Mata Uang Australia Kembali Tertekan

Artikel ini terakhir di perbaharui March 19, 2021 by Yahya Kus Handoyo
Mata Uang Australia Kembali Tertekan

Aussie kembali tertekan karena sentimen pasar goyah, AUD yang sensitif terhadap risiko telah kehilangan daya tarik pada hari Selasa. Antusiasme hari Senin tentang uji keberhasilan vaksin COVID-19 Moderna telah diimbangi oleh kekhawatiran tentang penerapan pembatasan yang lebih ketat karena jumlah infeksi dan kematian terus meningkat di AS dan Eropa.

Suasana pasar yang masam telah menyebabkan penurunan luas di pasar ekuitas. Indeks utama Eropa telah mengalami penurunan antara 0,45% dan 0,85% sementara di Wall Street, Indeks Dow Jones diperdagangkan 0,45% lebih rendah, dengan Indeks S&P 0,2% turun dan Indeks Nasdaq diperdagangkan secara praktis datar.

Dari sudut pandang teknis, mata uang Aussie tetap diperdagangkan dalam tren naik jangka pendek sementara di atas garis tren dari posisi terendah 2 November lalu

Market Review hari ini antara lain :

  1. Harga emas berpeluang untuk di beli dalam jangka pendek di tengah outlook pelemahan dolar AS dan indeks saham karena kekhawatiran tingginya kasus virus korona serta pernyataan yang pesimis dari Fed Powell yang sinyalkan bahwa program kredit darurat yang bertujuan untuk mengatasi pelemahan ekonomi dari pandemi harus dilanjutkan. Selanjutnya fokus hari ini akan tertuju ke data ekonomi AS seperti Building Permits dan Housing Starts yang dirilis pukul 20:30 WIB.
  2. Harga minyak berpotensi untuk di jual di tengah kekhawatiran akan melambatnya permintaan bahan bakar dibalik masih tingginya kasus virus korona serta meningkatnya cadangan minyak mentah AS dalam laporan American Peteroleum Institute (API) semalam. Fokus pasar hari ini akan tertuju ke data cadangan minyak mentah AS dari Energy Information Administration (EIA) pukul 22:30 WIB.
  3. EURUSD berpeluang di beli dalam jangka pendek di tengah outlook pelemahan dolar AS karena tingginya kasus virus korona, masih panasnya tensi politik di AS serta pernyataan yang cenderung dovish dari Fed Powell. Fokus pasar pada hari ini akan tertuju ke data Final CPI zona Euro yang akan dirilis pukul 17:00 WIB.
  4. GBPUSD juga berpeluang di beli dalam jangka pendek karena outlook pelemahan dolar AS serta munculnya spekulasi di pasar bahwa kesepakatan Brexit dapat dicapai pada awal pekan depan. Fokus pasar hari ini akan tertuju ke data CPI dan HPI Inggris yang dirilis pukul 14:00 WIB dan 16:30 WIB dan pidato kepala ekonom Bank of England Andy Haldane pukul 17:30 WIB.

Utk prediksi hari ini ada di pair GOLD, dan di perkirakan akan melanjutkan penurunan nya, dan OP yg disarankan adalah SELL di level 1873.

DAILY PICK

DAILY PICK 18-november

  • TP 1 = 1868 (5 point)
  • TP 2 = 1863 (10 point)
  • SL 1 = 1876 (3 point)
  • SL 2 = 1878 (5 point)

Tetap utamakan Money Management dan Risk Management.

Kunjungi GIC Indonesia untuk mendapatkan informasi seputar dunia trading. Anda juga bisa bergabung bersama kami di dalam Telegram Community GIC Trade dan Telegram Channel GIC Trade. Jangan lupa check akun Youtube GIC Indonesia yang penuh dengan banyak informasi, serta follow akun Instagram Kami untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai webinar menarik yang bisa Anda ikuti.

Desi Novitasari
Knowledge is like a garden, if not cultivated, it cannot be harvested.