Aset Digital Bitcoin, Teknologi, Harga, dan Cara Kerjanya

Artikel ini terakhir di perbaharui May 25, 2022 by Wachda Mihmii
Aset Digital Bitcoin, Teknologi, Harga, dan Cara Kerjanya

Bitcoin merupakan salah satu bentuk dari uang digital pada aset yang dikenal sebagai cryptocurrency. Coin ini juga telah banyak digunakan oleh para trader maupun investor untuk bisa memperkaya aset mereka. Untuk lebih lengkapnya mengenai bitcoin sendiri, Anda bisa membacanya melalui artikel di bawah ini. Selain itu, Anda juga dapat membaca Aset Kripto yang Stabil, Kenali Stablecoin Beserta Tipenya!

Bitcoin Adalah

Bitcoin adalah bentuk uang digital yang menghilangkan kebutuhan otoritas pusat seperti bank atau pemerintah. Sebagai gantinya, coin ini menggunakan jaringan internet peer-to-peer untuk mengonfirmasi pembelian langsung antar pengguna. Diluncurkan pada tahun 2009 oleh pengembang misterius yang dikenal sebagai Satoshi Nakamoto, Bitcoin (BTC) adalah peserta pertama, dan paling berharga, di kelas aset baru yang dikenal sebagai cryptocurrency. Transaksi dilakukan tanpa perantara – artinya, tanpa bank! coin ini dapat digunakan untuk memesan hotel di Expedia, berbelanja furnitur di Overstock, dan membeli game Xbox. Tetapi sebagian besar hype adalah tentang menjadi kaya dengan memperdagangkannya. Harga coin ini meroket hingga ribuan pada tahun 2017.

Buku besar umum mencatat semua transaksi coin ini dan salinannya disimpan di server di seluruh dunia. Siapa pun yang memiliki komputer cadangan dapat mengatur salah satu server ini, yang dikenal sebagai node. Konsensus tentang siapa yang memiliki koin mana yang dicapai secara kriptografis di seluruh node ini daripada mengandalkan sumber kepercayaan pusat seperti bank.

Setiap transaksi disiarkan secara publik ke jaringan dan dibagikan dari node ke node. Setiap sepuluh menit atau lebih, transaksi ini dikumpulkan bersama oleh penambang ke dalam grup yang disebut blok dan ditambahkan secara permanen ke blockchain. Ini adalah buku akun definitif bitcoin.

Dengan cara yang hampir sama Anda akan menyimpan koin tradisional di dompet fisik, mata uang virtual disimpan di dompet digital dan dapat diakses dari perangkat lunak klien atau berbagai alat online dan perangkat keras. Bitcoin saat ini dapat dibagi lagi dengan tujuh tempat desimal: seperseribu coin ini dikenal sebagai mili dan seperseratus juta bitcoin dikenal sebagai satoshi.

Sebenarnya tidak ada yang namanya coin ini atau dompet, hanya kesepakatan di antara jaringan tentang kepemilikan koin. Kunci pribadi digunakan untuk membuktikan kepemilikan dana ke jaringan saat melakukan transaksi. Seseorang dapat dengan mudah mengingat kunci pribadi mereka dan tidak memerlukan apa pun untuk mengambil atau membelanjakan uang virtual mereka, sebuah konsep yang dikenal sebagai “dompet otak”.

Cara Kerja Bitcoin

Setiap Bitcoin pada dasarnya adalah file komputer yang disimpan dalam aplikasi ‘dompet digital’ di smartphone atau komputer. Orang dapat mengirim coin ini (atau sebagian) ke dompet digital Anda, dan Anda dapat mengirim Bitcoin ke orang lain. Setiap transaksi dicatat dalam daftar publik yang disebut blockchain. Hal ini memungkinkan untuk melacak sejarah coin ini untuk menghentikan orang dari membelanjakan koin yang tidak mereka miliki, membuat salinan, atau membatalkan transaksi.

Untuk memahami cara kerja cryptocurrency, ada baiknya untuk memahami istilah-istilah ini dan sedikit konteksnya:

  • Blockchain: Bitcoin didukung oleh kode sumber terbuka yang dikenal sebagai blockchain, yang menciptakan sejarah publik bersama tentang transaksi yang diatur dalam “blok” yang “dirantai” bersama untuk mencegah gangguan. Teknologi ini menciptakan catatan permanen dari setiap transaksi, dan menyediakan cara bagi setiap pengguna coin ini untuk beroperasi dengan pemahaman yang sama tentang siapa yang memiliki apa.
  • Kunci pribadi dan publik: Dompet Bitcoin berisi kunci publik dan kunci pribadi, yang bekerja bersama untuk memungkinkan pemiliknya memulai dan menandatangani transaksi secara digital. Ini membuka fungsi utama Bitcoin — mentransfer kepemilikan dengan aman dari satu pengguna ke pengguna lain.
  • Penambangan Bitcoin: Pengguna di jaringan coin ini memverifikasi transaksi melalui proses yang dikenal sebagai penambangan, yang dirancang untuk mengonfirmasi bahwa transaksi baru konsisten dengan transaksi lain yang telah diselesaikan di masa lalu. Ini memastikan bahwa Anda tidak dapat membelanjakan Bitcoin yang tidak Anda miliki, atau yang telah Anda belanjakan sebelumnya.

Bagaimana coin ini menghasilkan uang?

Bitcoin baru dibuat sebagai bagian dari proses penambangan coin ini, di mana mereka ditawarkan sebagai hadiah yang menguntungkan bagi orang-orang yang mengoperasikan sistem komputer yang membantu memvalidasi transaksi. Penambang Bitcoin — juga dikenal sebagai “node” — adalah pemilik komputer berkecepatan tinggi yang secara independen mengkonfirmasi setiap transaksi, dan menambahkan “blok” transaksi yang telah selesai ke “rantai” yang terus berkembang, yang memiliki lengkap, publik dan permanen catatan setiap transaksi Bitcoin.

Penambang dibayar dalam coin ini atas upaya mereka, yang memberi insentif pada jaringan terdesentralisasi untuk memverifikasi setiap transaksi secara independen. Jaringan penambang independen ini juga mengurangi kemungkinan penipuan atau informasi palsu untuk dicatat, karena mayoritas penambang perlu mengonfirmasi keaslian setiap blok data sebelum ditambahkan ke blockchain, dalam proses yang dikenal sebagai “bukti kerja. “

Bagaimana cara mulai menambang coin ini?

Karena coin ini semakin populer dan bernilai, persaingan untuk mendapatkan hadiah yang ditawarkan oleh penambangan semakin tajam. Kebanyakan penambang sekarang menggunakan komputer khusus yang dirancang hanya untuk tujuan itu. Peralatan ini menggunakan sejumlah besar energi, biaya yang dapat menjadi penghalang lain untuk masuk.

Semua ini berarti penambangan Bitcoin adalah proposisi yang sulit bagi seorang pemula, meskipun beberapa operator yang lebih kecil memilih untuk bergabung dengan kumpulan penambangan di mana mereka menggabungkan kekuatan komputasi mereka dengan yang lain dalam upaya untuk bersaing mendapatkan hadiah.

Teknologi di Bitcoin

Sekarang aset triliun dolar, coin ini sangat penting bagi budaya cryptocurrency setelah kenaikan  60%  bulan ini, melampaui aset tradisional apa pun dalam tonggak pemecahan rekor ini.

Sejak diperkenalkan ke pasar keuangan pada tahun 2009, cryptocurrency pertama dari jenisnya ini telah ditandai dengan volatilitas tinggi dan fluktuasi harga. Menjadi ” aset yang sangat spekulatif,” Menteri Keuangan AS Janet Yellen telah menekankan perlunya mengatur lembaga apa pun yang menangani coin ini dan perlindungan investor dalam wawancara CNBC baru-baru ini. Meskipun kurangnya regulasi dan kerentanan terhadap penipuan dan transaksi gelap, campuran pemeriksaan sosial dan dukungan selebriti telah melambungkan popularitasnya di kalangan investor dan massa.

Namun di balik bitcoin adalah teknologi blockchain yang cerdik yang memungkinkan aset digital yang belum pernah ada sebelumnya ini. Hubungan simbiosis antara coin ini dan blockchain sangat jelas sehingga orang sering mengacaukan keduanya. Sederhananya, tanpa blockchain, bitcoin tidak berguna. Dengan setiap transaksi bitcoin, jejak digital dibuat di buku besar bersama. Meskipun transaksi itu sendiri terbuka dan publik, identitas orang di balik transaksi bitcoin dienkripsi dan tetap pribadi. Saat transaksi diposting di buku besar digital ini, “rantai” abadi transaksi anonim dan real-time dibuat. Meskipun teknologi blockchain paling dikenal dengan penerapannya pada coin ini dan cryptocurrency lainnya, kasus penggunaan lainnya lebih diutamakan, terutama dalam supply chain management.

Cryptocurrency yang paling terkenal, Bitcoin, adalah salah satu teknologi blockchain yang diciptakan. Seperti dolar Amerika Serikat, cryptocurrency adalah alat pertukaran digital yang menggunakan teknik enkripsi untuk mengawasi pembentukan unit moneter dan memverifikasi transfer keuangan.

Blockchain Bitcoin mengacu pada data yang disimpan dalam “blok” informasi yang kemudian dihubungkan bersama dalam “rantai” permanen. Blok adalah kumpulan transaksi Bitcoin dari periode tertentu. Tumpukan balok ditumpuk satu sama lain, dengan setiap balok baru bergantung pada balok sebelumnya. Akibatnya, rantai blok terbentuk, memunculkan kata “blockchain.” Setiap kali blok baru ditambahkan, blok sebelumnya tidak dapat dimodifikasi. Ini memastikan bahwa setiap blok lebih aman dari waktu ke waktu, dan ini adalah contoh bagaimana teknologi Bitcoin mengubah cara transaksi perbankan dan keuangan dilakukan. 

Blockchain Bitcoin, bagaimanapun, lebih dari sekadar cryptocurrency: Ini adalah teknologi yang sebagian besar cryptocurrency dibangun, termasuk Bitcoin. Blockchain Bitcoin unik karena memastikan bahwa semua transaksi akurat. Setiap tindakan di blockchain dicatat dan tidak ada yang tertinggal dari jaringan. Setelah suatu tindakan direkam dan disimpan di salah satu blok informasi, tindakan itu diberi stempel waktu dan diamankan, dan seluruh catatan tersedia untuk siapa saja dalam sistem.

Blockchain Bitcoin juga terdesentralisasi, artinya tidak disimpan dalam satu komputer master atau dikendalikan oleh satu perusahaan. Itu didistribusikan di banyak komputer yang ada di jaringan. Di blockchain Bitcoin, ada kode yang disebut hash. Sebuah hash unik untuk setiap blok di blockchain. Hashing memungkinkan setiap pengguna jaringan untuk mengidentifikasi setiap blok dan mengarahkan mereka untuk bergerak dalam rantai karena setiap blok memiliki hash sendiri dan hash blok sebelumnya.

Dengan mengingat yang terakhir, bagian penting dari blockchain termasuk catatan, blok, hash, dan rantai. Catatan blok dan catatan transaksional adalah dua jenis catatan di blockchain. Sebuah blok berisi transaksi coin ini terbaru yang belum tercatat di blok sebelumnya. Catatan transaksi mencakup data aset, harga, dan kepemilikan yang dicatat, disetujui, dan diselesaikan di semua node dalam hitungan detik. 

Intinya, hash adalah string dengan panjang tetap yang dihasilkan setelah mengubah panjang data input apa pun di jaringan blockchain, blok mirip dengan halaman di buku besar atau buku catatan dan rantai mengacu pada blok yang terhubung bersama dalam jaringan.

Harga Bitcoin Saat Ini

Untuk saat ini, pada tanggal 25 Mei 2022, harga dari bitcoin adalah sebagai berikut.

Bitcoin: Cara Kerja, Teknologi, Harga, dan Kelebihannya

Sedangkan ketika di Rupiah-kan, maka harga tersebut menjadi,

Bitcoin: Cara Kerja, Teknologi, Harga, dan Kelebihannya

Kelebihan Investasi di Bitcoin

Alasan mengapa bitcoin sangat populer adalah karena ada banyak manfaat dari metode pembayaran ini. Berikut ini, kami akan memberi tahu Anda apa keuntungan dari metode pembayaran ini dan mengapa Anda harus mempertimbangkan untuk membayar di masa mendatang secara eksklusif dengan Bitcoin.

Transaksi dengan Bitcoin tidak termasuk biaya perbankan

Mungkin keuntungan terbesar menggunakan coin ini sebagai metode pembayaran pilihan adalah transaksi dengan Bitcoin tidak dikenakan biaya perbankan. Artinya, misalnya, jika Anda ingin membeli kartu hadiah di Coingate dengan Bitcoin, Anda dapat melakukannya tanpa biaya perbankan apa pun.

Ini berarti bahwa tidak ada biaya atau pemeliharaan saldo minimum, serta biaya cerukan, biaya setoran yang dikembalikan, di antara banyak lainnya.

Biaya transaksi rendah untuk pembayaran internasional Bitcoin

Yang juga menarik untuk diketahui dalam hal biaya adalah pembayaran Bitcoin termasuk biaya transaksi yang sangat rendah untuk pembayaran internasional. Begini masalahnya, pembelian asing dan transfer kawat biasa biasanya melibatkan biaya dan biaya pertukaran.

Karena transaksi coin ini tidak termasuk keterlibatan pemerintah dan lembaga perantara, biaya transaksi, dibandingkan dengan transaksi untuk transfer bank, umumnya lebih rendah.

Misalnya, ini adalah keuntungan besar bagi para pelancong. Selain itu, bukan rahasia lagi bahwa transfer coin ini sangat cepat. Oleh karena itu menghilangkan ketidaknyamanan periode menunggu dan persyaratan otorisasi yang khas.

Transaksi ini mobile dan aman

Selain biaya transaksi yang rendah, diketahui juga bahwa transaksi Bitcoin sangat mobile dan aman. Dalam hal mobilitas, seperti banyak sistem pembayaran online lainnya, pengguna coin ini juga dapat membeli koin mereka di mana saja dengan akses internet. Artinya, pembeli tidak perlu pergi ke toko atau bank untuk membeli suatu produk.

Sebaliknya, tidak seperti banyak pembayaran lain yang dilakukan dengan kartu kredit atau rekening bank AS, informasi pribadi tidak diperlukan untuk menyelesaikan transaksi apa pun. Yang juga penting untuk diperhatikan adalah bahwa coin ini bukanlah mata uang fisik. Oleh karena itu, tidak mungkin pencuri akan melepaskan pemegangnya.

Penjahat dunia maya hanya dapat mencuri cryptocurrency jika mereka mengetahui kunci pribadi untuk dompet tersebut. Meskipun demikian, dengan keamanan yang baik, hampir tidak mungkin untuk mencuri Bitcoin.

Transaksi Bitcoin juga P2P dan pseudonim

Selain semua yang disebutkan di atas, transaksi coin ini juga menggunakan nama samaran. Ini berarti bahwa mereka tidak sepenuhnya anonim dan bahwa transaksi hanya dapat diidentifikasi dengan menggunakan alamat blockchain. Oleh karena itu, seseorang dapat memiliki banyak alamat dan beberapa kata sandi dan nama pengguna hanya untuk satu akun.

Setelah mengetahui mengenai bitcoin, cara kerja, teknologinya, beserta hal lainnya, kalian bisa mempertimbangkan beberapa pembahasan di atas ketika ingin melakukan investasi pada cryptocurrency bitcoin. Selain itu, kalian bisa melakukan staking farming WGICT melalui fitur pada aplikasi GICTrade. Download aplikasinya, dan lakukan staking farming WGICT!

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami