Dianggap Safe Haven, Investor Borong Dollar AS

Artikel ini terakhir di perbaharui May 25, 2021 by Akhmad Zico Fadlansyah
Dianggap Safe Haven, Investor Borong Dollar AS

Kekhawatiran investor terhadap kemungkinan terjadinya gelombang kedua virus Corona di Eropa cukup beralasan. Laporan terbaru dari otoritas terkait mengungkapkan kasus Corona di Spanyol meningkat 14,389 kasus pada hari Jumat pekan lalu, diikuti oleh Perancis dengan lonjakan sebesar 13,498 kasus pada hari Sabtu.

Angka angka ini melampaui rekor harian yang terjadi pada bulan Maret lalu. Kondisi ini sekaligus menegaskan bahwa ketakutan pelaku pasar selama ini terhadap kemungkinan bangkit-nya pandemi saat memasuki musim dingin semakin terbukti. Pelaku pasar berbondong-bondong membeli Dollar AS sebagai safe haven.

Dengan mempertimbangkan kembali dampak kerugian ekonomi yang akan terjadi yang dipicu oleh lonjakan kasus COVID-19, maka beberapa analis memprediksi Euro, Sterling dan trio mata uang komoditas (AUD,CAD dan NZD) akan melemah lebih jauh.

  1. Hari Selasa ini, pasar Jepang libur memperingati hari pertama musim gugur. pukul 13:00 WIB Badan Statistik Nasional Inggris akan melaporkan pinjaman bersih sektor publik untuk periode Agustus, bila data ini dilaporkan lebih rendah dari proyeksi berarti menunjukan defisit anggaran berkurang sehingga GBPUSD berpotensi menguat.
  2. Selasa sore pukul 17:00 WIB Confederation of British Industry (CBI) akan merilis data pesanan industri untuk bulan September, bila data ini menunjukkan aktivitas yang melambat pada sektor bisnis di Inggris maka ini berpotensi menekan turun GBPUSD.
  3. Malam hari pukul 21:00 lembaga National Association of Realtors AS akan merilis data penjualan rumah di AS untuk periode Agustus, Laporan ini mengukur kekuatan pasar perumahan AS dan merupakan indikator utama dari kekuatan ekonomi secara keseluruhan. Bila data dirilis lebih rendah dari perkiraan maka harga emas berpotensi menguat.
  4. Pukul 21:30 WIB Federal Reserve Chair Jerome Powell akan kembali memberikan pernyataannya terkait situasi dan kondisi terkini tentang ekonomi, bila Powell berikan pernyataan yang dovish harga emas berpotensi menguat.

Daily Pick

Dollar AS Safe Haven

Prediksi hari ini ada di pair AU (AUDUSD) di perkirakan akan menurun, dan OP yg disarankan adalah SELL di level 0,71900. Dengan target profit 10 – 20 point dan stop loss di 5-10 point. Tetap utamakan Money Management dan Risk Management.

Kunjungi GIC Indonesia untuk mendapatkan informasi seputar dunia trading. Anda juga bisa bergabung bersama kami di dalam Telegram Community GIC Trade dan Telegram Channel GIC Trade. Jangan lupa check akun Youtube GIC Indonesia yang penuh dengan banyak informasi, serta follow akun Instagram Kami untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai webinar menarik yang bisa Anda ikuti.

Desi Novitasari
Knowledge is like a garden, if not cultivated, it cannot be harvested.