Aussie Menguat Terhadap Dollar AS

Artikel ini terakhir di perbaharui March 19, 2021 by Yahya Kus Handoyo
Aussie Menguat Terhadap Dollar AS

Hasil meeting RBA bulan November yang dirilis pada Selasa pagi (17/November) mengungkapkan bahwa bank sentral Australia tersebut siap memberikan lebih banyak stimulus jika diperlukan setelah memangkas suku bunga acuan ke rekor terendah. Dalam statement-nya, RBA mencatat bahwa suku bunga sudah sangat rendah dan tidak mungkin untuk mengubahnya menjadi negatif.

Dengan kata lain bank central Australia akan mengucurkan paket stimulus kembali. Penguatan Aussie juga di topang oleh Penguatan Dolar Australia kali ini didorong oleh minat risiko yang naik menyusul kabar keberhasilan Moderna Inc dalam uji coba vaksin COVID-19 dengan efektivitas hingga 94.5 persen.

Persentase tersebut lebih tinggi dari pencapaian uji coba vaksin oleh Pfizer yang menghebohkan pada pekan lalu. Kabar positif ini pun menumbuhkan optimisme pelaku pasar dalam upaya mengakhiri pandemi yang selama ini menekan perekonomian global.

Market Review hari ini antara lain :

  1. Harga emas berpeluang masih di beli dalam jangka pendek oleh para pelaku pasar di tengah masih berlangsungnya sentimen tingginya kasus Covid-19 serta sedang melemahnya dolar AS meskipun ada kabar baik mengenai perkembangan vaksin. Fokus hari ini akan tertuju ke data ekonomi AS seperti penjualan retail pukul 20:30 WIB dan produksi industri pukul 21:15 WIB.
  2. Harga minyak berpeluang di beli dalam jangka pendek karena sentimen melemahnya dolar AS dan harapan terhadap vaksin yang dapat memicu pemulihan permintaan. Selanjutnya pada hari ini pasar akan menantikan hasil pertemuan komite menteri OPEC untuk mengetahui rekomendasi mereka terhadap perjanjian pembatasan produksi menjelang pertemuan OPEC+ di akhir bulan ini.
  3. EURUSD berpeluang di beli jika dominannya sentimen pelemahan dolar AS serta adanya progres dalam negosiasi Brexit.
  4. GBPUSD juga berpeluang di beli dalam jangka pendek dibalik sentimen pelemahan dolar AS serta pasar yang melihat adanya progres dalam negosiasi Brexit setelah menteri yang pro Brexit, Dominic Cummings, akan mengundurkan diri.
  5. AUDUSD juga berpeluang di beli dalam jangka pendek setelah bank sentral Australia dalam perilisan notula rapatnya pagi ini menegaskan bahwa mereka tidak akan membuat kebijakan suku bunga negatif dan lebih cenderung untuk melakukan pembelian obligasi jika diperlukan untuk menopang ekonomi.

Daily Pick

AUSSIE MENGUAT VS DOLLAR AS

Prediksi hari ini ada di pair GU (GBPUSD) di perkirakan masih akan melanjutkan kenaikannya, dan OP yg disarankan adalah BUY di level 1,32350

  • TP 1 = 1,32450 (10 point)
  • TP 2 = 1,32550 (20 point)
  • SL 1 = 1,32300 (5 point)
  • SL 2 = 1,32250 (10 point)

Tetap utamakan Money Management dan Risk Management.

Kunjungi GIC Indonesia untuk mendapatkan informasi seputar dunia trading. Anda juga bisa bergabung bersama kami di dalam Telegram Community GIC Trade dan Telegram Channel GIC Trade. Jangan lupa check akun Youtube GIC Indonesia yang penuh dengan banyak informasi, serta follow akun Instagram Kami untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai webinar menarik yang bisa Anda ikuti.

Desi Novitasari
Knowledge is like a garden, if not cultivated, it cannot be harvested.