Harapan Stimulus Berhembus & Emas Kembali Bangkit

Artikel ini terakhir di perbaharui May 5, 2021 by Akhmad Zico Fadlansyah
Harapan Stimulus Berhembus & Emas Kembali Bangkit

Harga emas bergerak lebih tinggi pada hari Jumat (9/10), didukung oleh pelemahan dolar AS dan optimisme akan paket bantuan virus korona di AS setelah Presiden Donald Trump mengatakan pembicaraan dengan Kongres telah dimulai kembali.

Harga emas spot pukul 9:32 WIB terlihat menguat 0,7% di level $1907,06. Sementara itu Indeks dolar AS berada di jalur untuk penurunan mingguan kedua beruntun. Dalam sebuah wawancara, Trump mengatakan bahwa ada peluang yang bagus mengenai kesepakatan bantuan Covid-19 yang dapat dicapai, namun dia tidak memberikan rincian lainnya tentang kemungkinan kesepakatan tersebut.

Sementara itu ketua DPR AS Nancy Pelosi mengatakan bahwa undang-undang untuk membantu perusahaan maskapai penerbangan untuk bertahan dari dampak pandemi yang hanya dapat dilakukan melalui Kongres dengan jaminan bahwa Rancangan Undang-undang yang komprehensif juga akan dikembangkan.

Harga emas cenderung akan mendapatkan keuntungan dari langkah-langkah stimulus karena dipandang sebagai aset lindung nilai terhadap inflasi dan pelemahan mata uang.

Market review serta Data ekonomi yang akan di rilis hari ini adalah :

  1. Harga emas berpeluang untuk menguat dalam jangka pendek di tengah outlook pelemahan dolar AS setelah semalam data tenaga kerja AS dirilis pesimis, serta kembali munculnya harapan pasar akan adanya stimulus lanjutan di AS setelah Presiden Trump mendorong untuk disetujuinya RUU stimulus yang lebih besar dari yang ditargetkan untuk meredam pelemahan ekonomi yang disebabkan oleh virus korona.
  2. Harga minyak berpeluang untuk bergerak naik dalam jangka pendek di tengah outlook terganggunya suplai karena ancaman badai Delta di Teluk Meksiko serta meluasnya aksi mogok para pekerja minyak di Norwegia. Sentimen lain yang dapat memicu kenaikan adalah pernyataan optimis dari Sekjen OPEC Mohammad Barkindo yang mengatakan bahwa kondisi terburuk pasar minyak telah berakhir. Fokus pasar hari ini akan tertuju ke data aktivitas rig AS yang dilaporkan oleh Baker Hughes pukul 24:00 WIB.
  3. EURUSD berpeluang menguat jangka pendek jika dominannya sentimen pelemahan dolar AS. Namun, pasar harus waspadai kenaikan kasus Covid-19 di beberapa negara Eropa dan melambatnya ekonomi Jerman serta outlook pelonggaran moneter lanjutan dari bank sentral Eropa seperti yang dilaporkan dalam hasil notula rapat mereka. Fokus hari ini tertuju ke data produksi industri Perancis dan Italia yang dirilis pukul 13:45 WIB dan 15:00 WIB.
  4. GBPUSD juga berpeluang menguat dalam jangka pendek seiring kembali munculnya harapan akan adanya progres dalam negosiasi Brexit serta outlook melemahnya dolar AS. Fokus hari ini akan tertuju ke sejumlah data ekonomi Inggris yang dilaporkan pukul 13:00 WIB seperti GDP, Goods Trade Balance dan Manufacturing Production.

Daily Pick

grapik 9 okt Stimulus Emas Kembali Bangkit

Prediksi hari ini ada di pair EU (EURUSD) di perkirakan akan melanjutkan kenaikan nya, dan OP yg disarankan adalah BUY di level 1,17800 dengan target profit 10 – 20 point dan stop loss di 5-10 point.

  • Buy 1,17800
  • TP 1 = 1.1790 (10 point)
  • TP 2 = 1.1800 (20 point)
  • SL 1 = 1.1775 (5 point)
  • SL 2 = 1.1770 (10 point)

Tetap utamakan Money Management dan Risk Management.

Kunjungi GIC Indonesia untuk mendapatkan informasi seputar dunia trading. Anda juga bisa bergabung bersama kami di dalam Telegram Community GIC Trade dan Telegram Channel GIC Trade. Jangan lupa check akun Youtube GIC Indonesia yang penuh dengan banyak informasi, serta follow akun Instagram Kami untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai webinar menarik yang bisa Anda ikuti.

Desi Novitasari
Knowledge is like a garden, if not cultivated, it cannot be harvested.