Spot Trading Adalah : Definisi, Kelebihan dan Perbedaan Dengan Trading Lainnya

Artikel ini terakhir di perbaharui October 4, 2022 by suharyani
Spot Trading Adalah : Definisi, Kelebihan dan Perbedaan Dengan Trading Lainnya

Spot trading adalah saat pedagang buy sebuah instrumen keuangan, komoditas ataupun mata uang asing pada tanggal tertentu. Baca lebih lanjut tentang spot trading dibawah ini !

Spot Trading Adalah?

Spot trading adalah saat pedagang membeli atau menjual instrumen keuangan, komoditas, atau mata uang asing pada tanggal tertentu (tanggal spot). Spot trading dikenal juga sebagai transaksi spot. Kontrak spot seringkali melibatkan pengiriman fisik mata uang atau komoditas. Perdagangan spot memperhitungkan nilai waktu dari harga saham yang dibayarkan yang bergantung pada jatuh tempo dan tingkat suku bunga. Dalam transaksi valuta asing spot, kurs dimana perubahan terjadi disebut kurs spot. Anda dapat membandingkan perdagangan berjangka atau forward dengan perdagangan spot.

spot trading adalah

Apa itu Spot Market dalam Crypto?

Spot Market dalam cryptocurrency adalah platform, terutama tersedia di bursa, di mana Anda dapat melakukan perdagangan waktu nyata dengan pengguna lain. Transaksi diselesaikan secara efisien dan pesanan dipenuhi tepat waktu. Sebagai pembeli, Anda dapat memperdagangkan banyak mata uang dalam pasangan tertentu (seperti BTC, ETH, BNB, atau bahkan FIAT ). 

Selain itu, pasar spot ini memiliki tiga komponen utama: penjual, pembeli, dan buku pesanan. Pasar spot ada dalam berbagai bentuk, seperti perdagangan over-the-counter (OTC) dan pertukaran pihak ketiga. Terutama. perdagangan over-the-counter hanya melibatkan penjual dan pembeli tanpa campur tangan dari broker. Sebaliknya, pertukaran pihak ketiga bekerja sebagai perantara atau perantara antara penjual dan pembeli. 

Valuta Asing Adalah : Definisi, Fungsi Pasar dan Jenis

Perbedaan Spot Trading dengan Jenis Trading Lainnya

Perbedaan dari spot trading adalah dengan jenis tradingnya dapat anda lihat dibawah ini :

Contoh Futures Trading

Contoh dari futures trading yaitu jika seseorang ingin membeli kontrak berjangka minyak mentah September.

Jadi mereka membuat kontrak berjangka bahwa mereka akan membeli 200 barel minyak dari harga yang disepakati pada akhir September berapa pun harga pasar saat itu.

Penjual juga setuju untuk menjual 200 barel minyak itu dengan harga yang disepakati.

Sekarang pembeli dan penjual wajib membeli atau menjual 200 barel minyak ini kecuali mereka berdagang dengan pembeli atau penjual lain.

Pedagang juga dapat membeli saham berjangka, dana indeks, pertukaran mata uang asing, dll. 

Volatilitas adalah : Pengertian, Jenis dan Contoh Kasus

Contoh Options Trading

Sebagai contoh, mari kita asumsikan strike price dari call option saham SBI adalah Rs. 200 yang memiliki masa kadaluarsa tiga bulan. Harga saham saat ini adalah Rp. 165. Menurut kontrak opsi, Anda dapat membeli saham SBI kapan saja dalam waktu tiga bulan dengan harga kesepakatan Rs. 200. 

Jika pada suatu titik waktu tertentu selama periode kedaluwarsa jika harga kesepakatan naik di atas Rs. 200 Anda dapat mengeksekusi opsi panggilan Anda dan membeli saham di Rs. 200 saja. Dengan cara ini Anda dapat menghasilkan keuntungan karena opsi panggilan berada di bawah in-the-money.

Demikian pula, nilai opsi panggilan meningkat ketika harga saat ini lebih dekat dengan harga kesepakatan. Misalnya, saham yang disebutkan di atas yang memiliki harga Rs165. Nilai opsi dengan harga strike Rs. 185 akan lebih tinggi dari opsi dengan harga kesepakatan Rs. 200. Hal ini karena probabilitas harga saham menjadi Rs. 185 lebih tinggi dari Rs. 200. 

Contoh Margin Trading

Katakanlah seorang investor ingin membeli 200 saham perusahaan yang saat ini diperdagangkan seharga $30 per saham, tetapi dia hanya memiliki $3.000 di akun pialangnya. Dia memutuskan untuk menggunakan uang tunai itu untuk membayar setengah (100 saham) dan dia membeli 100 saham lainnya dengan margin dengan meminjam $3.000 dari perusahaan pialangnya, dengan total investasi awal $6.000. 

Sekarang katakanlah harga saham naik 33% menjadi $40. Itu berarti nilai investasi awalnya sebesar $6.000 tumbuh menjadi sekitar $8.000. Meskipun dia harus mengembalikan uang pinjamannya, dia harus mempertahankan keuntungan yang telah dia capai. Dalam kasus ini, setelah dia mengembalikan $3.000, dia memiliki $5.000 — laba $2.000. Seandainya dia hanya menginvestasikan $3.000 dalam bentuk tunai, keuntungannya akan menjadi sekitar $1.000.

Dengan berdagang dengan margin, investor menggandakan keuntungannya dengan jumlah uang tunai yang sama. 

Namun, tidak setiap investasi adalah pemenang. Dalam skenario kerugian, saham terpukul dan harga saham turun dari $30 menjadi $20. Nilai investasinya turun dari $6.000 menjadi $4.000, dan setelah dia melunasi pinjamannya, dia hanya memiliki $1.000 — kerugian $2.000. Seandainya dia berinvestasi hanya dengan uang tunainya, kerugiannya hanya akan menjadi setengahnya, yaitu $1.000.

Lalu jika harga saham naik lebih jauh ke, katakanlah, $10 per saham? Total investasi sekarang hanya bernilai $2.000, tetapi investor membutuhkan $3.000 untuk melunasi pinjaman. Bahkan setelah dia menjual sisa saham untuk membayar pinjaman, dia masih berutang tambahan $1.000. Itu berarti kerugian total $4,000 (investasi awalnya $3,000 ditambah tambahan $1,000 untuk memenuhi persyaratan pinjaman).

Anda membacanya dengan benar. Saat menggunakan leverage, kemungkinan kerugian lebih besar dari investasi awal Anda.

4 Cara Membeli NFT yang Bisa Dilakukan dengan Mudah

Perbedaan Futures Contract vs Spot Trading adalah

Futures adalah kontrak derivatif untuk membeli atau menjual aset di masa depan dengan harga yang disepakati.

Aset itu mungkin kedelai, kopi, minyak, saham individu, dana yang diperdagangkan di bursa, cryptocurrency, atau berbagai lainnya. Kontrak berjangka dapat digunakan oleh banyak jenis pemain keuangan, termasuk investor dan spekulan, serta perusahaan yang benar-benar ingin mengambil pengiriman fisik komoditas atau memasoknya. Minyak , misalnya, adalah komoditas yang dapat diperdagangkan dalam kontrak berjangka.

Perbedaan utama antara harga spot dan harga berjangka adalah bahwa harga spot adalah untuk pembelian dan penjualan segera, sementara kontrak berjangka menunda pembayaran dan pengiriman ke tanggal yang telah ditentukan di masa depan.

Harga spot biasanya di bawah harga futures. Situasi ini dikenal sebagai contango. Contango cukup umum untuk barang-barang yang tidak mudah rusak dengan biaya penyimpanan yang signifikan.

Di sisi lain, ada backwardation , yaitu situasi ketika harga spot melebihi harga futures.

Dalam kedua situasi tersebut, harga berjangka diharapkan pada akhirnya akan bertemu dengan harga pasar saat ini.

Perbedaan Options vs Spot Trading

Perdagangan opsi bisa tampak lebih rumit dari itu. Jika Anda mencari definisi perdagangan opsi sederhana, seperti ini :

Perdagangan opsi adalah perdagangan instrumen yang memberi Anda hak untuk membeli atau menjual sekuritas tertentu pada tanggal tertentu dengan harga tertentu.

Opsi adalah kontrak yang terkait dengan aset dasar, misalnya saham atau sekuritas lain. Kontrak opsi bagus untuk jangka waktu tertentu, yang bisa sesingkat satu hari atau selama beberapa tahun.

Saat Anda membeli opsi, Anda memiliki hak untuk memperdagangkan aset dasar tetapi Anda tidak berkewajiban untuk itu. Jika Anda memutuskan untuk melakukannya, itu disebut menjalankan opsi.

Jika Anda seorang investor DIY yang menyelami opsi dengan akun mandiri , Anda memegang kendali penuh atas keputusan dan transaksi perdagangan Anda. Tapi itu tidak berarti Anda juga sendirian.

Banyak komunitas menyatukan para pedagang untuk mendiskusikan hal-hal seperti prospek pasar saat ini dan strategi perdagangan opsi.

Belajar Cara Transaksi Buy dan Sell di Forex

Perbedaan Spot Trading vs Margin Trading

Perdagangan margin, atau “membeli dengan margin,” berarti meminjam uang dari perusahaan pialang Anda, dan menggunakan uang itu untuk membeli saham. Sederhananya, Anda mengambil pinjaman, membeli saham dengan uang yang dipinjamkan, dan membayar kembali pinjaman itu — biasanya dengan bunga — di kemudian hari.

Membeli dengan margin memiliki beberapa daya tarik yang serius dibandingkan dengan menggunakan uang tunai, tetapi penting untuk dipahami bahwa dengan potensi pengembalian yang lebih tinggi, ada juga risiko yang lebih besar. Perdagangan margin adalah bentuk leverage, yang digunakan investor untuk memperbesar keuntungan mereka. Namun, jika investasi tidak berjalan sesuai rencana, berarti kerugian juga bisa membesar.

Manfaat Perdagangan Spot

Perdagangan spot menawarkan berbagai keuntungan bagi penjual dan pembeli. Beberapa di antaranya mungkin melibatkan:

  1. Perdagangan spot memberi Anda fasilitas negosiasi. Baik pembeli dan penjual dapat menegosiasikan harga untuk menguntungkan diri mereka sendiri. Proses negosiasi ini menawarkan keuntungan yang adil dan setara yang menjadikannya salah satu pasar paling menguntungkan dalam perdagangan cryptocurrency.
  2. Prospek menghasilkan keuntungan relatif lebih tinggi dalam perdagangan spot. Ini memungkinkan pedagang untuk membeli dan menjual koin secara bersamaan. 
  3. Pasar spot membuka gerbang ke perdagangan hari di mana Anda dapat membeli dan menjual token kripto Anda dengan cepat untuk menghasilkan keuntungan kecil.
  4. Sebagai salah satu pasar perdagangan yang menguntungkan, perdagangan spot memfasilitasi pembelian token dengan harga rendah untuk menjualnya dengan harga lebih tinggi, memastikan proses menghasilkan keuntungan yang seimbang.
  5. Karena perdagangan spot melibatkan transaksi di tempat, ini memastikan transparansi. 
  6. Di pasar spot, tidak ada penghalang untuk masuk. Trader dengan investasi kecil juga dapat memanfaatkan fluktuasi harga yang tinggi. 
  7. Di pasar spot, token kripto dapat dengan mudah diperdagangkan satu sama lain dan FIAT, memungkinkan pedagang untuk melakukan transaksi instan. 

 

Bebas Pilih Instrumen Trading dengan GIC 

Anda dapat merasakan pengalaman trading dengan bebas memilih instrumen favorit anda. GIC merupakan platform yang menyatukan para broker transparan yang membuat anda aman bertarding. Anda juga dapat trading forex dengan modal sangat murah dengan kemungkinan cuan ! 

Dapat registrasi sekarang untuk merasakan bertrading dengan GIC !

GIC

suharyani
"Writing is easy. All you do is stare at a blank sheet of paper until drops of blood form on your forehead.” – Gene Fowler. Ani is a content and copywriter who really loves her job and very interested in the digital marketing field especially Social Media and SEO.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami