Emas Stabil, Investor Cari Data Inflasi AS

Artikel ini terakhir di perbaharui October 14, 2021 by Rinaldi Syahran
Emas Stabil, Investor Cari Data Inflasi AS

Emas stabil pada hari Rabu, didukung oleh sedikit kemunduran dollar dan imbal hasil Treasury AS. Dikarenakan investor menunggu data inflasi AS untuk mengukur jalur Federal Reserve pada kebijakan normalisasi

Spot gold naik 0.1% menjadi $1.762,00 per ounce pada 0654 GMT, sementara emas berjangka pada AS naik 0.2% pada $1,762.50. Untuk indeks dollar, turun dengan 0.2% setelah mencapai level tertinggi lebih dari satu tahun di sesi sebelumnya.

Patokan imbal hasil Treasury AS selama 10 tahun turun dari level tertinggi lebih dari empat bulan pada hari Selasa. “Kami akan mendapatkan data CPI AS dan risalah penting dari pertemua FOMC September. Jadi saya pikir masih ada kapasitas di sana bagi emas untuk mendapatkan katalis setelah periode konsolidasi ini” Kata ahli strategi mata uang DailyFX, Ilya Spivax.

“Jika CPI tercatat menjadi lebih panas, maka kita mungkin dapat melihat ekspektasi bahwa Fed perlu bergerak lebih cepat dalam menaikkan rate”

Data inflasi harga konsumen AS akan dirilis pada 1230 GMT, sedangkan hasil untuk pertemuan FED pada 21-22 September akan dirilis pada 1800 GMT.

Tiga pembuat kebijakan FED mengatakan pada hari Selasa bahwa ekonomi telah cukup pulih bagi bank sentral untuk mulai menarik dukungan pada era kritisnya. Untuk memperkuat ekspektasi, FED akan mulai menajam pada bulan depan. Sementara itu, pasar uang sedang menunggu kenaikan suku bunga yang agresif dikarenakan tekanan inflasi yang meningkat secara global.

Pengurangan stimulus bank sentral dan kenaikan suku bunga cenderung mendorong imbal hasil obligasi pemerintah naik, yang diartikan menjadi biaya peluang yang lebih tinggi untuk emas agar tidak membayar bunga. Ada juga peningkatan penghindaran risiko menjelang musim pendapatan AS, oleh Jeffrey Halley, sebagai analisis senior untuk Asia Pasifik di OANDA, mengatakannya pada sebuah catatan.

Ancaman taper FED akan membatasi reli emas dan bias masih mengarah ke sisi bawah dalam beberapa minggu mendatang, kata Jeffrey Halley.

Spot silver naik pada 0.6% menjadi $22,67 per ounce, platinum turun 0.1% menjadi $1,006,70 dan paladium naik 0.2% menjadi $2,048.62.

Artikel berita ini berdasarkan data inflasi harga konsumen AS yang akan dirilis pada 1230 GMT, dan juga dollar yang turun dari level tertinggi lebih dari satu tahun (memperbarui harga)

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.