P2P Lending: Cara Kerja, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya

Artikel ini terakhir di perbaharui September 29, 2022 by Wachda Mihmii
P2P Lending: Cara Kerja, Jenis, Kelebihan, dan Kekurangannya
Sekilas Tentang P2P Lending

P2P Lending adalah sistem online di mana investor individu mendanai pinjaman (atau bagian dari pinjaman) kepada peminjam individu. Untuk lebih lengkapnya melalui artikel Jurnal GIC berikut ini. Kunjungi juga website GIC untuk mengetahui promo atau produk-produk milik GIC!

Apa Itu P2P Lending

P2P Lending, juga dikenal sebagai P2P Lending, adalah sistem online di mana investor individu mendanai pinjaman (atau bagian dari pinjaman) kepada peminjam individu. Juga disebut pinjaman pasar, P2P Lending adalah alternatif yang berkembang untuk pinjaman tradisional.

Peminjam dan pemberi pinjaman bisa mendapatkan keuntungan dari sistem pinjaman ini. Misalnya, beberapa peminjam mungkin dapat menemukan pinjaman pribadi yang mungkin ditolak oleh pemberi pinjaman lain. Dan platform P2P Lending mungkin menjadi alternatif yang baik untuk  pinjaman gaji atau kartu kredit bagi sebagian orang.

Tergantung pada kredit Anda, Anda mungkin memenuhi syarat untuk suku bunga yang kompetitif. Tetapi orang-orang dengan nilai kredit yang lebih rendah kemungkinan akan melihat suku bunga yang lebih tinggi — terkadang bahkan lebih tinggi dari rata-  rata APR kartu kredit.

Meskipun masih ada risiko yang terlibat, investor dalam P2P Lending mungkin mendapatkan pengembalian uang yang lebih baik daripada yang mereka dapatkan dengan beberapa peluang tabungan dan investasi lainnya.

Pasar pinjaman juga dapat membantu pemilik usaha kecil. Administrasi  Bisnis Kecil AS mengatakan bahwa “P2P Lending mungkin menjadi alternatif pembiayaan yang layak untuk usaha kecil.”

Crypto lending adalah : Penjelasan, Keunggulan dan Kekurangan

Kelebihan P2P Lending

P2P Lending pastinya memiliki kelebihannya sendiri. Kelebihan tersebut adalah:

Proses aplikasi yang disederhanakan

Keuntungan paling signifikan dari P2P Lending adalah proses aplikasi yang mudah. Bisnis harus berurusan dengan dokumen yang jauh lebih sedikit, dan Anda akan segera tahu apakah aplikasi Anda disetujui atau ditolak. 

Tarif rendah

P2P Lending hadir dengan tarif yang sangat rendah karena investor individu tidak perlu membayar biaya overhead yang sama dengan bank. Tentu saja, Anda harus selalu mengerjakan pekerjaan rumah Anda untuk memastikan Anda mendapatkan kesepakatan terbaik. 

Pilihan untuk imperfect credit

Setiap kali Anda mengajukan pinjaman, semakin tinggi skor kredit Anda, semakin baik. Namun dengan P2P Lending, kredit yang tidak sempurna tidak serta merta mendiskualifikasi Anda dari persetujuan pinjaman.

Pendanaan cepat

Setelah Anda disetujui untuk P2P Lending, Anda akan menerima dana dalam waktu seminggu. Namun, beberapa pasar menjanjikan pembiayaan hanya dalam tiga hari.

Kekurangan P2P Lending

Sedangkan untuk kekurangannya sendiri yaitu:

Biaya

Meskipun Anda mungkin menerima suku bunga rendah, P2P Lending sering kali memiliki biaya tambahan. Misalnya, beberapa pemberi pinjaman akan membebankan biaya originasi antara 1% dan 8% dari total jumlah pinjaman. Pastikan Anda membaca cetakan kecil sebelum menyetujui pinjaman.

Tarif tinggi

Salah satu keuntungan dari situs P2P Lending adalah bahwa kredit yang sangat baik tidak diperlukan untuk memenuhi syarat. Tetapi jika Anda memiliki kredit yang buruk, Anda mungkin terjebak dengan suku bunga tinggi dan persyaratan pembayaran yang tidak menguntungkan.

12 P2P Lending Terbaik 2021, Terbukti Aman!

Cara Kerja P2P Lending

Sebagian besar pinjaman peer-to-peer diatur melalui platform pinjaman online. Seluruh proses berlangsung online dan biasanya memiliki waktu penyelesaian yang singkat. Berikut cara kerjanya:

  1. Prakualifikasi: Lihat apakah Anda memenuhi syarat untuk pinjaman peer-to-peer melalui proses prakualifikasi situs. Jika aplikasi Anda berhasil, pemberi pinjaman akan memberi Anda perkiraan tentang persyaratan pinjaman dan tingkat persentase tahunan (APR) — tingkat bunga Anda, ditambah biaya apa pun — setelah Anda mengajukan aplikasi formal.
  2. Aplikasi: Jika Anda memenuhi syarat dan menyukai persyaratan dan tarif yang ditawarkan, kirimkan aplikasi formal. Setelah itu, pemberi pinjaman akan melakukan pemeriksaan kredit keras, yang mengakibatkan penurunan sementara pada skor kredit Anda.
  3. Persetujuan: Selanjutnya, tunggu pemberi pinjaman memutuskan apakah akan menyetujui pinjaman Anda.
  4. Pendanaan: Setelah disetujui, pinjaman Anda akan pindah ke tahap pendanaan, di mana banyak investor akan meninjau pinjaman Anda. Investor akan lulus atau setuju untuk mendanai semua atau sebagian dari pinjaman Anda, tergantung pada seberapa banyak Anda ingin meminjam.
  5. Transfer dana elektronik: Setelah pinjaman Anda mendapatkan cukup banyak investor, Anda akan mendapatkan uang Anda, biasanya melalui transfer elektronik. Terkadang, dana Anda dapat disetorkan dalam waktu sesingkat satu hari kerja.
  6. Pembayaran pinjaman: Ketika saatnya tiba untuk membayar kembali pinjaman Anda, Anda akan melakukan pembayaran bulanan tetap yang dicairkan kepada semua investor atas pinjaman Anda berdasarkan persyaratan pembayaran Anda.

Apa itu P2P Trading dan Manfaatnya Untuk Anda

Jenis P2P Lending

Platform P2P Lending yang berbeda menawarkan berbagai jenis pinjaman. Beberapa platform menawarkan lebih banyak perlindungan bagi pemberi pinjaman daripada yang lain.

P2P Lending untuk Bisnis

Sebagai investor, Anda dapat memilih untuk berinvestasi pada platform P2P Lending yang menawarkan investasi dalam pinjaman bisnis. Platform tersebut sering disebut sebagai platform crowdlending atau crowdfunding.

Pinjaman biasanya dijamin dengan aset bisnis, seperti piutang, inventaris, janji komersial, atau real estat.

Berinvestasi dalam pinjaman bisnis adalah strategi investasi umum bagi investor berpengalaman yang ingin berinvestasi dalam pinjaman aman.

Berinvestasi dalam pinjaman bisnis bisa menjadi rumit jika Anda tidak memiliki cukup pengalaman mengevaluasi agunan yang ditawarkan. Kami merekomendasikan memilih platform peer-to-business berperingkat teratas untuk menghindari pemain buruk di industri ini.

P2P Lending untuk Pinjaman Pribadi

Jenis investasi yang paling umum dalam industri peer-to-peer lending adalah investasi pada pinjaman pribadi atau pinjaman konsumen.

Dalam kebanyakan kasus, Anda menggunakan platform untuk berinvestasi dalam buku pinjaman dari pemberi pinjaman khusus, penyedia pinjaman di satu pasar tertentu.

Sebagian besar platform pinjaman peer-to-peer menawarkan apa yang disebut Jaminan Pembelian Kembali, yang berarti bahwa jika peminjam terlambat membayar lebih dari 30 atau 60 hari, penyedia pinjaman akan membeli kembali investasi Anda dan membayar Anda jumlah investasi bersama-sama dengan bunga yang masih harus dibayar.

Sekilas Tentang P2P Lending

P2P Lending untuk Investor Real Estat

Berinvestasi dalam pinjaman bisnis yang didukung oleh hipotek adalah jenis investasi teraman di industri pinjaman peer-to-peer.

Semua pinjaman yang ditawarkan dilengkapi dengan laporan penilaian khusus yang membantu Anda meninjau nilai agunan yang mendukung pinjaman.

Meskipun berinvestasi dalam pinjaman real estat lebih aman, jangka waktu investasi biasanya setidaknya 12 bulan, dan jumlah investasi minimum per pinjaman berkisar antara €50 hingga €100.

Ini berarti bahwa Anda harus mempertimbangkan jenis investasi ini hanya jika Anda bersedia memberikan dana Anda untuk jangka waktu yang lebih lama.

P2P Lending untuk Pengguna Crypto

Jenis investasi terakhir di ruang pinjaman peer-to-peer adalah pinjaman kripto.

Sebagai pengguna kripto, Anda mendepositkan mata uang kripto Anda pada platform pinjaman kripto khusus yang membayar bunga ke akun Anda setiap hari atau setiap minggu.

Platform pinjaman kripto meminjamkan dana Anda kepada peminjam lain atau terlibat dalam aktivitas perdagangan.

Kami telah memeriksa sebagian besar perusahaan pemberi pinjaman kripto, tetapi hanya sedikit yang bagus. Banyak dari perusahaan ini hanya berspekulasi dengan uang orang, yang berarti ada kemungkinan lebih tinggi bahwa mereka akan melarikan diri dengan uang Anda.

Jika Anda memilih untuk menyimpan crypto Anda di platform khusus, penting untuk meneliti pendiri dan CEO platform serta syarat dan ketentuan untuk memahami risiko yang terlibat.

Anda bisa berkenalan dengan P2P Lending GIC yang juga memberikan keuntungan-keuntungan yang telah dijelaskan di atas dan juga keuntungan lainnya seperti transaksi yang transparan serta Anda bisa memilih untuk menjadi trader maupun market maker. Untuk bisa mendaftar pada P2P Lending GIC, Anda bisa melakukan registrasi terlebih dahulu melalui website resmi GIC untuk mendapatkan kelebihan lainnya!

GIC

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami