Apa Itu DEX? Cara Kerja, Keuntungan, dan Platform DEX

Artikel ini terakhir di perbaharui July 19, 2022 by Wachda Mihmii
Apa Itu DEX? Cara Kerja, Keuntungan, dan Platform DEX

Apa itu dex? Decentralized exchange menjadi salah satu jenis pertukaran dalam mata uang kripto yang dilakukan secara peer to peer. Untuk lebih lengkapnya, Anda bisa membaca artikel di bawah ini. Selebihnya, Anda dapat membaca artikel lainnya seperti Cara Kerja Decentralized Exchange dan Keuntungannya.

Pengertian DEX

Decentralized Exchange(DEX) adalah jenis pertukaran yang berspesialisasi dalam transaksi mata uang kripto dan aset digital peer-to-peer. Tidak seperti Centralized Exchange (CEX), DEX tidak memerlukan pihak ketiga yang tepercaya, atau perantara, untuk memfasilitasi pertukaran aset kripto.

Prinsip inti kripto adalah disintermediasi keuangan, karena itu meningkatkan kebebasan ekonomi individu di mana pun di dunia tidak peduli siapa mereka. DEX adalah komponen inti dari Decentralized Finance (DeFI). Boleh dibilang, tanpa DEX cair berkualitas tinggi, DeFi tidak akan mengalami pertumbuhan luar biasa yang dimilikinya.

DEX meledak dalam popularitas di Ethereum, tetapi sejak itu bermigrasi ke setiap blockchain dengan fungsi kontrak pintar tujuan umum. DEX penting untuk ekosistem blockchain, karena mereka adalah Aplikasi terdesentralisasi (dAPP) pertama yang biasanya Anda gunakan untuk berinteraksi saat tiba di rantai baru. Itu adalah cara Anda bertukar masuk dan keluar dari aset kripto. Selain memfasilitasi pertukaran antara aset kripto yang berbeda, banyak DEX juga memiliki cara untuk mendapatkan aset kripto tanpa berdagang.

Cara Kerja DEX

Kami tahu bahwa dex mengeksekusi pesanan pedagang secara on-chain dan memungkinkan pedagang untuk mempertahankan hak asuh token mereka. Sekarang kita akan menyelam lebih dalam untuk memahami teknologi unik di balik dex.

  1. Pembuat pasar otomatis

Anda mungkin sudah tahu bahwa cexs menggunakan buku pesanan  untuk menghubungkan pembeli dengan penjual. Dexs tidak dapat melakukan hal yang sama karena buku pesanan memerlukan pihak dan teknologi Centralized untuk berfungsi. Sebaliknya, dex menggunakan pembuat pasar otomatis (AMM), yang merupakan protokol yang mengotomatisasi dan mengatur proses penyediaan likuiditas.

AMM tidak memerlukan pihak lawan untuk melakukan perdagangan karena perdagangan tersebut terjadi melalui kumpulan token berpasangan yang berbeda. AMM mengeksekusinya terhadap likuiditas di kolam likuiditas, jadi jika Anda ingin membeli token, Anda tidak memerlukan pihak lawan dari sisi penjual. Sebaliknya, Anda membutuhkan likuiditas yang cukup di kolam.

Pendiri Ethereum Vitalik Buterin memperkenalkan ide AMM ke dunia pada tahun 2017, setelah itu dex yang berfungsi berdasarkan ide awal AMM ini — seperti UniSwap  — menjadi kenyataan.

Jika AMM adalah kode perangkat lunak, itu masih memerlukan aset untuk ditemukan dari satu pihak ke pihak lain. Jawabannya terletak pada kumpulan likuiditas:

  1. Kolam likuiditas

Kumpulan likuiditas adalah  kontrak cerdas atau smart contracts yang  diadakan di dalam kumpulan token berpasangan yang bersumber dari kerumunan. Crowd-sourcing berarti bahwa semua token dalam kumpulan likuiditas berasal dari penyedia likuiditas (LP) yang berbeda di komunitas crypto. 

LP mempertaruhkan aset mereka di kolam likuiditas karena insentif. Misalnya, mereka dapat memperoleh hadiah menarik, seperti token LP, atau biaya perdagangan dari mempertaruhkan aset di kumpulan likuiditas.

Keuntungan Penggunaan DEX

Desentralisasi membawa serta banyak keuntungan dibandingkan rekan-rekan Centralized. Pertama, aset kripto baru hampir selalu muncul jauh lebih awal di DEX daripada CEX. Ini karena CEX harus secara manual menambahkan aset kripto ke sistem mereka. Menambahkan proyek baru biasanya memerlukan lapisan kepatuhan, pengujian, dan otorisasi oleh lapisan manajemen. Dengan DEX, token baru apa pun dapat ditambahkan secara otomatis ke bursa tanpa meminta siapa pun.

DEX tidak memerlukan tindakan Know Your Customer (KYC) atau anti pencucian uang (AML). Pertukaran itu sendiri tidak ada di salah satu yurisdiksi, jadi tidak ada kerangka peraturan yang berlaku untuk itu. Ini memiliki sejumlah implikasi. Pertama, DEX menghemat privasi. Anda dapat menggunakan DEX secara anonim tanpa harus membocorkan informasi tentang diri Anda, termasuk informasi keuangan seperti saldo akun Anda. Selanjutnya, Anda dapat langsung memulai trading di DEX. Tidak ada proses verifikasi yang panjang untuk dilalui sebelum Anda dapat berdagang.

DEX dapat menguntungkan semua orang, tetapi mereka memiliki utilitas paling banyak di negara berkembang, di mana kurangnya infrastruktur keuangan yang kuat telah menghalangi bisnis keuangan tradisional untuk menerima banyak pelanggan. Bank Dunia memperkirakan bahwa 1 miliar orang tidak memiliki bukti identitas resmi. Orang-orang ini tidak akan dapat melewati langkah-langkah KYC AML yang paling longgar, namun dengan akses ke internet mereka akan dapat berdagang di DEX.

Terakhir, Anda tidak perlu berdagang untuk mendapatkan uang di DEX. Ada beberapa cara untuk menghasilkan, misalnya, siapa pun dapat menyediakan likuiditas di DEX dan mendapatkan sebagian dari biaya. Selain itu, banyak DEX mengintegrasikan hadiah bonus. Ini biasanya dibayar dalam token tata kelola DEX.

Platform DEX Saat Ini

Berikut terdapat beberapa top decentralized exchange berdasarkan Coingecko pada tanggal 18 Juli 2022. Daftar berikut bisa berubah sewaktu-waktu tergantung dari keadaan pasar nantinya.

# Exchange 24h Volume Num Coins Num Pairs Visits Most Traded Pair % Market Share By Volume
1 Uniswap (v3)

Decentralized

$1,004,702,260 434 787 2,983,659.0 USDC/0XC02…

$625,474,949

40.0%
2 Balancer (v2)

Decentralized

$431,471,825 59 74 92,959.0 BB-A-USDC/…

$8,912,852

17.2%
3 Curve Finance

Decentralized

$179,826,665 25 64 870,910.0 USDC/USDT

$91,562,044

7.2%
4 PancakeSwap (v2)

Decentralized

$122,328,650 3537 4084 8,209,507.0 WBNB/USDT

$23,929,317

4.9%
5 Kwenta

Decentralized

$87,731,359 3 3 99,884.0 SETH/SUSD

$86,024,843

3.5%
6 Uniswap (v2)

Decentralized

$72,858,097 1379 2405 2,983,659.0 BOND/0XA0B…

$15,409,775

2.9%
7 Uniswap (Polygon)

Decentralized

$69,875,418 39 271 2,983,659.0 USDC/0X7CE…

$33,766,125

2.8%
8 Dodo (Polygon)

Decentralized

$44,974,571 9 16 164,280.0 USDT/0X279…

$37,927,180

1.8%
9 Sushiswap

Decentralized

$41,824,926 287 523 249,486.0 USDC/0XC02…

$8,019,154

1.7%
10 Orca

Decentralized

$37,814,513 99 274 434,652.0 SOL/EPJFWD…

$8,604,547

1.5%

Perbedaan DEX dengan CEX

Perbedaan antara DEX dan CEX terletak pada ada tidaknya perusahaan atau lembaga Centralized yang menjadi pihak ketiga untuk menyimpan dan mempertemukan penjual dan pembeli aset kripto.

DEX diketahui tidak melibatkan pihak ketiga untuk menyimpan aset kripto. Namun, DEX menggunakan kontrak pintar dalam menjual dan membeli aset kripto.

Sedangkan CEX berada di bawah naungan perusahaan atau organisasi Centralized yang berperan sebagai pihak ketiga. Untuk melakukan aktivitas investasi kripto Anda dapat menggunakan CEX atau DEX.

Tentu saja, Anda dapat memilih bursa mana yang akan diinvestasikan setelah mengetahui perbedaan antara DEX dan CEX.

FAQ

Berikut terdapat beberapa pertanyaan seputar apa itu dex sendiri. Beberapa pertanyaan tersebut adalah:

Apa itu DEX?

Decentralized Exchangetidak diarahkan oleh siapa pun. Ia tidak memiliki CEO atau karyawan. Pertukaran berjalan pada teknologi blockchain dan terkadang dikendalikan dengan cara yang demokratis dimana pengguna berpartisipasi dalam proses pengambilan keputusan bursa. Decentralized Exchange juga tidak bergantung pada pihak ketiga untuk menjaga mata uang kripto sehingga lebih cepat melakukan transaksi daripada di bursa Centralized.

Apakah DEX ada kelemahan?

DEX sendiri juga memiliki kelemahan. Kelemahannya adalah:

  • Perdagangan dalam mata uang fiat tidak diizinkan
  • Risiko kerugian permanen bagi penyedia likuiditas
  • Likuiditas bisa tipis, sehingga lebih sulit untuk mengeksekusi pesanan besar

Dengan sistem apa DEX dibangun?

Decentralized Exchangeberbeda dari Centralized Exchange karena memungkinkan pengguna untuk tetap mengendalikan dana mereka dengan mengoperasikan fungsi kritis mereka di blockchain: mereka memanfaatkan teknologi di balik cryptocurrency itu sendiri untuk memungkinkan perdagangan yang lebih aman dan lebih transparan. Ini memecahkan batasan utama yang dihadapi oleh pasar cryptocurrency (lihat di atas), karena tidak ada satu titik kegagalan, menyelaraskannya dengan apa yang telah membuat teknologi blockchain begitu kuat sejak awal.

Manfaat dari DEX?

DEX adalah kontrak cerdas yang sangat kompleks tetapi memiliki tujuan sederhana: menyediakan likuiditas bagi siapa saja yang ingin memperdagangkan mata uang kripto. DEX paling populer adalah Uniswap, yang sepenuhnya dibangun di atas blockchain Ethereum . Uniswap menyediakan platform Decentralized Exchange untuk setiap pengguna crypto yang ingin berdagang token berbasis Ethereum .

DEX memiliki beberapa manfaat signifikan dibandingkan Centralized Exchange. Mereka tidak memerlukan KYC dan mereka beroperasi 24/7. Mereka juga memberi investor peluang pertanian hasil, yang merupakan peluang untuk membantu memfasilitasi pertukaran desentralisasi – atau perdagangan – aset digital dengan imbalan sedikit biaya. Dan kode kontrak pintar (Uniswap ditulis dalam Solidity) terbuka dan transparan, memungkinkan kripto asli untuk hanya memverifikasi kode alih-alih mempercayai bisnis Centralized untuk menjadi pelarut.

Namun, DEX memiliki beberapa kelemahan. Transaksi tidak dapat dibatalkan, mereka hanya memungkinkan Anda untuk memperdagangkan aset rantai tunggal – Uniswap hanya ada di Ethereum, misalnya – dan ada risiko tarik-menarik dan risiko tidak tetap.

Setelah mengetahui mengenai apa itu DEX disertai dengan pembahasan lainnya, Anda bisa mulai mencoba untuk bertransaksi dengan decentralized exchange seperti beberapa contoh yang telah dijelaskan di atas. Selain itu, pastikan untuk registrasi di GIC dan follow akun Instagram untuk bisa terus mengikuti informasi dari GIC. 

GIC

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami