasi dalam sesuatu yang Anda tidak benar-benar mengerti itu sendiri merupakan risiko. Ada banyak sumber daya online yang tersedia untuk membantu Anda (termasuk seri blog N26 tentang kripto), tetapi Anda masih perlu mendedikasikan waktu untuk benar-benar memahami pro dan kontra dari berinvestasi dalam mata uang kripto.

2. Cryptocurrency bisa menjadi investasi yang sangat fluktuatif

Sementara harga mata uang kripto dapat melonjak ke posisi tertinggi yang memusingkan (dengan manfaat terkait bagi investor!), mereka juga bisa jatuh ke posisi terendah yang menakutkan dengan cepat. Jadi, jika Anda ingin mendapatkan pengembalian yang stabil, ini mungkin bukan pilihan terbaik. Pasar cryptocurrency secara fundamental berkembang pesat karena spekulasi, dan ukurannya yang relatif kecil membuatnya lebih rentan terhadap fluktuasi harga. Itu pada gilirannya dapat mendatangkan malapetaka dengan nilai koin — salah satu kelemahan utama cryptocurrency.

3. Cryptocurrency belum membuktikan diri sebagai investasi jangka panjang

Sementara cryptocurrency telah dikenal luas dan masih mendapatkan popularitas, perlu diingat bahwa mereka baru ada selama lebih dari satu dekade. Konsep ini baru benar-benar muncul dengan penerbitan buku putih tentang Bitcoin pada tahun 2008. Pasar saham, sebaliknya, dapat melihat kembali sejarah berabad-abad. Bursa Efek London, misalnya, didirikan pada tahun 1801. Emas telah terbukti sebagai penjaga nilai selama ribuan tahun. Tapi cryptocurrency? Tidak ada yang benar-benar tahu apa yang akan terjadi pada cryptocurrency di masa depan—dan Anda harus berani memasuki perairan yang belum dipetakan ini sebagai investor.

4. Crypto memiliki masalah skalabilitas yang serius

Anda dapat dimaafkan jika berpikir bahwa mata uang digital beroperasi dengan kecepatan kilat—dan memang demikian, sampai titik tertentu. Tetapi pada tingkat tertentu mereka mengalami masalah besar yang membuatnya sulit untuk diluncurkan dalam skala besar. Penyedia Cryptocurrency sendiri mengakui ini adalah masalah, dengan orang-orang di belakang Ethereum mengatakan bahwa blockchain telah mencapai “batasan kapasitas tertentu” yang memperlambat laju transaksi yang dapat diproses. Ini bisa menjadi pengalaman yang membuat frustrasi bagi peserta transaksi, belum lagi potensi kerugian finansial yang dapat ditimbulkannya.

5. Pemula Crypto rentan terhadap risiko keamanan

Cryptocurrency mungkin tidak memiliki risiko yang datang dengan menggunakan perantara pusat, tetapi itu tidak berarti mereka sepenuhnya bebas dari masalah keamanan. Sebagai pemilik kripto, Anda bisa kehilangan kunci pribadi yang memungkinkan Anda mengakses koin Anda—dan dengan itu, semua kepemilikan Anda. Dan kemudian ada peretasan, phishing, dan semua upaya lain untuk mendapatkan kendali dengan cara jahat. Ini adalah sesuatu yang diwaspadai oleh investor berpengalaman, tetapi investor pemula lebih cenderung rentan terhadap jebakan semacam ini.

Daftar Coin Crypto Terbaik untuk Investasi

Setelah memngetahui kelebihan dan kelemahannya, maka berikut terdapat daftar dari coin crypto terbaik untuk bisa kalian pilih sebagai investasi cryptocurrency sendiri. Coin tersebut adalah:

Bitcoin

  • Harga: $30.650
  • Kapitalisasi pasar: $582 miliar

Sebagai pertanda era cryptocurrency, Bitcoin masih menjadi coin yang umumnya dirujuk orang ketika mereka berbicara tentang mata uang digital. Penciptanya yang misterius — diduga Satoshi Nakamoto — memulai debut mata uangnya pada tahun 2009 dan telah naik roller-coaster sejak saat itu. Namun, baru pada tahun 2017 ini masuk daftar coin crypto terbaik.

Etherium

  • Harga: $2,114
  • Kapitalisasi pasar: $255 miliar

Ethereum adalah jaringan blockchain terdesentralisasi yang didukung oleh token Ether yang memungkinkan pengguna untuk melakukan transaksi, mendapatkan bunga atas kepemilikan mereka melalui staking, menggunakan dan menyimpan token nonfungible (NFT) , memperdagangkan cryptocurrency, bermain game, menggunakan media sosial dan banyak lagi.

Banyak yang menganggap Ethereum sebagai langkah internet berikutnya. Jika platform terpusat seperti Apple App Store mewakili Web 2.0, jaringan terdesentralisasi yang diberdayakan pengguna seperti Ethereum adalah Web 3.0. “Web generasi berikutnya” ini mendukung aplikasi terdesentralisasi (DApps), keuangan terdesentralisasi (DeFi), dan pertukaran terdesentralisasi (DEX), misalnya.

Cardano

  • Harga: $0,58
  • Kapitalisasi pasar: $20 miliar

Cardano adalah platform cryptocurrency di belakang ada, nama mata uang. Dibuat oleh salah satu pendiri Ethereum, Cardano juga menggunakan kontrak pintar, memungkinkan manajemen identitas.

XRP

  • Harga: $0,4518
  • Kapitalisasi pasar: $22 miliar

Ripple ( XRP ) adalah token coin crypto terbaik yang dirancang untuk memigrasikan transaksi dari database pusat yang dikendalikan oleh lembaga keuangan ke infrastruktur yang lebih terbuka sambil memangkas biaya secara signifikan. Transaksi XRP tidak dapat dipercaya, instan, dan murah, menempatkannya pada keuntungan untuk pergerakan lintas batas.

Koin XRP dirancang untuk mengatasi ini dengan memungkinkan sejumlah besar uang dikirim dengan aman dan cepat dengan biaya yang sangat kecil. Ini menawarkan lebih dari sekadar potensi untuk membantu konsumen sehari-hari – lembaga keuangan sendiri juga tertarik untuk ikut serta dalam tindakan tersebut.

Polkadot

  • Harga: $11.19
  • Kapitalisasi pasar: $11 miliar

Diluncurkan pada Mei 2020, Polkadot adalah mata uang digital yang menghubungkan teknologi blockchain dari berbagai cryptocurrency. Salah satu pendiri Ethereum adalah salah satu penemu Polkadot, dan beberapa pengamat industri percaya bahwa Polkadot ingin melengserkan Ethereum.

Solana

  • Harga: $53,18
  • Kapitalisasi pasar: $18 miliar

Solana ( CRYPTO:SOL ) adalah platform blockchain yang dikenal karena kecepatan dan efisiensinya. Token SOL adalah cryptocurrency asli dan digunakan untuk membayar biaya transaksinya. Sejak diluncurkan pada tahun 2017, Solana telah berkembang menjadi salah satu cryptocurrency terbesar di dunia.

Karena blockchain Solana memiliki kemampuan kontrak pintar , pengembang dapat menggunakannya untuk membangun aplikasi terdesentralisasi (dApps) . Pertumbuhannya yang kuat telah membantu menjadikannya sebagai saingan dari blockchain utama lainnya yang dapat diprogram, termasuk Ethereum ( CRYPTO:ETH ) dan Cardano ( CRYPTO:ADA ) .

Ripple

Didirikan bersama oleh McCaleb , yang kemudian menjadi chief technology officer Stellar, sebuah proyek saingan dengan tujuan serupa, dan Chris Larsen , perusahaan awalnya memperkenalkan tiga produk utama untuk transfer uang antar bank.

Berbeda dengan sifat publik Bitcoin dan Ethereum yang berusaha mengganggu keuangan warisan, Ripple berfokus pada peningkatan sistem perbankan tradisional yang ada dan terfragmentasi.

Itu dilakukan dengan menyatukan jaringan bank independen dan penyedia pembayaran dengan protokol standar untuk berkomunikasi dan mengirim pembayaran langsung berbiaya rendah ke seluruh dunia.

Tether

  • Harga: $1,00
  • Kapitalisasi pasar: $79 miliar

Tether adalah coin crypto terbaik berbasis blockchain yang didukung oleh dolar AS. Ini berarti ada dolar yang sebenarnya dalam cadangan di lembaga keuangan untuk dijadikan sebagai jaminan. Stablecoin, ketika didukung penuh oleh dolar, memiliki hubungan 1:1 dengan USD. Anda dapat mengharapkan harga stablecoin tetap stabil, seperti namanya, tidak seperti rekanan cryptocurrency populer Bitcoin dan Ethereum.

USD Coin

  • Harga: $1,00
  • Kapitalisasi pasar: $50 miliar

Koin USD ( CRYPTO:USDC ) adalah dolar digital. Itu termasuk dalam kategori stablecoin, yang merupakan coin crypto terbaik yang dipatok ke aset lain. Dalam kasus USD Coin, asetnya adalah dolar AS, dan 1 USDC dirancang untuk mempertahankan nilai $1.

Meskipun stablecoin bukanlah investasi, mereka memiliki berbagai kegunaan lain, dan Anda sering kali dapat memperoleh suku bunga yang besar darinya. Sejak diluncurkan, USD Coin telah menjadi salah satu stablecoin terbesar di dunia dan bahkan menjadi cryptocurrency pertama yang dipilih untuk menyelesaikan transaksi Visa ( NYSE:V ).

Terra Luna

LUNA adalah token asli Terra, sebuah blockchain yang dikembangkan oleh perusahaan Korea Terraform Labs. Total $32m dikumpulkan untuk mendanai pengembangan ini melalui penjualan pribadi koin LUNA. Investasi berasal dari sumber terpusat termasuk Binance, Huobi dan OKEx.

Tim pendiri dipimpin oleh pengusaha dan investor Daniel Shin, lulusan Wharton School of Economics dan mendirikan HOF, sebuah perusahaan portofolio fintech.

LUNA diluncurkan pada tahun 2019 dan untuk sementara waktu adalah salah satu koin keuangan terdesentralisasi yang paling sukses. Pada satu titik, CoinMarketCap memberi peringkat ketujuh terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar. Sejak kecelakaan baru-baru ini, ia merosot untuk menempati posisi ke-213 pada 23 Mei 2022.

Binance Coin

  • Harga: $1,00
  • Kapitalisasi pasar: $17 miliar

Binance USD adalah stablecoin yang didukung dolar dari pertukaran crypto teratas Binance dalam kemitraan dengan Paxos. Binance USD diluncurkan pada 2019 dan diatur oleh Departemen Layanan Keuangan New York. BUSD berjalan di atas blockchain Ethereum.

Polygon

Polygon memiliki coin crypto terbaik sendiri, yang disebut MATIC, yang digunakan untuk membayar biaya di jaringan Polygon, untuk staking , dan untuk tata kelola (yang berarti bahwa pemegang MATIC dapat memilih perubahan pada Polygon). Anda juga dapat membeli dan menjual MATIC melalui Coinbase dan bursa lainnya.

Nama MATIC berasal dari tahap awal pengembangan Polygon. Setelah diluncurkan sebagai Matic Network pada Oktober 2017, pengembang berganti nama menjadi Polygon pada awal 2021.  

Avalanche

  • Harga: $35,96
  • Kapitalisasi pasar: $10 miliar

Avalanche adalah platform blockchain berbasis kontrak pintar yang cepat dan murah yang berfokus pada pembuatan aplikasi terdesentralisasi dan memfasilitasi pembuatan blockchain khusus. Penggunanya dapat memproses transaksi dalam token AVAX asli.

Shiba Inu

Sebagai salah satu koin meme teratas, Shiba Inu telah menyaksikan keuntungan besar sejak diluncurkan pada tahun 2020. Faktanya, Shiba Inu telah berkinerja sangat baik sehingga menjadi salah satu cryptocurrency paling populer dan sekarang menjadi crypto 20 teratas dalam hal kapitalisasi pasar.

Siapa pun yang membeli SHIB senilai $2 hanya pada Januari 2021 adalah seorang jutawan pada November, karena SHIB menguat lebih dari 48.000.000%. Meskipun awalnya hanya sebagai koin meme, Shiba Inu sekarang bekerja di platform Metaverse, dan adopsinya dalam pembayaran terus berkembang.

Semua faktor ini menjadikan SHIB crypto teratas untuk diinvestasikan pada tahun 2022, sekarang masih di bawah 65% dari tertinggi terbarunya.

Doge

  • Harga: $0,09267
  • Kapitalisasi pasar: $12 miliar

Awalnya dibuat sebagai lelucon setelah kenaikan Bitcoin, Dogecoin mengambil namanya dari meme internet yang menampilkan seekor anjing Shiba Inu. Tidak seperti banyak mata uang digital yang membatasi jumlah koin yang ada, Dogecoin memiliki penerbitan tidak terbatas. Dapat digunakan

Setelah mengetahui daftar-daftar dari coin crypto terbaik yang bisa diinvestasikan, maka kalian bisa mencari lebih dalam lagi mengenai coin yang telah dipilih untuk bisa mengetahui kelebihan serta kekurangan dari masing-masing coin tersebut. Selain itu, kalian juga bisa melakukan investasi coin dari GIC yaitu WGICT, dengan melalui Indodax. Download juga aplikasi GICTrade untuk bisa melakukan staking dan farming WGICT melalui fitur GIC Bridge!

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami