Ketahui Cara Mining Bitcoin pada Beberapa Device!

Artikel ini terakhir di perbaharui June 8, 2022 by Akhmad Zico Fadlansyah
Ketahui Cara Mining Bitcoin pada Beberapa Device!

Cara mining bitcoin ini bisa dilakukan dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini. Langkah-langkah tersebut akan membahas beberapa cara yang bisa dilakukan pada berbagai macam device. Jika ingin mengetahui lebih lanjut mengenai cara mining bitcoin ini, kalian bisa membaca artikel lebih lanjut di bawah ini. Namun, pastikan sebelum itu untuk membaca Ethereum, Kripto Paling Populer Setelah Bitcoin!

Apa Itu Mining?

Mining Bitcin atau Penambangan Bitcoin adalah proses dimana transaksi Bitcoin diverifikasi dan dicatat di blockchain. Penambang Bitcoin menggunakan komputer canggih untuk menyelesaikan fungsi matematika kompleks yang disebut hash.

Selain memverifikasi transaksi dengan cara yang tepercaya dan terdesentralisasi, penambangan Bitcoin juga menciptakan Bitcoin baru untuk ditambahkan ke yang sudah beredar. Metode verifikasi transaksi ini dikenal sebagai bukti kerja, atau PoW, karena penambang harus menunjukkan bahwa mereka telah menyelesaikan pekerjaan memecahkan masalah matematika yang rumit ini untuk mendapatkan hak untuk memverifikasi blok baru transaksi Bitcoin. Karena kekuatan pemrosesan yang sangat tinggi yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah matematika ini, penambang Bitcoin biasanya menggunakan unit pemrosesan grafis khusus, atau GPU, dan sirkuit terintegrasi khusus aplikasi, atau ASIC.

Penambangan Bitcoin adalah proses verifikasi transaksi baru ke sistem mata uang digital Bitcoin, serta proses masuknya bitcoin baru ke dalam sirkulasi.

Bitcoin adalah cryptocurrency yang diperdagangkan untuk barang atau jasa sebagai pembayaran. Penambangan Bitcoin dilakukan untuk mencatat transaksi bitcoin saat ini dalam blok, yang kemudian ditambahkan ke blockchain, atau catatan transaksi sebelumnya.

Penambang Bitcoin menggunakan perangkat lunak untuk memecahkan algoritme terkait transaksi yang memeriksa transaksi bitcoin. Sebagai imbalannya, penambang diberikan sejumlah bitcoin per blok. Ini membujuk mereka untuk terus memecahkan algoritme terkait transaksi, mendukung sistem secara keseluruhan.

Business Insider menyatakan bahwa hampir 90% dari semua bitcoin telah ditambang dan bahwa semua bitcoin akan memasuki sirkulasi pada tahun 2140. Operasi penambangan biasanya mahal, yang membuatnya kurang praktis untuk dilakukan oleh konsumen rata-rata.

Cara Mining Bitcoin dari Beberapa Device

Berikut terdapat beberapa cara pada berbagai macam device yang bisa kalian ikuti untuk diterapkan ketika ingin melakukan mining bitcoin. Cara tersebut adalah:

Cara Mining di Android

Berikut terdapat cara yang bisa dilakukan untuk melakukan Mining pada Android Device. Cara tersebut adalah:

  1. Gunakan aplikasi penambangan bitcoin. Ada beberapa aplikasi penambangan bitcoin yang tersedia untuk perangkat Android.
  2. Gunakan kumpulan penambangan bitcoin. Grup penambangan bitcoin adalah kumpulan prosesor bitcoin yang berkolaborasi dalam menambang cryptocurrency. Anda dapat meningkatkan kemungkinan menghasilkan bitcoin dengan memasuki kolam penambangan.
  3. Gunakan rig penambangan bitcoin. Rig penambangan bitcoin adalah komputer khusus yang dirancang untuk menambang bitcoin. Jika Anda memiliki akses ke rig penambangan, Anda dapat menambang bitcoin di perangkat Android Anda.
  4. Gunakan penambang bitcoin berbasis cloud. Ada beberapa penambang bitcoin berbasis cloud yang tersedia untuk perangkat Android. Penambang ini memungkinkan Anda menggunakan kekuatan pemrosesan ponsel cerdas atau tablet Anda untuk menambang bitcoin.
  5. Gunakan ponsel atau tablet Android untuk menyelesaikan tugas. Anda dapat menambang bitcoin menggunakan smartphone atau tablet Android jika Anda memilikinya.
  6. Gunakan penambang bitcoin USB. Penambang bitcoin USB adalah jenis penambang tertentu yang memungkinkan Anda menambang bitcoin dengan port USB Anda.

Penambangan Bitcoin dirancang untuk memecahkan teka-teki kriptografi yang kompleks untuk menghasilkan bitcoin penambang. Bukan rahasia lagi bahwa bitcoin adalah peluang investasi besar-besaran.

Cara Mining di Laptop

Hal-hal yang sedikit kurang optimis dengan laptop. Kartu grafis di laptop biasanya kurang kuat daripada di komputer desktop. Untuk menambang di laptop, ada persyaratan yang sama: kartu grafis dengan setidaknya 6GB RAM. Tidak selalu mudah untuk menemukan laptop seperti itu. Namun, dalam tiga tahun terakhir kami melihat rilis sejumlah besar laptop dengan GPU 6GB. Lihatlah Dell G5-5590 dengan NVIDIA GeForce RTX 2060 atau Lenovo Legion dengan 1660Ti Mobile.

Jika Anda berencana untuk sering menggunakan laptop untuk menambang, pastikan untuk menjaga pendinginan yang tepat. Bagian-bagian laptop duduk berdekatan satu sama lain di dalam kasing kecil. Jika kartu grafis terlalu panas, bagian lain juga akan terlalu panas. Cepat atau lambat mereka kemungkinan besar akan pecah.

Dapatkan Alamat Dompet Bitcoin

Langkah ini sangat penting. Anda harus memahami bahwa dalam bisnis kripto Anda sendirian melawan seluruh dunia. Jika Anda kehilangan dompet, tidak ada yang akan membantu. Kehilangan dompet Bitcoin seperti kehilangan uang tunai, jika tidak lebih buruk. Terkadang Anda mungkin mendapatkan uang kembali, tetapi Bitcoin tidak mungkin untuk dikembalikan.

Ayo pasang dompet Coinomi . Anda tidak perlu membagikan ID atau informasi pribadi apa pun untuk melakukannya. Ada banyak dompet lain di pasaran, dan ini bukan iklan: Coinomi hanyalah solusi yang andal. Ini tersedia di OS apa pun, termasuk Windows, Mac, Linux, iOS, Android.

Tidak ada bedanya di mana Anda memasang dompet Anda: itu bisa berupa smartphone atau PC. Dompet dapat berada di komputer yang sama yang Anda gunakan untuk menambang atau di perangkat lain: tidak masalah.

Katakanlah, Anda memutuskan untuk memasang dompet di Windows. Inilah cara Anda harus melanjutkan.

Unduh versi Windows .

Buat dompet baru dengan memilih opsi Buat dompet baru.

Important: Make sure to secure your wallet recovery phrase (mnemonic phrase) by writing it down on paper. Electronic devices won't do, especially those connected to the Internet. When needed, you will be able to restore your wallet by using this phrase.

Sekali lagi, ini sangat penting: rangkaian kata ini adalah kunci dari semua uang Anda. Simpan di tempat yang aman dan jangan tunjukkan kepada siapa pun. Bahkan jika Anda menghapus Coinomi dari komputer Anda, Anda akan dapat memulihkan dompet Anda berkat frasa ini.

Berikut adalah contoh dari apa yang disebut mnemonic atau seed phrase.

scout stomach push neither oak tumble spoon shine hope vessel garlic exhaust elite coconut clarify limit silent hard chronic any hire swarm dial morning

Langkah selanjutnya adalah memeriksa apakah Anda menyimpan frasa dengan benar. Anda dapat melewati langkah ini, tetapi sebaiknya periksa frasa mnemonik Anda.

Buat kata sandi dompet Anda. Pastikan untuk memilih yang aman: ‘qwertyasdfg’ tidak akan berhasil.

Coinomi adalah dompet multi-rantai, yang berarti dapat menyimpan koin lain selain Bitcoin. Dalam hal ini, kita membutuhkan Bitcoin. Beri tanda di sebelah Bitcoin dan klik Berikutnya untuk melanjutkan.

Anda hampir selesai: mari temukan alamat dompet Anda. Klik pada Bitcoin.

Kemudian Terima.

Sekarang Anda dapat melihat alamat dompet Anda. Silakan dan salin: Anda akan membutuhkannya untuk penyiapan lebih lanjut.

Our Bitcoin address is bc1qzdnd377m8jl6t79xkph8vvt6fkx4a8ntrnxz67.

Jika Anda memasang dompet ke ponsel cerdas, Anda harus mengikuti langkah yang sama. Di sini Anda dapat menemukan tangkapan layar dari iPhone.

Hal terbaik tentang Coinomi adalah Anda dapat menggunakan dompet yang sama di beberapa perangkat. Jika Anda mengganti ponsel cerdas atau perlu menghapus semuanya dari PC, Anda selalu dapat memulihkan dompet di perangkat lain mana pun.

Cara Mining di PC

Hanya ada satu persyaratan penting: kartu grafis yang bagus dengan setidaknya 6GB RAM. Kartu grafis paling terjangkau yang memenuhi persyaratan penambangan adalah Nvidia 1060 6GB dan AMD RX 480 8GB.

It goes without saying that the better the graphics card, the more it costs and the more profit it may bring. If you are curious which graphics card is the most profitable, follow this link.

Beberapa orang mengatakan bahwa PC bukan untuk menambang: kartu grafisnya dan bagian lain akan sobek, kehilangan garansi, dll. Pada kenyataannya, tidak ada perbedaan antara menambang di rig dan di PC. Keduanya memiliki bagian yang sama: motherboard, prosesor, sistem operasi, hard drive, dan kartu grafis. Satu-satunya perbedaan adalah bahwa penambang memasang 6–8 atau bahkan lebih kartu grafis ke satu komputer (berlawanan dengan satu kartu grafis di PC biasa), dan membiarkan casing terbuka, terkadang juga menambahkan beberapa kipas untuk pendinginan yang lebih baik.

Semua kartu grafis biasanya dijual dengan garansi dua tahun, dan pabrikan tidak dapat mencabutnya jika Anda menggunakan GPU untuk menambang alih-alih bermain game.

Cara Kerja Mining

Tidak seperti bank fisik terpusat, Bitcoin bertindak sebagai buku besar perbankan terdesentralisasi, catatan transaksi disimpan di beberapa lokasi sekaligus dan diperbarui oleh kontributor ke jaringan. Catatan itu disebut blockchain. Blockchain diperbarui dengan menambahkan blok data baru ke rantai itu, yang berisi informasi mengenai transaksi Bitcoin.

Untuk menambahkan blok transaksi baru ke rantai, penambang harus menghitung angka acak yang benar yang memecahkan persamaan kompleks yang dihasilkan sistem blockchain. Begitu mereka melakukannya, seperangkat aturan yang ditulis ke dalam kode Bitcoin memberi penambang sejumlah Bitcoin. Singkatnya, ini adalah proses penambangan, tetapi menjadi lebih rumit dari itu. 

Penambang menggunakan rig penambangan yang mahal dan kompleks untuk melakukan perhitungan ini, dan semakin banyak daya komputasi yang Anda miliki, semakin mudah untuk menambang Bitcoin. Pemrosesan cepat berarti lebih banyak tebakan pada solusi yang tepat untuk persamaan blockchain, dan peluang yang lebih baik untuk menemukan jawaban yang benar. Tangkapannya adalah, penambang harus menjadi yang pertama sampai pada jawaban atau mereka tidak mendapatkan hadiah, meskipun mereka masih meminjamkan kekuatan komputasi mereka ke jaringan.

Setelah penambang menemukan jawaban itu, sekelompok transaksi (atau blok) akan ditambahkan ke buku besar. Penambang yang memecahkan persamaan diberi hadiah Bitcoin dan biaya apa pun untuk transaksi yang ditambahkan ke buku besar blockchain. Kemudian seluruh proses dimulai lagi sampai seseorang menemukan solusi untuk persamaan berikutnya sehingga blok berikutnya dapat ditambahkan.

Setelah mengetahui mengenai cara mining bitcoin pada berbagai macam device, kalian sudah bisa memulai langkah-langkah tersebut untuk diterapkan pada cara mining bitcoin kalian. Selain itu, download juga aplikasi GICTrade yang ada pada App Store ataupun Play Store dan ikuti GIC Trading Competition untuk memenangkan hadiahnya!

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami