Panduan Cara Analisa Cryptocurrency dan Data Harga untuk Pemula!

Artikel ini terakhir di perbaharui September 29, 2022 by Wachda Mihmii
Panduan Cara Analisa Cryptocurrency dan Data Harga untuk Pemula!
Panduan Analisa Cryptocurrency

Analisa Cryptocurrency bisa dilakukan dengan berbagai macam langkah dan cara. Untuk mengetahui secara detailnya, Anda hanya perlu memahami melalui artikel berikut dan menerapkannya secara langsung. Selain itu, pastikan untuk mengikuti Instagram GIC agar bisa terus mendapatkan update seputar GIC!

Pentingnya Analisa Cryptocurrency

Berinvestasi dalam cryptocurrency membutuhkan penelitian dan evaluasi yang cermat dari semua metrik yang tersedia. Sebagian besar proyek akan memberikan banyak informasi tentang tujuan koin,  ekonomi token, tim di balik mata uang, dan perkembangannya hingga saat ini. Dengan menggunakan kombinasi faktor kuantitatif dan kualitatif, Anda dapat memperoleh pandangan tentang kripto menggunakan analisis fundamental. 

Sebuah mitos di antara pendatang baru adalah bahwa cryptocurrency tidak dapat dinilai berdasarkan analisis fundamental karena volatilitas pasar yang tinggi. Meskipun aset mungkin tunduk pada keinginan para pedagang global, masih mungkin untuk membentuk opini terdidik tentang nilainya. Memahami analisis fundamental maupun teknikal membantu Anda mengevaluasi apakah cryptocurrency layak untuk dibeli atau dijual.

Trading Kripto: Pengertian, Cara Trading, dan Aplikasi Trading Crypto

Cara Analisa Cryptocurrency

Dunia cryptocurrency sangat luas dan tidak berputar di sekitar Bitcoin dan blockchain saja. Ada lebih dari 5.000 cryptocurrency di pasar yang ada saat ini, menurut agregator kapitalisasi pasar crypto, dan lebih banyak lagi yang diluncurkan dari hari ke hari – yang membuatnya sedikit menantang bagi Investor untuk memutuskan di mana akan berinvestasi.

Faktanya, ada banyak dari mereka di luar sana yang tidak nyata. Scammers telah melihat peluang potensial di ruang crypto, dan mereka telah merancang beberapa token untuk mendapatkan uang orang. Apakah Anda seorang pemula yang ingin berinvestasi di pasar kripto atau investor berpengalaman, di bawah ini adalah beberapa teknik yang akan memandu Anda dalam menganalisis token apa pun.

Perhatikan Jenis Proyek yang Dikembangkan

Verifikasi apakah proyek token memecahkan masalah besar. Memverifikasi ini adalah faktor kunci lain yang tidak boleh Anda lewatkan saat menganalisis token yang akan Anda investasikan karena menentukan nilai utilitas dari nilai pasar token. Jadi, sebagai investor yang cerdas, satu pertanyaan yang harus Anda jawab sebelum berinvestasi dalam token adalah: Masalah unik apa yang dipecahkan oleh token ini?

Mari kita ambil contoh, Atayen Inc. Ini mendefinisikan ulang industri periklanan dan terutama sektor influencer dengan solusi SaTT-nya, yang memungkinkan siapa pun diberi penghargaan untuk posting mereka di jejaring sosial, dengan platform yang dikembangkan di ujung tombak teknologi. Lainnya adalah Vinchain; itu menciptakan database blockchain di seluruh dunia dari informasi kendaraan bekas yang 100 persen aman, transparan dan dapat diakses oleh semua, dan seterusnya.

Secara praktis, proyek blockchain yang secara unik memecahkan masalah besar akan memiliki lebih banyak lonjakan permintaan, sehingga meningkatkan nilai tokennya yang dapat diperdagangkan.

Para ahli mengatakan penting untuk mempertimbangkan tinjauan awal tingkat tinggi dari proyek tersebut. Periksa situs web proyek crypto dan saluran media sosial untuk juga mengetahui seberapa aktif proyek secara sosial dan mendapatkan wawasan yang lebih luas tentang proyek, tim, dan komunitasnya. Situs web proyek harus mudah dinavigasi, berfungsi, dan secara terbuka membagikan detail tentang proyek, tim di baliknya, serta whitepaper dan peta jalannya. 

Bagaimana Cara Trading Crypto di GIC? Simak Langkah-Langkahnya!

Analisa Future Value

Waktu adalah segalanya. Ini mungkin berada di urutan terakhir dalam daftar, tetapi itu sama pentingnya karena memilih waktu terbaik untuk berinvestasi dapat berdampak pada laba atas investasi Anda. Oleh karena itu, Anda perlu tahu apakah ini waktu yang tepat untuk berinvestasi dalam mata uang kripto karena ada pasar bearish dan bull.

Pada saat ini, dapat dikatakan bahwa pasar secara umum sedang booming. Hal yang sama berlaku untuk mempertimbangkan jika industri ICO sedang booming.

Untuk menganalisis token kripto apa pun bukanlah hal yang mudah. Namun, dengan mengingat tip-tip ini akan memandu pemilihan koin potensial Anda yang akan bertahan dalam ujian waktu, dan menghasilkan keuntungan besar dalam jangka pendek dan jangka panjang.

Tentukan apakah proyek sudah memiliki investor dan jika ya, siapa mereka. Ini pertanda baik jika proyek tersebut telah diinvestasikan oleh perusahaan investasi terkenal atau investor besar. Itu berarti mereka telah melakukan uji tuntas dan percaya pada kelayakan jangka panjang proyek. 

Mengenal Apa itu Cryptocurrency, Kelebihan & Cara kerjanya

Cermati Whitepaper

Sebagai investor, komponen penting untuk menilai nilai jangka panjang koin atau token adalah whitepaper dan peta jalan proyek. Proyek kripto yang solid akan memiliki whitepaper dan peta jalan yang kuat dan terdefinisi dengan baik. Whitepaper adalah dokumen yang diproduksi dan dirilis oleh proyek kripto yang memberi Anda informasi teknis tentang konsepnya untuk membantu Anda menentukan apakah itu memiliki manfaat, sedangkan peta jalan membantu menetapkan harapan tentang bagaimana proyek kripto berencana untuk tumbuh dan berkembang dengannya. semoga sukses dan diadopsi. 

 “Saya membaca whitepaper, jadi saya bisa mengerti dari mana nilai itu berasal,” kata Danial.

Dalam peta jalan, Anda ingin melihat garis waktu umum yang memberikan detail pengembangan proyek. Jika proyek tidak memiliki visi yang jelas dengan whitepaper dan peta jalan, Anda harus mempertanyakan keberhasilan dan nilainya di masa depan.

Lihat Profil Tim Pengembang

Kredibilitas dan pengalaman tim di balik sebuah proyek dapat memainkan peran penting dalam keberhasilan atau kegagalannya. Jika tim tidak diungkapkan secara terbuka, itu adalah tanda bahaya (bitcoin adalah pengecualian). Anda juga ingin melihat pengalaman tim sebelumnya di pasar crypto dan proyek lain yang telah mereka kerjakan. Misalnya, Anda ingin tahu apakah ini adalah proyek pertama mereka atau apakah mereka memiliki sejarah yang solid dalam mengembangkan proyek kripto yang sukses. Selain itu, lihat eksekutif tim proyek. Proyek dengan eksekutif terkemuka atau kemitraan dengan perusahaan mapan juga merupakan pertanda positif.

Cermati Komunitas Kripto

Untuk banyak proyek kripto, komunitas yang mendukung proyek dapat membuat atau menghancurkan potensi kripto yang diberikan. Antusiasme dan ukuran komunitas memainkan peran besar dalam keberhasilan awal dan kelanjutan proyek, meskipun Anda harus berhati-hati dengan faktor ini saat menilai koin atau token. 

Terkadang, hype dapat melebihi dan bahkan menutupi utilitas atau nilai proyek yang sebenarnya, itulah sebabnya Anda tidak boleh berinvestasi dalam koin atau token hanya berdasarkan hype dan harus meluangkan waktu untuk mengenal semua faktor di atas sebelum menempatkan terlalu banyak stok. dalam komunitasnya. 

“Ini bisa menjadi lingkungan yang sangat membingungkan untuk mencari tahu apa dan siapa, terutama ketika Anda memiliki banyak orang yang benar-benar bersemangat atau sangat bersemangat tentang hal itu,” Doug Boneparth, penasihat keuangan dan presiden Bone Fide Wealth dalam New York, kata NextAdvisor.

Meskipun subjektif, tujuan Anda adalah untuk mencapai perspektif tentang apakah aset tersebut dinilai terlalu tinggi atau terlalu rendah. Mempertimbangkan hal-hal ini akan memandu pemilihan koin potensial Anda untuk diinvestasikan. Setelah Anda memahami dasar-dasarnya, Anda dapat menggunakan lebih banyak indikator dan metrik teknis sebagai suplemen untuk membantu menginformasikan keputusan investasi Anda.

Panduan Analisa Cryptocurrency

Perhatikan Aspek Keamanan

Jadi Anda telah menemukan ICO token yang bagus untuk diinvestasikan, tetapi Anda tidak diizinkan untuk berpartisipasi karena yurisdiksi Anda. Anda akan melanggar hukum jika Anda masih terus maju untuk melakukan investasi.

Karena itu, Anda perlu memastikan bahwa regulator di negara Anda tidak membatasi partisipasi dalam penawaran semacam itu. Namun demikian, ICO masih belum diatur di sejumlah wilayah, dan regulator di beberapa wilayah sedang mengerjakan aturan yang lebih bersahabat.

Daftar 15 Coin Crypto Terbaik untuk Dibeli di Tahun 2022!

Panduan Pemula untuk Menganalisis Data Harga Crypto 

Setelah Anda melakukan pemeriksaan umum awal dari investasi kripto potensial, saatnya untuk lebih fokus pada aspek teknis kripto yang ingin Anda investasikan. 

“Saya melihat grafik untuk melihat apakah saya ingin membeli lebih banyak, kapan harga optimal untuk membeli,” kata Danial. “Ini setelah saya memilih aset yang sesuai dengan toleransi risiko dan tujuan keuangan saya.”

Para ahli mengatakan analisis teknis sedikit lebih rumit dalam kripto dibandingkan dengan pasar saham, tetapi ada beberapa indikator dan metrik utama yang dapat Anda gunakan untuk membantu menginformasikan keputusan investasi Anda:

Sejarah Perdagangan

Mulailah dengan melihat riwayat perdagangan harian, mingguan, bulanan, dan tahunan, sehingga Anda bisa mendapatkan ikhtisar tingkat tinggi tentang harga dan kinerja proyek. Mungkin ada tren harga yang menonjol bagi Anda yang dapat Anda jelajahi lebih lanjut. Peningkatan yang stabil selama periode waktu yang lebih lama biasanya merupakan tanda positif untuk potensi jangka panjang kripto.

Kapitalisasi pasar

Para ahli merekomendasikan untuk memperhatikan kapitalisasi pasar juga, yang merupakan nilai total mata uang kripto. Kapitalisasi pasar Crypto dihitung dengan mengalikan harga cryptocurrency dengan jumlah koin yang beredar. 

Secara umum, semakin tinggi nilai kapitalisasi pasar, semakin aman investasinya, meskipun tidak selalu demikian dengan crypto, menurut Danial. “Anda tidak ingin pergi dan berinvestasi dalam sesuatu yang memiliki kapitalisasi pasar yang sangat rendah, karena itu mungkin sangat baru dan berisiko tinggi,” katanya.

Juga, kapitalisasi pasar memberikan gambaran yang lebih jelas tentang potensi pertumbuhan aset kripto. Cryptocurrency dengan kapitalisasi pasar yang lebih rendah memiliki kecenderungan lebih untuk tumbuh daripada mereka yang memiliki kapitalisasi pasar yang lebih besar dan lebih mapan.

“Di alam semesta crypto, kapitalisasi pasar memiliki nilai campuran,” kata Avik Roy , mitra pengelola di Roy Capital Advisors dan penulis “Bitcoin and the US Fiscal Reckoning.” “Kapitalisasi pasar dengan sendirinya, terutama untuk token kripto yang diperdagangkan tipis, bukanlah penanda nilai token yang sangat baik. Tetapi dalam kasus bitcoin dan ethereum, yang merupakan aset yang paling banyak diperdagangkan, paling diterima secara luas, dan paling berharga, kapitalisasi pasar adalah indikator yang masuk akal dan tentu saja merupakan salah satu tolok ukur umum.”

Penting juga untuk diingat bahwa karena harga kripto berfluktuasi secara dramatis, kapitalisasi pasar terus berubah. Fluktuasi ini — bersama dengan potensi pasar untuk keluar sepenuhnya — juga menjadi alasan mengapa para ahli merekomendasikan hanya menginvestasikan apa yang Anda setujui dengan kerugian. 

Cryptocurrency: Fungsi, Cara Kerja, Jenis, dan Kelebihannya

Volume Perdagangan

Anda juga ingin melihat volume perdagangan. Volume perdagangan yang rendah dapat menjadi tanda bahaya karena ini adalah ukuran seberapa mudah aset kripto dapat dibeli atau dijual. Biasanya, semakin tinggi volume transaksi cryptocurrency, semakin likuid pasar untuk koin atau token tertentu. 

Jika sebuah proyek memiliki volume perdagangan yang rendah, terutama proyek menengah atau besar, proyek itu mungkin telah ditinggalkan, tidak memiliki kasus penggunaan di dunia nyata, atau ada masalah serius lainnya dengan proyek tersebut. Sementara volume perdagangan dapat membantu investor crypto dalam keputusan mereka untuk membeli atau menjual, para ahli mengatakan itu seharusnya tidak memainkan peran besar dalam proses pengambilan keputusan untuk investor jangka panjang yang bertaruh pada pertumbuhan nilai dari waktu ke waktu daripada kemampuan untuk berdagang untuk mendapatkan keuntungan dalam jangka pendek.

“Volume perdagangan sedikit lebih sulit untuk diukur dalam crypto dibandingkan dengan pasar saham,” kata Roy. “Nasdaq mencatat setiap perdagangan, jadi Anda memiliki ukuran yang sangat tepat tentang berapa banyak saham yang diperdagangkan hari itu karena diatur. Dengan bitcoin atau eter, tidak seperti itu. Crypto adalah pasar yang paling tidak diatur secara global.”

Faktanya, Anda harus waspada terhadap spoofing di pasar crypto, katanya. Saat itulah orang atau institusi membuat pesanan beli dan jual palsu dalam upaya menciptakan rasa penawaran dan permintaan yang salah. Beberapa pertukaran cryptocurrency telah dituduh memalsukan nomor volume mereka untuk meningkatkan visibilitas bisnis mereka dan mendatangkan lebih banyak pelanggan. Itu mudah dilakukan di ruang cryptocurrency karena belum matang dengan peraturan terbatas dan rentan terhadap manipulasi pasar. 

Beredar, Total, dan Pasokan Maks

Penting juga untuk melihat suplai sirkulasi proyek kripto dan total suplai dalam kaitannya dengan suplai maksimal. Pasokan yang beredar adalah jumlah koin atau token yang beredar di pasar, sedangkan total suplai adalah jumlah koin atau token yang telah dibuat. Total pasokan tidak memperhitungkan koin atau token yang telah dibakar atau dihancurkan. Pasokan maksimum mengacu pada semua koin yang akan pernah ada. Tergantung pada koinnya, persediaan maksimum dapat diperbaiki atau tidak terbatas. 

“Hal terpenting untuk dipahami tentang bitcoin, dan ini berlaku untuk crypto secara umum, adalah kebijakan moneter token. Dengan kata lain, apa aturan pasokan token saat ini dan di masa depan?” kata Roy. “Dari sudut pandang investasi, satu hal yang sangat diperhatikan oleh investor di pasar konvensional adalah prediktabilitas pasokan.”

Bitcoin menawarkan titik referensi yang bagus — untuk bitcoin, hanya ada 21 juta total pasokan sementara saat ini ada sekitar 19 juta yang beredar. Jika dibandingkan dengan proyek seperti ethereum, yang memiliki total pasokan tak terbatas dan pasokan beredar lebih dari 120 juta, kelangkaan bitcoin dapat dengan mudah dilihat. Para ahli mengatakan investor cenderung menempatkan nilai yang lebih tinggi pada investasi yang langka daripada investasi yang berlimpah, meskipun itu lebih sulit untuk didefinisikan dalam crypto karena pengembang terkadang merancang ekosistem crypto dengan cara koin atau token tertentu sebenarnya tidak pernah benar-benar tidak terbatas. Misalnya, ethereum secara teknis memiliki persediaan yang tidak terbatas, tetapi penerbitannya dibatasi hingga 18 juta Eter per tahun. 

Ingatlah bahwa seperti volume perdagangan, pasokan yang beredar, dan pasokan total terkadang bisa menjadi metrik yang tidak dapat diandalkan. Itu karena banyak koin dan token dianggap “beredar”, meskipun hilang atau dicuri. Misalnya, investor bitcoin telah salah menempatkan sekitar 20% dari semua token yang ada, dan tidak seperti mata uang fiat yang berpotensi dapat dipulihkan, sangat tidak mungkin bahwa token ini akan dikembalikan ke peredaran. Juga, dalam kasus di mana total pasokan lebih besar, arus masuk yang besar dalam pasokan yang beredar dapat dengan cepat menurunkan harga.

Meskipun semua metrik ini bagus untuk disimpan di saku Anda sebagai investor kripto, sangat penting untuk menyadari bahwa kriptocurrency baru dan sangat fluktuatif — dan pasar masih berkembang. Di atas segalanya, penting untuk dicatat bahwa pasar crypto benar-benar berbeda dari pasar saham, dan oleh karena itu aturan dan metrik yang berlaku di pasar saham tidak selalu berlaku untuk pasar crypto.

GICT, Aset Kripto yang Menjanjikan!

Dengan adanya cara menganalisa dan panduan pemula diatas, Anda telah mengerti bagaimana cara untuk mencari aset kripto yang menjanjikan. Agar Anda tidak bingung ketika mencari aset kripto mana yang bagus dan aman, Anda bisa berinvestasi dengan GICT coin. Yang mana GICT coin merupakan salah satu aset kripto yang menjanjikan dari kalangan kripto lainnya. Untuk bisa berinvestasi dengan GICT coin, Anda bisa melakukannya melalui aplikasi GIC dan juga membelinya melalui Indodax. Saat ini, GICT di Indodax memiliki event Airdrop Buy and Hold yang akan diselenggarakan sampai dengan tanggal 21 November 2022. Anda bisa mengikutinya dan mendapatkan Airdrop total hingga 15.000 GICT! 

Setelah mengetahui mengenai analisa cryptocurrency, beserta hal terkait lainnya. Anda bisa mulai menerapkan setiap hal yang telah dijelaskan di atas pada pencarian kripto Anda. Selain itu, jangan lupa untuk melakukan registrasi terlebih dahulu jika ingin melakukan transaksi trading bersama GIC dengan modal mulai dari 150.000 Rupiah!

GIC

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami