4 Cara Membeli NFT yang Bisa Dilakukan dengan Mudah

Artikel ini terakhir di perbaharui July 25, 2022 by Wachda Mihmii
4 Cara Membeli NFT yang Bisa Dilakukan dengan Mudah

Cara Membeli NFT ini bisa dilakukan dengan sangat mudah asalkan Anda mengikuti langkah-langkah yang ada pada artikel berikut ini. Namun sebelum mengetahui bagaimana cara membeli NFT ini, Anda bisa mengetahui pengertian NFT terlebih dahulu pada artikel berikut Non Fungible Token, Tren Baru Transaksi Aset Digital.

Cara Membeli NFT

Berikut terdapat cara untuk membeli NFT. Cara untuk membeli NFT tersebut adalah:

  1. Buka akun pertukaran kripto

Langkah pertama dalam membeli NFT adalah membuka akun di platform kripto atau pertukaran kripto. Untuk melakukan ini, penting untuk terlebih dahulu memahami perbedaan antara pertukaran mata uang kripto, dompet, dan pasar, karena sering kali ada kebingungan di antara istilah-istilah ini.

Pertukaran

  • Berfungsi sebagai broker tempat Anda dapat membeli dan menjual berbagai cryptocurrency
  • Keluarkan dan tahan kunci publik Anda dan, dalam beberapa kasus, kunci pribadi
  • Amankan akses Anda ke cryptocurrency di akun Anda.
  • Berikan dukungan untuk fungsi akun seperti mengatur ulang kata sandi

Pertukaran adalah platform online yang berfungsi sebagai perantara di mana Anda dapat membeli dan menjual berbagai jenis mata uang kripto . Untuk membeli NFT, Anda harus membuat akun dengan platform pilihan Anda. Perusahaan yang berbeda menawarkan layanan yang berbeda, jadi Anda ingin mengetahui cara kerjanya terkait dengan kunci publik dan pribadi, dompet cryptocurrency, biaya perdagangan, layanan on-chain dan dukungan pelanggan.

Buka dompet kripto

  • Simpan kunci publik dan pribadi Anda
  • Lindungi aset digital Anda, termasuk koin dan token kripto, seperti NFT
  • Berikan akses independen ke dana dan aset kripto Anda melalui frase awal
  • Anda bertanggung jawab penuh untuk mengamankan frase benih (frasa, frase pemulihan)
  • Frasa dan kunci adalah dua hal yang terpisah

Terlepas dari namanya, dompet kripto sebenarnya tidak menyimpan koin dan token Anda. Apa yang sebenarnya mereka simpan adalah kunci yang memberikan akses ke aset digital Anda. Anda akan diberikan frase awal yang unik (kadang-kadang hanya disebut sebagai frase atau frase pemulihan) untuk mengakses dompet Anda. Sangat penting untuk menjaga frase benih Anda karena, seperti dompet fisik, jika Anda kehilangannya, Anda kehilangan semua yang ada di dalamnya.

Dompet dapat di-host di bursa atau dapat beroperasi secara independen, artinya Anda memegang kendali penuh dan tanggung jawab atas dompet dan kunci pribadi Anda. Saat Anda menggunakan dompet digital yang dihosting oleh bursa, bursa bertindak seperti pihak ketiga, atau perantara dalam transfer kripto, seperti halnya bank. Perusahaan memegang kunci pribadi Anda dan bertanggung jawab atas keamanan aset Anda.

Jika, di sisi lain, Anda ingin membeli, menjual, dan memperdagangkan NFT tanpa keterlibatan pihak ketiga, Anda memerlukan dompet yang terikat langsung ke blockchain. Dengan cara ini, mata uang dapat ditransfer langsung antara orang-orang yang menggunakan kunci publik.

René Süss, CoFounder dari pasar Hint of Mint merekomendasikan untuk membeli dompet dingin, “Anda harus mempertimbangkan buku besar perangkat keras untuk menyimpan kripto Anda. Anda harus membelinya langsung dari perusahaan yang membuatnya.”

Anda juga harus memastikan dompet kripto yang Anda pilih kompatibel dengan blockchain Ethereum, jaringan yang menjual sebagian besar NFT, dan Ether (ETH, Etherium), cryptocurrency yang asli dari blockchain Ethereum. Dompet MetaMask adalah dompet yang paling banyak digunakan di sebagian besar pasar, tetapi ada juga opsi lain.

2. Beli Crypto

Mayoritas NFT dibangun di atas blockchain Ethereum. Ethereum adalah jenis jaringan di mana transaksi dicatat dan didistribusikan kepada anggota di buku besar bersama.

Mata uang asli platform Ethereum disebut Ether atau ETH, meskipun Anda juga akan mendengarnya disebut sebagai Ethereum juga. Sebagai mata uang kripto, Ethereum mirip dengan Bitcoin karena dapat dibeli, dijual, diperdagangkan, atau disimpan untuk meningkatkan nilainya.

Koin vs. token

Perbedaan antara istilah koin dan token mungkin sulit dipahami pada awalnya. Koin Crypto milik blockchain mereka sendiri, dapat ditukar, dan merupakan penyimpan nilai, yang berarti mereka mempertahankan nilainya dan tidak terdepresiasi. Dalam hal ini, koin kripto berfungsi seperti koin fisik.

Token, tidak seperti cryptocurrency seperti Bitcoin, tidak asli dari blockchain. Sebaliknya, mereka mengandalkan kontrak pintar, program yang disimpan di dalam blockchain yang memungkinkan dan memverifikasi transaksi. Token bekerja seperti token arcade atau tiket karnaval – mereka memiliki nilai dan dapat diperdagangkan untuk aset (seperti hadiah atau makanan). Namun, Anda tidak bisa langsung membeli bensin untuk mobil Anda dengan tiket karnaval Anda.

Pasar paling terkenal dan tepercaya menampilkan NFT yang dibangun di atas blockchain Ethereum, jadi penting untuk memastikan bahwa pertukaran dan dompet yang Anda pilih kompatibel dan berfungsi dengan Ethereum. Namun, masalah utama dengan Ethereum adalah biaya gas yang tinggi yang terkait dengannya dan kecepatan transaksi yang lambat karena penggunaan jaringan.

Karena itu, NFT berbasis Ethereum bukan satu-satunya pilihan Anda. Misalnya, platform Polygon dibangun di atas blockchain Ethereum yang bertujuan untuk memberikan skalabilitas yang lebih besar dan biaya yang lebih rendah. Blockchain Proof of Stake (PoS) lain yang mendukung NFT, seperti Solana, Flow, Tezos, dan Cardano juga memimpin Etherium. Namun, Ethereum masih dianggap sebagai pelopor platform NFT dan token yang paling banyak digunakan untuk membeli NFT.

Buat portofolio cryptocurrency Anda dengan membeli Ethereum hari ini

Publik memiliki berbagai fitur yang menjadikannya tempat terbaik untuk mulai membeli dan memperdagangkan Ethereum. Mulai berinvestasi hari ini!

3. Transfer Ethereum ke dompet kripto

Setelah Anda memilih pertukaran dan membeli ETH, langkah selanjutnya adalah mentransfernya ke dompet. Bagaimana Anda melakukan ini akan ditentukan oleh bursa tempat Anda membeli ETH, dompet yang Anda gunakan, dan pasar tempat Anda membeli NFT.

Misalnya, jika Anda membeli dompet penyimpanan dingin, karena ini adalah perangkat keras, Anda juga harus menautkan dompet dingin Anda ke koneksi pihak ketiga ke pasar NFT seperti MetaMask atau Dompet Coinbase. Ini adalah dompet yang paling banyak digunakan di pasar NFT.

4. Hubungkan dompet kripto Anda ke pasar NFT

NFT dimulai di dunia seni digital, tetapi Anda dapat membeli berbagai jenis NFT saat ini, termasuk:

  • Seni digital
  • Musik
  • Koleksi digital
  • Sorotan olahraga
  • Video game
  • Fotografi
  • Mode
  • Kartu perdagangan
  • Tiket acara
  • Nama domain
  • Memes
  • NFT dengan utilitas (item fisik yang menyertai NFT)

Meskipun lanskap pasar NFT terus berubah, sebagian besar akan jatuh ke dalam salah satu dari tiga kategori berikut:

  • Pasar terbuka – Siapa pun dapat menjual, membeli, atau mencetak NFT. Pencetakan adalah proses mengubah karya digital menjadi aset kripto unik di blockchain. Pasar ini biasanya menawarkan opsi pencetakan internal, meskipun pencipta juga dapat mencetak karya mereka sendiri.
  • Pasar tertutup – Pasar ini lebih eksklusif. Seniman harus mendaftar dan pasar biasanya melakukan proses pencetakan. Penjualan dan perdagangan lebih dibatasi.
  • Pasar berpemilik – Jenis pasar ini menjual NFT yang memiliki merek dagang atau hak cipta oleh perusahaan yang mengoperasikannya.

Anda harus mempertimbangkan untuk membuat akun dan berlangganan ke berbagai pasar untuk menerima pengumuman tentang penurunan NFT. Media sosial adalah alat komunikasi yang penting, dan banyak informasi dibagikan di berbagai platform seperti Discord dan Twitter, atau untuk investor, Rarity Sniper dan Rarity Tools. Ketika NFT yang didambakan turun, Anda harus siap bertindak cepat.

Setelah akun dibuat di pasar, Anda harus menghubungkan dompet Anda ke pasar yang menjual NFT. Proses ini biasanya berfungsi dengan cara yang sama di seluruh situs. Beberapa pasar juga memiliki cara untuk menyiapkan dompet baru dari dalam situs web, atau mereka menggunakan dompet milik mereka sendiri. Menggunakan dompet kepemilikan pasar mungkin disertai dengan diskon dan/atau pengurangan biaya gas tambahan yang dikeluarkan melalui penggunaan dompet eksternal.

Semua situs web akan menawarkan panduan langkah demi langkah. Pastikan untuk membaca panduan ini, biasanya terletak di tab mereka sendiri atau di bagian FAQ.

5. Beli NFT

NFT terkenal terjual dengan sangat cepat, jadi Anda harus memastikan bahwa dompet Anda terhubung dan didanai sebelum NFT jatuh. Penting untuk diingat bahwa membeli NFT tidak berarti Anda telah membeli hak cipta kecuali itu adalah bagian dari perjanjian langsung antara pembeli dan pencipta. Setiap pasar mungkin memiliki batasan berbeda pada NFT yang Anda beli.

Beli NFT dengan Sistem “Fixed Price”

Untuk membeli NFT harga tetap, ikuti langkah-langkah di bawah ini. Perlu diketahui, langkah berikut dperuntukkan pada paltform Binance.

  • Terhubung ke Featured oleh Binance dengan dompet Anda yang kompatibel dengan Binance Smart Chain.
  • Pilih NFT yang ingin Anda beli, Anda dapat menemukannya melalui beranda kami, cari atau jelajahi.
  • Harga NFT dapat dilihat di sisi kanan layar, bersama dengan detail terkait lainnya. Klik tombol [Beli Sekarang/Buy Now] .
  • Baca informasi penting dan ikuti instruksi untuk melanjutkan tindakan. Dompet akan muncul untuk Anda menandatangani transaksi di dompet terhubung Binance Smart Chain Anda.

Beli NFT dengan Sistem Lelang

Jumlah minimum ETH yang siap Anda ambil untuk NFT dikenal sebagai harga cadangan. Kolektor akan dapat melihat harga cadangan di platform atau pasar dan tidak akan dapat menawar di bawah harga cadangan.

Ingatlah bahwa biaya layanan 15% akan ditambahkan ke harga jual akhir NFT Anda, jadi ingatlah hal itu saat menentukan harga cadangan. Ketika harga cadangan NFT terpenuhi, hitungan mundur 24 jam dimulai, setelah itu lelang akan ditutup secara otomatis. Penghitung waktu mundur akan diatur ulang menjadi 15 menit untuk setiap penawaran yang ditempatkan di 15 menit terakhir hitungan mundur hingga tidak ada lagi tawaran yang ditempatkan.

Kolektor hanya dapat mengajukan penawaran yang sama dengan atau lebih besar dari harga cadangan Anda. Lelang berjangka waktu 24 jam akan dimulai setelah tawaran pertama ditempatkan. Semua tawaran berikutnya harus 10% lebih tinggi atau 0,1 ETH lebih tinggi dari tawaran saat ini, mana saja yang lebih rendah. Anda dapat menggunakan media sosial untuk membangkitkan minat pada lelang Anda dan mempromosikan lebih banyak tawaran. Jika tidak ada penawaran lain yang diterima setelah pengumpul mengajukan penawaran dengan jumlah cadangan, objek tersebut akan dijual kepada penawar pertama.

Ekstensi dapat berjalan selamanya selama tidak ada tawaran yang dimasukkan dalam 15 menit terakhir lelang. Penambahan ekstensi 15 menit memungkinkan setiap pembeli satu kesempatan terakhir untuk mengajukan tawaran, serta karya seni untuk mencapai nilai pasar penuhnya.

Selamat, Kamu Telah Berhasil Mendapatkan NFT

Setelah mengikuti cara di atas, maka Anda telah berhasil untuk mendapatkan NFT tersebut. Baik secara fixed price maupun secara lelang. Anda juga bisa mengikuti cara-cara di atas agar tidak salah dalam mengambil langkah dalam membeli NFT.

Selain itu, Anda bisa melakukan registrasi pada GIC dan melakukan trading maupun pembelian NFT melalui menu GIC Verse. Patikan Anda juga follow akun media sosial GIC untuk info seputar NFT lainnya!

GIC

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami