Batubara China Merosot, Pemerintah Bersihkan Tempat Ilegal

Artikel ini terakhir di perbaharui October 27, 2021 by Rinaldi Syahran
Batubara China Merosot, Pemerintah Bersihkan Tempat Ilegal
Sumber Foto: surasak.ch via freepick

Batubara termal berjangka China merosot ke level terendah dalam lebih dari sebulan pada hari Rabu, menandai penurunan hari keenam berturut-turut setelah perencana negara itu mengatakan akan melakukan pekerjaan “pembersihan dan perbaikan” di lokasi penyimpanan batubara.

Kontrak batubara termal yang paling banyak diperdagangkan di Zhengzhou Commodity Exchange turun 10%, mencapai batas perdagangan hariannya pada Rabu pagi, dan turun sekitar 40% dari rekor tertinggi yang dicapai minggu lalu karena kekurangan pasokan batubara.

Harga komoditas lainnya mengikuti sebagian besar yang diperdagangkan di zona merah pada Rabu pagi. Batubara kokas dan kokas berjangka juga mencapai batasnya sebesar 9%, sementara bahan bakar gas cair turun 4.8%

Petrokimia seperti methanol dan ethylene glycol masing-masing turun 6.9% dan 4.3%, sedangkan urea yang menggunakan batu bara sebagai bahan baku turun 3.8%

China, produsen dan konsumen batu bara terbesar di dunia, telah bergulat dengan krisis listrik. Tenaga batu bara menyumbang sekitar 60% dari total pembangkit listrik negara, yang menyebabkan penjatahan listrik untuk industri di banyak wilayah dan menghambat pertumbuhan ekonomi terbesar kedua di dunia.

Beijing telah mengambil sejumlah langkah untuk meningkatkan pasokan batu bara dan listrik, termasuk menyetujui tambang batu bara baru dan mengizinkan perusahaan listrik menaikkan harga untuk pelanggan. Dalam langkah terbarunya, perencana negara China mengatakan akan melakukan pekerjaan “pembersihan dan perbaikan” di lokasi penyimpanan batu bara di beberapa daerah penghasil batu bara dan melarang situs penyimpanan tanpa persetujuan dalam langkah terbarunya untuk mengatasi harga batu bara yang meroket.

Komisi Pembangunan dan Reformasi (NDRC) mengatakan dalam sebuah pernyataan Selasa malam bahwa ada banyak situs penyimpanan batu bara tanpa izin di sekitar tambang pada daerah produksi utama Shanxi, Shaanxi, dan Mongolia Dalam, “Membuat nyaman bagi pedagang ilegal untuk menimbun batu bara” dan “sangat mengganggu” operasi pasar.

Selain meningkatkan investigasi dan memperkuat pengawasan, ketiga area tersebut juga perlu membangun sistem pelaporan untuk lokasi penyimpanan batu bara yang legal dan sesuai. Serta melarang mereka yang tidak memiliki persetujuan, kata NDRC.

Mereka juga harus menindak aktivitas ilegal yang menghasilkan keuntungan seperti menimbun dan menaikkan harga batu bara dengan menggunakan situs penyimpanan batu bara ilegal, pada pernyataan itu.

Dalam upaya untuk meredakan krisis pasokan, China telah mendorong penambang batu bara untuk meningkatkan produksi dan meningkatkan impor sehingga pembangkit listrik dapat membangun kembali persediaan sebelum musim pemanasan musim dingin, tetapi analis mengatakan kekurangan kemungkinan akan bertahan setidaknya selama beberapa bulan lagi.

Harga rata-rata batu bara untuk tahun depan diperkirakan turun menjadi 700 yuan dari 912 yuan pada 2021, kata Morgan Stanley dalam sebuah catatan penelitian kepada klien pada hari Selasa.

“Kami menyoroti risiko harga jual rata-rata yang mengecewakan bagi penambang batu bara di balik intervensi pemerintah” Katanya. “Dalam waktu dekat, kami melihat langkah-langkah kebijakan meningkatkan intensif bagi produsen untuk mendorong produksi batu bara lebih tinggi untuk musim puncak musim dingin” Tambahnya, menambahkan bahwa permintaan yang moderat akan semakin mempersempit kesenjangan pasokan-permintaan.

Keuntungan di perusahaan industri China naik pada kecepatan yang lebih cepat pada bulan September meskipun harga melonjak dan hambatan pasokan, terutama karena pertumbuhan bintang di industri pertambangan dan bahan baku, meskipun keuntungan perusahaan listrik diperas karena mereka berjuang untuk melepaskan biaya tinggi batu bara.

Demikian berita tentang “Batubara China Merosot, Pemerintah Bersihkan Tempat Ilegal” dari GICTrade. Baca juga artikel dan informasi mengenai komoditas dan forex lainnya di Jurnal GIC. Ikuti dan dapatkan juga bonus GICT dari jumat barokah dan 100% deposit bonus.

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.