Airdrop Crypto: Kelebihan, Cara Mendapatkan, dan Resikonya

Airdrop Crypto adalah event bagi para investor salah satu coin sehingga bisa mendapatkan koin cryptocurrency gratis. Untuk mengetahui lebih jelasnya mengenai airdrop crypto ini, Anda bisa membaca artikel di bawah ini. Pastikan juga untuk follow Instagram GIC untuk mengetahui event Airdrop dari GIC!

Mengenal Apa Itu Airdrop Crypto

crypto airdrop adalah acara di mana beberapa orang atau komunitas akan mendapatkan koin cryptocurrency gratis. Karena koin benar-benar gratis, banyak perusahaan menggunakan airdrop untuk mempromosikan bisnis mereka. 

Sementara itu, pengembang sering menggunakan airdrop untuk meningkatkan kesadaran publik terhadap cryptocurrency baru serta volume perdagangan koin setelah Initial Coin Offering (ICO). Dengan kata lain, airdrop dapat digunakan untuk menjaga minat publik terhadap koin cryptocurrency.

Pada tahun 2014, Auracoin (AUR) menjadi cryptocurrency pertama yang melakukan airdrop. Selama Fase 1, pengembang mengeluarkan 31,8 AUR gratis untuk setiap warga negara Islandia yang berpartisipasi dalam sensus lokal. 

Sebelum melakukan airdrop, perusahaan atau penyelenggara akan terlebih dahulu mengumumkan tanggal acara. Saat acara berlangsung, penyelenggara akan mengambil ‘snapshot’ dari blockchain untuk memungkinkan setiap penggugat menerima token gratis.

Mendapatkan koin token gratis ini mungkin tampak menarik. Namun, airdrop masih cukup baru dalam cryptocurrency. Oleh karena itu, belum ada cukup regulasi yang mengatur kegiatan ini. Ketiadaan hukum menciptakan peluang bagi banyak penipuan airdrop, yang sebagian besar terjadi di komunitas cryptocurrency.

Keuntungan dan Kerugian Airdrop Crypto

Berikut terdapat beberapa kelebihan dan kekurangan dari Airdrop Crypto sendiri. Kelebihan dan kekurangan tersebut adalah:

Kelebihan airdrop

Berikut untuk kelebihan airdrop adalah:

Cara untuk memasarkan ICO

Karena airdrop adalah bentuk “uang gratis”, mereka digunakan untuk membantu menyebarkan berita tentang ICO. Meluncurkan kampanye pemasaran untuk ICO bisa sangat mahal dan karena sebagian besar ICO tidak memiliki cukup dana pada tahap awal, mereka memutuskan untuk menggunakan token mereka untuk memasarkan ICO. Kampanye airdrop yang baik biasanya membantu mendapatkan perhatian komunitas, karena dalam beberapa kasus proyek ditampilkan secara organik di media sosial, terutama di Facebook, Twitter, Reddit, dan lainnya. Terlebih lagi, banyak jaringan berita crypto telah menyiapkan bagian khusus yang mencantumkan airdrop yang akan datang dan bagaimana seseorang berhak menerimanya. Cointelligence baru-baru ini menyiapkan bagian airdrop yang mencantumkan semua airdrop ICO yang akan datang.

Uang gratis untuk pengguna

Sebagian besar kampanye airdrop mengharuskan Anda menyelesaikan beberapa tugas kecil untuk menerima token atau koin yang dijatuhkan melalui udara. Misalnya, bagikan status Facebook, publikasikan Tweet, daftar ke buletin ICO, dll. Semua yang diinginkan oleh pendiri ICO adalah memperluas basis audiens mereka, jadi mereka hanya meminta Anda untuk melakukan tugas pemasaran kecil untuk menerima koin mereka. atau token gratis. Jadi, mengapa tidak menghabiskan beberapa menit melakukan beberapa tugas sederhana untuk menerima beberapa koin gratis, dalam beberapa kasus token gratis dapat berakhir dengan nilai tinggi, seperti airdrop Polymath, di mana setiap pengguna menerima 250 token yang akhirnya bernilai hampir $400, dan yang harus Anda lakukan adalah mendaftar di situs web mereka dan lulus KYC.  

Kekurangan airdrop

Sedangkan untuk kekurangan airdrop adalah:

Menjual

Selama ICO, proyek mengumpulkan dana dalam ETH/BTC/FIAT atau mata uang kripto lainnya. Ketika seorang kontributor membeli 1000 token untuk 1 ETH, misalnya, harga token akan menjadi $0,3 per token, sesuai dengan harga ETH saat ini. Secara realistis kontributor tidak akan menjual tokennya dengan nilai yang lebih rendah karena dia akan kehilangan uang. Tetapi ketika ICO melakukan airdrop dan memberikan token secara gratis, para pemburu airdrop tidak terlalu peduli. Tujuan akhir mereka, dalam banyak kasus, adalah untuk menjual segera setelah mereka mampu melakukannya. Ini dapat berdampak negatif pada ekonomi token dan nilai token.

Tipuan

Terkadang, scammers dapat membujuk orang melalui airdrop untuk mengelabui kunci pribadi MyEtherWallet mereka dan menguras dana mereka. Karena itu, seseorang harus meneliti kampanye airdrop dengan benar, sebelum benar-benar membuat keputusan untuk ambil bagian di dalamnya. Jangan pernah menyerahkan kunci pribadi dompet Anda kepada siapa pun. Juga, selalu periksa kembali URL dompet Anda sebelum memasukkan kunci pribadi Anda untuk masuk, karena beberapa penipu akan menggunakan situs yang persis seperti halaman masuk dompet Anda untuk mengelabui kunci pribadi Anda.

Nomor palsu

Pendiri banyak ICO mengikuti tren dan tergoda untuk meningkatkan jumlah media sosial dan saluran Telegram mereka, percaya bahwa ini akan membantu mereka mengumpulkan dana, tetapi sebenarnya tidak demikian. Airdrops bisa menjadi alat yang sangat buruk untuk digunakan untuk pemasaran pada tahap ini saat melakukan ICO. Ambil contoh Penjualan Token Ubex. Saluran Telegram mereka mencapai 100 ribu orang, 60 ribu pengikut di Twitter dan Facebook, namun mereka berjuang untuk mencapai hardcap mereka.

Contoh lain adalah proyek Shivom, 5 bulan yang lalu selama airdrop, saluran Telegram mereka tumbuh menjadi lebih dari 70 ribu orang, tetapi saat ini jumlah saluran Telegram mereka adalah 46 ribu orang, yang mencerminkan bahwa minat pada proyek ini lebih terfokus pada “uang gratis” daripada mendukung proyek.

Investor dan VC yang canggih sudah mengetahui tren ini dan melihat ICO yang melakukan airdrop dan bounty secara negatif. Airdrops tidak menarik orang yang tepat untuk produk Anda, mereka kebanyakan menarik pemburu yang mencari kesepakatan terbaik untuk mengumpulkan “uang gratis”.

Airdrop tidak berharga

Terkadang token airdrop hampir tidak berharga. Dengan demikian, meskipun selalu bagus untuk mendapatkan uang secara gratis, menghabiskan waktu dan usaha untuk token yang tidak memiliki nilai nyata dan tidak memiliki potensi untuk pertumbuhan tidak berguna.

Sekilas Tentang Airdrop Crypto

Cara Mendapatkan Airdrop Crypto

Setelah mengetahui mengenai kelebihan dan kekurangan dari Airdrop Crypto, kali ini kita akan mempelajari mengenai bagaimana cara untuk mendapatkan Airdrop Crypto. Anda dapat menemukan airdrop crypto yang akan datang dengan beberapa cara. Tentu saja, Anda dapat berkonsultasi dengan mesin pencari seperti Google, dan beberapa situs web telah memetakan penawaran airdrop saat ini. Seringkali Anda tidak hanya dapat menemukan airdrop yang sedang berlangsung, tetapi juga airdrop yang akan datang.

Beberapa situs web tidak menunjukkan airdrop yang meragukan sebelumnya karena mereka tidak ingin mempertaruhkan reputasi mereka. Beberapa platform menunjukkan sejauh mana mereka mempercayai airdrop yang dimaksud. Terlepas dari pendapat situs web airdrop, masih bijaksana untuk melakukan riset dan memperhatikan airdrop.

Selain itu, sering kali ada platform crypto yang meluncurkan airdrop untuk orang-orang yang pernah menggunakan platform tersebut di masa lalu. Orang-orang ini kemudian menjadi memenuhi syarat, tanpa mengetahuinya sebelumnya. Agar memenuhi syarat untuk kemungkinan airdrop, Anda dapat mulai menggunakan platform swap. Saat Anda menggunakan platform swap yang dibangun di atas blockchain dengan biaya transaksi rendah, Anda dapat memenuhi syarat untuk mendapatkan airdrop dengan sangat murah. Inilah panduan langkah demi langkah Anda untuk mengumpulkan crypto airdrops:

  • Siapkan wallet cryptocurrency Anda. Tanpa wallet, proyek airdrop tidak akan memiliki tempat untuk mengirimi Anda token.
  • Periksa situs yang mencantumkan airdrop yang berbeda. Beberapa yang populer termasuk CoinMarketCap, Airdrops.io, Airdrop Alert dan AirdropKing.io. Ikuti juga peringatan berita kripto di saluran media sosial untuk tetap diposting.
  • Jelajahi berbagai proyek dan periksa persyaratan kelayakannya agar Anda memenuhi syarat untuk mendapatkan airdrop. Biasanya, ada empat jenis proyek airdrop:
  1. Standar: Proyek airdrop standar mengharuskan Anda mendaftar untuk buletin mereka menggunakan nama dan alamat email Anda. Anda mendapatkan token untuk mendaftar. 
  2. Holder: Beberapa proyek airdrop mengirimi Anda token gratis jika Anda memiliki saldo minimum cryptocurrency tertentu di dompet Anda. Misalnya, jika Anda memiliki setidaknya 0,1 ETH di dompet kripto Anda, Anda memenuhi syarat untuk menerima airdrop. Untuk ini, Anda harus menjadi investor cryptocurrency aktif dan menjaga jumlah saldo.
  3. Bounty: Ikuti dan terlibat dengan saluran media sosial proyek untuk menerima airdrop. Beberapa startup airdrop mungkin mengharuskan Anda untuk membagikan, mempromosikan, dan menyukai postingan mereka.
  4. Eksklusif: Jika Anda adalah pengikut halaman media sosial proyek dan anggota situs web mereka, Anda secara otomatis memenuhi syarat untuk menerima token mereka. 

Jika Anda mengaksesnya tepat waktu, beberapa proyek juga memungkinkan Anda mengklaim token secara gratis langsung dari situs web mereka menggunakan mekanisme kontrak pintar. 

Lakukan penelitian Anda. Kapan pun Anda berencana untuk terlibat dengan proyek terkait cryptocurrency, jangan hanya mengandalkan apa yang dikatakan proyek tersebut kepada Anda. Terlibat dalam penelitian menyeluruh. Bicaralah dengan penggemar crypto lainnya, baca artikel berita yang terkait dengan proyek dan ajukan pertanyaan. 

Wallet GICT

Cara bagi Anda agar bisa mendapatkan Airdrop Crypto adalah dengan melalui wallet GIC. Saat ini GIC sedang ada event buy and hold pada Indodax. Anda bisa mendapatkan senilai ratusan juta Rupiah hanya dengan beli dan hold 20 hingga 100 GICT di INDODAX!

Event airdrop GICT ini nantinya akan dilakukan selama kurun waktu 12 minggu dengan putaran pertamanya yang dimulai pada 29 Agustus sampai dengan 21 November 2022. Selama 12 minggu kedepan, Member INDODAX dan juga para nasabah GICTrade harus melakukan hold aset kripto GIC Trade mulai sebanyak 20 hingga 100 GICT untuk bisa mendapatkan total airdrop yang senilai 15.000 GICT!

Akun Telegram

Selain melalui wallet GIC, Anda juga bisa mendapatkan airdrop crypto ini melalui akun telegram yang Anda miliki. Pada grup telegram tertentu pasti akan membagikan mengenai event airdrop ini

Akun Twitter

Pada Twitter biasanya akan dibagikan event airdrop ini melalui tweet, hashtag, maupun pencarian pada orang-orang yang biasanya membagikan event ini. Pastikan juga Anda mencari hashtag yang tepat jika ingin mencari event ini. Selain itu, Anda juga bisa melakukan riset tersendiri agar tidak termakan penipuan. 

Alamat Email

Biasanya perusahaan-perusahaan ynag sedang melakukan event airdrop crypto akan melakukan email marketing kepada para subscriber newsletter mereka. Mereka juga akan menyebarkan jika Anda merupakan salah satu nasabah dari platform atau broker tertentu.

Hal-Hal yang Harus Diwaspadai

Ada risiko terhadap airdrop, mereka dapat mencuri identitas Anda, mengumpulkan data pribadi, dan menunjukkan Anda sebagai target di masa depan. Terkadang airdrop palsu dipromosikan untuk mendapatkan basis pengguna untuk proyek yang sama sekali berbeda. Berikut adalah beberapa tips mudah untuk memastikan Anda tidak menjadi korban airdrop berbahaya:

  1. Jangan pernah membayar untuk berpartisipasi dalam airdrop
  2. Jangan pernah membagikan kunci pribadi Anda
  3. Lindungi identitas dan data Anda
  4. Hindari KYC airdrops jika memungkinkan

Dalam kebanyakan kasus Anda akan memerlukan alamat email. Sangat disarankan untuk membuat alamat email baru yang hanya akan Anda gunakan untuk airdrops.

Banyak proyek mengharuskan untuk membuat akun untuk platform mereka, selalu gunakan kata sandi yang berbeda. Yang terbaik adalah membuat alamat dompet baru sehingga Anda tidak mengungkapkan berapa banyak yang Anda pegang.

Banyak ICO dan Airdrop memiliki kebijakan KYC (Know Your Customer) karena undang-undang. Jika proyek meragukan (whitepaper yang ditulis dengan buruk, situs web yang buruk, tidak ada kasus penggunaan yang nyata, tidak ada tim pengembangan) maka yang harus Anda lakukan adalah dengan menghindarinya.

Setelah mengetahui mengenai Airdrop Crypto beserta keuntungan dan kerugian, cara untuk mendapatkannya, dan hal-hal yang harus diwaspadai, maka Anda bisa mengikuti event Airdrop yang sedang GIC adakan melalui Indodax. Untuk bisa mengikutinya, registrasikan diri Anda terlebih dahulu agar bisa maju pada langkah selanjutnya!

GIC

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami