Penyebab Anjloknya AUDUSD

Artikel ini terakhir di perbaharui May 3, 2021 by Akhmad Zico Fadlansyah
Penyebab Anjloknya AUDUSD

AUDUSD anjlok dan bergerak dibawah level 0,72000. Berikut antara lain penyebab AUDUSD anjlok:

  • Deputi Gubernur RBA Guy Debelle mengatakan pembelian obligasi dan intervensi valas sebagai opsi yang dapat diambil.
  • Sikap bank central AS yang dovish turut membebani Aussie
  • Ketegangan antara AS vs China mengenai laut China Selatan saat Amerika mendapat dukungan dari Prancis, Jerman, dan Inggris untuk menolak klaim Beijing atas Laut China Selatan di Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB). turut menyumbang pelemahan Aussie.

Berikut ini adalah data ekonomi yang akan di rilis Rabu 23 September 2020 :

  1. Rabu pagi pukul 7:30 lembaga survey market akan melaporkan (Flash Manufacturing PMI) aktivitas manufaktur Jepang untuk bulan September. USDJPY berpotensi bergerak naik bila data ini menunjukkan penurunan aktivitas manufaktur Jepang. Dengan artian Yen melemah jika data dirilis lebih rendah dari perkiraan.
  2. Selanjutnya fokus pasar akan tertuju pada keputusan suku bunga RBNZ jam 9:00 WIB, bila RBNZ memangkas suku bunganya maka NZDUSD berpotensi melemah. Jika mempertahankan suku bunga maka pergerakan akan sideways. EURUSD kembali akan mendapatkan sentimen penggerak dari data-data penting yang akan dimulai pukul 14:15 sampai dengan pukul 15:00 WIB.
  3. Data-data tersebut adalah laporan aktivitas manufaktur dari negara Perancis, Jerman dan kawasan Euro. Bila serangkaian data – data penting ini menunjukkan adanya angka aktual yang melebihi ekspektasi maka EURUSD berpeluang menguat.
  4. Pukul 15:30 WIB lembaga survei Market juga akan melaporkan aktivitas Manufaktur dan jasa di Inggris untuk periode September. Bila kedua data ini dirilis lebih rendah dari perkiraan maka GBPUSD berpotensi melemah.
    Malam hari AS melalui lembaga survei juga akan memberikan laporan terkini terkait aktivitas manufaktur dan Jasa di AS.
  5. Meningkatnya kasus covid 19 dan ketegangan hubungan diplomatik AS-China diperkirakan akan menekan sektor manufaktur dan jasa di AS dan hal ini berpeluang menopang kenaikan harga emas.
  6. Ketua Federal Reserve Jerome Powel kembali akan memberikan pernyataan pada pukul 21:00 WIB, bila dalam pidatonya Powell memberikan pernyataan yang hawkish maka harga emas berpeluang melemah.
  7. Seperti biasa setiap minggu Badan Energy Information Administration (EIA) Amerika Serikat akan melaporkan kondisi terbaru dari cadangan minyak mentah AS. Bila data ini dilaporkan alami penurunan maka harga minyak berpeluang menguat.

Daily Pick

23 sept grapik AUDUSD anjlok

Prediksi hari ini ada di pair GU (GBPUSD) di perkirakan akan melanjutkan penurunan nya, dan OP yg disarankan adalah SELL di level 1,27150 dengan target profit 10 – 20 point dan stop loss di 5-10 point. Tetap utamakan Money Management dan Risk Management.

Kunjungi GIC Indonesia untuk mendapatkan informasi seputar dunia trading. Anda juga bisa bergabung bersama kami di dalam Telegram Community GIC Trade dan Telegram Channel GIC Trade. Jangan lupa check akun Youtube GIC Indonesia yang penuh dengan banyak informasi, serta follow akun Instagram Kami untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai webinar menarik yang bisa Anda ikuti.

Desi Novitasari
Knowledge is like a garden, if not cultivated, it cannot be harvested.