Emas Dunia Beringsut Lebih Rendah, Menyebabkan Lonjakan Inflasi Berujung Resesi

Artikel ini terakhir di perbaharui October 12, 2022 by Akhmad Zico Fadlansyah
Emas Dunia Beringsut Lebih Rendah, Menyebabkan Lonjakan Inflasi Berujung Resesi
Harga Emas Dunia Merosot Hari Ini

Harga emas dunia beringsut lebih rendah pada hari Rabu karena para traders menantikan risalah atau keputusan dari Federal Reserve AS dan data inflasi utama untuk petunjuk tentang laju kenaikan suku bunga di masa depan. Untuk itu, Federal Open Market Committee (FOMC) akan mengeluarkan risalah pertemuan 20-21 September pada pukul 18:00 GMT di kemudian hari. Pembacaan inflasi AS akan dirilis pada hari Kamis dan dapat memperkuat ekspektasi kenaikan suku bunga besar lainnya pada pertemuan November.

Presiden Federal Reserve Bank of Cleveland Loretta Mester mengatakan pada hari Selasa kemarin bahwa, bahkan dengan sejumlah besar kenaikan suku bunga tahun ini, bank sentral belum bisa mengendalikan lonjakan inflasi dan perlu terus maju dengan pengetatan kebijakan moneter yang ada. Sementara emas dianggap sebagai lindung nilai terhadap keadaan inflasi dan ketidakpastian ekonomi. Dengan adanya kenaikan suku bunga ini, keadaan tersebut bisa mengurangi daya tarik aset, yang tidak membayar bunga.

harga emas dunia

Harga Emas Dunia Merosot Hari Ini

Spot gold mengalami penurunan sebesar 0,1% menjadi $1,663.60 per ounce, pada 0055 GMT, yang mengakibatkan harga tersebut melayang mendekati level terendah selama satu minggu yang disentuh pada hari Selasa kemarin. Sedangkan untuk Emas berjangka AS turun sebesar 0,8% pada $1,673,30. Sedangkan untuk Spot silver turun 0,6% menjadi $19,08 per ounce, platinum naik 0,3% menjadi $888,37 dan paladium turun 0,5% menjadi $2,129,99. Untuk Indeks dolar dan benchmark imbal hasil Treasury AS dalam 10-tahun terakhir sedang stabil di awal jam Asia.

harga emas dunia

Dilansir dari Reuters, Dana Moneter Internasional memperingatkan pada hari Selasa lalu bahwa, tekanan yang bertabrakan dari inflasi, energi yang didorong oleh perang, serta krisis pangan dan suku bunga yang lebih tinggi secara tajam akan mendorong dunia ke jurang resesi yang akan terjadi. Dengan adanya hal tersebut, Peru berencana untuk meresmikan penambang emas dengan skala kecil. Menteri pertambangan Alessandra Herrera mengatakan pada hari Selasa lalu, bahwa di tengah meningkatnya tekanan internasional ini, penambangan emas dengan skala kecil tersebut ditujukan untuk lebih menjelaskan lagi mengenai rantai pasokan logam mulia di produsen utama Amerika Selatan.

Selain, berita Harga emas dunia ini berita lainnya bisa di baca di kanal Berita di Jurnal GIC. Anda akan mendapatkan briefing mengenai setiap harga maupun keadaan pasar global dan dunia ekonomi yang terjadi saat ini. Selain itu, Anda juga dapat melakukan registrasi di GIC untuk bisa trading dengan modal kecil mulai dari Rp 150.000 saja!

harga emas dunia

reg

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami