KSEI: Pengertian, Tugas, Cara Daftar, dan Akses

Artikel ini terakhir di perbaharui November 8, 2021 by Rinaldi Syahran
KSEI: Pengertian, Tugas, Cara Daftar, dan Akses
sumber oleh abdul malik via bareksa

Dalam setiap hal yang berhubungan dengan kepemerintahan, pastinya akan terdapat lembaga-lembaga yang bertanggung jawab atas setiap permasalahan yang akan dialami bidang tersebut. Dalam pasar modal pun sama, terdapat juga lembaga yang mengatur dan menyelesaikan permasalahan dari pasar modal itu sendiri. Salah satunya adalah KSEI atau singkatan dari PT Kustodian Sentral Efek Indonesia.

KSEI adalah sebuah lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian (LPP) di pasar modal Indonesia. KSEI ini bertugas untuk menyediakan jasa kustodian dan penitipan efek yang teratur, wajar, serta efisien seperti yang tertulis dalam UU No 8 Tahun 1995 yang membahas tentang Pasar Modal. KSEI mulai berdiri di Jakarta pada 23 Desember 1997 dengan setahun kemudian pada tanggal 11 November 1998 mendapatkan izin usaha. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang KSEI ini, kalian bisa membaca artikel berikut ini.

KSEI Adalah?

Seperti yang telah dijelaskan di atas, KSEI adalah singkatan dari PT. Kustodian Sentral Efek Indonesia yang merupakan sebuah lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian (LPP) di pasar modal Indonesia. KSEI ini bertugas menyediakan jasa kustodian yang mana arti dari kustodian itu sendiri adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan pihak pemberi jasa penitipan efek dan harta terkait lainnya. Oleh karena itu, tugas dari kustodian yang penuh risiko, rumit, dan membutuhkan banyak dana, yang menjadikannya hanya dimiliki oleh entitas tertentu yang bisa menyediakan jasa kustodian. Entitas ini harus didukung finansial yang terjamin, memiliki ruang yang luas, dan menyertakan keamanan tingkat tinggi.

Sekilas tentang kustodian ini, ketika kalian menabung jenis rekening apapun, nantinya cek akan dapat digunakan untuk transaksi pembayaran dan disimpan langsung dalam kustodian ini. Kustodian akan mencatat referensi berupa nomor rekening nasabah, yang kemudian kustodian tersebut akan mengirim pemberitahuan secara rutin tentang rekening agar kalian tahu, aset apa saja yang sedang dipegang oleh mereka. Perlu diketahui juga, bahwa lembaga finansial kustodian ini memberlakukan biaya layanan dalam melindungi aset nasabah.

KSEI ini mewakili rekening nasabah atau investor dengan cara mengatur transaksi di lingkup terkait dengan maksud mendapatkan dividen serta bunga sebagai haknya. Mereka memantau posisi maupun mutasi efek yang dimilikinya dalam sub rekening efek di KSEI. Fasilitas ini didapatkan lewat Pemegang Rekening KSEI (atau dalam hal ini merupakan perusahaan efek) di tempat investor terdaftar yang menjadi nasabah. Hal ini tidak akan dikenakan biaya baik kepada investor maupun pemegang rekening KSEI.

Setiap investor berhak memperoleh sarana akses informasi lewat jaringan internet ini. Perlu diketahui, lembaga ini sudah terdaftar sebagai self-regulatory organization (SRO), KSEI sudah berdampingan dengan lembaga lain yang mungkin bagi kalian sudah banyak yang mengetahui seperti, Bursa Efek Indonesia (BEI) dan Kliring Penjamin Efek Indonesia (KPEI).

KSEI ini memiliki peraturan yang telah mereka keluarkan yaitu SID. SID ini merupakan singkatan dari Single Investor Identification sebagai nomor identitas satu-satunya untuk para investornya. Nomor identitas ini akan diperlukan jika kalian ingin berinvestasi di Pasar Modal Indonesia.

Sistem Utama KSEI

Dalam sebuah lembaga, pastinya akan terdapat juga sistem utama yang bisa digunakan oleh penggunanya. Setelah mengetahui apa itu KSEI, saatnya kita akan mempelajari apa saja sistem utama dari KSEI itu sendiri. Kalian bisa mempelajarinya secara lengkap melalui tulisan di bawah ini.

C-BEST

Saat ini, PT Kustodian Sentral Efek (KSEI) telah meluncurkan The Central Depository and Book Settlement System (C-BEST) generasi terbaru atau C-BEST Next Generation (Next-G). C-Best adalah platform elektronik terpadu yang telah mendukung aktivitas penyelesaian transaksi efek secara pemindahbukuan sejak tahun 2000, tepatnya pada saat implementasi perdagangan tanpa kertas di Pasar Modal Indonesia.

Peluncuran C-BEST Next-G menjadi bagian dari perkembangan pasar modal Indonesia terutama dari sisi peningkatan jumlah investor dan peningkatan jumlah penyelesaian transaksi. C-BEST Next-G ini direncanakan dapat mengakomodir kurang lebih 10 juta investor pasar modal.

Terdapat juga fitur yang ditawarkan oleh C-BEST Next-G ini diantaranya penyimpanan tipe efek baru seperti surat utang perpetual dan sub rekening khusus syariah, terdapat juga Electronic Prematching, dan Intruksi Client Securities Transfer atau perpindahan antar SRE (investor yang sama).

S-INVEST

Pada tahun 2016, KSEI telah mengimplementasikan sistem pengelolaan investasi terpadu atau yang biasa disebut sebagai S-INVEST. S-INVEST ini menjadikan pasar modal Indonesia memiliki platform yang terintegrasi untuk industri pengelolaan investasi. Salah satunya adalah produk reksadana. Sistem ini bertujuan untuk meningkatkan standarisasi, efisiensi, dan real time monitoring atas aktivitas industri pengelolaan investasi.

Penggunaan sistem ini merupakan mandatory bagi pelaku pasar sebagaimana diatur dalam peraturan OJK No. 28/POJK.04/2016 tentang Sistem Pengelolaan Investasi Terpadu, sehingga seluruh transaksi reksadana wajib menggunakan S-INVEST. S-INVEST ini mencakup 4 modul utama yaitu modul Static Data, Order Routing, Post Trade Processing, dan Reporting (pelaporan).

Pemakai jasa KSEI yang menggunakan S-INVEST ini terdiri dari Agen Penjual Reksadana sebagai distributor unit kepemilikan reksadana, Manajer Investasi sebagai pengelola investasi reksadana, Bank Kustodian sebagai pihak yang bertanggung jawab atas administrasi dan penyimpanan aset reksadana, serta Perusahaan Efek dan Treasury Banks dalam hal transaksi aset dasar reksadana dalam modul Post Trade Processing di S-INVEST.

Apa Tugas dan Fungsi KSEI

Dalam setiap lembaga, pastinya akan terdapat tugas dan fungsi yang mereka miliki dalam pembuatannya. Sebagai lembaga dalam pasar modal, KSEI ini pun juga mempunyai tugas dan fungsi yang mereka miliki. Untuk apa dan bagaimana tugas dan fungsi dari KSEI itu sendiri, bisa kalian baca melalui tulisan di bawah ini.

Tugas KSEI

Organisasi atau lembaga ini mempunyai tugas penting dalam mengatur pasar modal, yaitu bertanggung jawab untuk menyediakan jasa kustodian sentral dan penyelesaian efek yang teratur, efisien, dan wajar. Pada tahun 2012 lalu, dengan upaya untuk meningkatkan kepercayaan investor berinvestasi, KSEI membuat peraturan untuk kepemilikan Single Investor Identification (SID) sebagai nomor identitas tunggal bagi investor. Di mana, SID ini akan dibutuhkan untuk memberikan kemudahan proses identifikasi investor sekaligus landasan berbagai pengembangan pasar modal lainnya, termasuk fasilitas AKSes (Acuan Kepemilikan Sekuritas).

Selain menjalankan tugas utama mereka seperti melakukan penyimpanan dan penyelesaian transaksi Efek, KSEI ini terus berinovasi untuk meningkatkan layanan jasa serta keamanan dan efisiensi di pasar modal Indonesia yang akan membawa KSEI sejajar dengan lembaga sejenis di dunia.

Fungsi KSEI

Fungsi dan manfaat yang akan kalian dapatkan dari KSEI ini sendiri juga banyak. Bukan hanya untuk investor, para pemegang saham juga akan mendapatkan fungsi dan manfaat dari akses KSEI ini. Kalian bisa menemukan manfaat dan fungsinya melalui tulisan di bawah ini.

  1. Memberikan informasi yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya, sesuai dengan ketentuan yang berlaku bagi investor yang menjadi nasabahnya.
  2. Sarana komunikasi dalam penyampaian dan penyajian informasi berupa inquiry atau report bagi nasabah dengan data akurat.
  3. Mengurangi biaya komunikasi, biaya cetak, dan biaya pengiriman laporan.
  4. Terbuka pengembangan lebih lanjut dan lebih spesifik sesuai kebutuhan pemegang rekening terkait peningkatan sarana komunikasi antara pemegang rekening KSEI dan nasabahnya.
  5. Mengakses data kepemilikan efek dan mutasi di sub rekening (sampai 30 hari terakhir) secara real-time.
  6. Memiliki sub rekening yang bisa di monitor kapan pun sehingga dapat memberikan rasa aman.
  7. Menyajikan data dan informasi secara transparan.
  8. Membuat saham ataupun efek lainnya yang telah kalian beli akan tersimpan aman ketika terjadi kebangkrutan maupun penutupan broker. Sehingga kalian tetap bisa menjualnya suatu saat nanti.

Sedangkan manfaat fasilitas AKSes KSEI bagi pemegang rekening juga bisa kalian dapatkan. Sebagai informasi, yang berhak menjadi pemegang rekening adalah perusahaan Efek dan Bank Kustodian. Manfaat yang bisa kalian dapatkan adalah dapat memberikan informasi yang dapat dipertanggung jawabkan kebenarannya sesuai dengan ketentuan yang berlaku bagi investor yang menjadi nasabahnya. Selain itu, terdapat manfaat sebagai sarana komunikasi dalam penyampaian dan penyajian informasi bagi nasabah dengan data akurat secara langsung. Selanjutnya dapat mengurangi biaya komunikasi, biaya cetak, dan biaya pengiriman laporan, serta manfaat. Dan yang terakhir, dapat secara terbuka memberikan pengembangan lebih lanjut dan lebih spesifik sesuai dengan kebutuhan pemegang rekening.

Bagi kalian yang mempertanyakan tentang seberapa aman dari fasilitas AKSes dari KSEI ini, kalian tidak perlu khawatir untuk keamanannya. Dikarenakan fasilitas ini telah mendapatkan pemeriksaan yang mendalam dan menyeluruh oleh konsultan independen dengan hasil akhir bahwa Fasilitas AKSes KSEI dinyatakan cukup aman untuk dioperasikan. Pemeriksaan tersebut bertujuan untuk memastikan bahwa semua risiko telah ditekan ke titik yang terendah juga untuk menghindari terjadinya kekeliruan data saat digunakan oleh investor.

Cara Mengakses KSEI

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, KSEI ini memiliki produk atau fasilitas yang bernama AKSes KSEI yang merupakan layanan berupa akses informasi bagi para investor untuk memantau posisi maupun mutasi efek yang dimilikinya dalam sub rekening efek di KSEI. Untuk mengakses akun milik kalian di KSEI, kalian bisa memasuki laman resmi mereka pada https://akses.ksei.co.id/.

Selain itu, terdapat cara kerja dari KSEI itu sendiri. Untuk memahami hal tersebut, yang harus kalian pahami untuk pertama kali adalah alur dari pengelolaan saham itu sendiri seperti:

  1. Membuka rekening efek. Ketika mendaftarkan diri ke broker, broker tersebut akan membukakan rekening efek agar kalian dapat berinvestasi di dalamnya.
  2. Selanjutnya yang harus dilakukan adalah membuka sub rekening dan RDN. Untuk melakukan transaksi saham pertama kalian, sub rekening dan RDN akan sangat diperlukan sehingga hal ini wajib untuk dilakukan. Masing-masing nasabah memiliki SID dan SDN yang tidak dapat digunakan oleh orang lain.
  3. Kepemilikan dana dan saham yang akan didapatkan. Hal-hal yang berkaitan dengan kepemilikan dana serta transaksi dimutasikan lewat RDN pribadi investor. Sementara untuk kepemilikan saham dan efek lainnya tersimpan dalam sub rekening. Bagi kalian yang belum mengetahui, sub rekening ini merupakan milik pribadi dari investor itu sendiri tanpa ada kaitannya dengan broker lagi. Dan jika terdapat hal yang tidak diinginkan terjadi, seperti broker yang bangkrut atau berhenti beroperasi, maka saham yang kalian beli tidak akan hilang.

Cara Mendaftar KSEI

Bagi kalian yang belum mempunyai akun dan ingin mendaftar akun AKSes KSEI, kalian bisa mengikuti cara-cara di bawah ini.

  1. Hal pertama yang harus kalian lakukan adalah masuk ke https://akses.ksei.co.id/ kemudian mengklik tombol Daftar pada area sebelah pojok kanan atas.
  2. Selanjutnya, kalian dapat memilih tipe registrasi. Bagi kalian yang merupakan investor individu atau perseorangan, kalian bisa memilih tombol INDIVIDU LOKAL.
  3. Kemudian kalian akan diarahkan untuk mengisi data diri seperti, nama lengkap, nomor induk kependudukan atau NIK, nomor handphone, dan juga email. Setelah itu kalian bisa mengklik tombol Selanjutnya.
  4. Setelah selesai, kalian akan diarahkan pada halaman aktivasi yang akan menampilkan informasi kalian sebagai investor. Bila sudah benar, kalian bisa mengklik aktivasi untuk mendapatkan tautan dari email kalian. Pihak KSEI akan mengirimkan aktivasi akun ke email yang sudah kalian daftarkan.
  5. Selanjutnya, buka email kalian dan klik tautan yang telah diberikan oleh email AKSes KSEI untuk melakukan aktivasi.
  6. Setelah itu, kalian bisa melakukan pembuatan kata sandi. Selanjutnya kalian klik Aktifkan Akun Saya.
  7. Pendaftaran akun AKSes KSEI kalian sudah selesai dan kalian dapat menggunakan akun tersebut sehingga kalian bisa melihat portfolio investasi di pasar modal.

Penting bagi setiap orang untuk mempunyai akun dari Kustodian Sentral Efek Indonesia atau KSEI ini. Selain dikarenakan untuk menjamin saham kalian, kalian juga bisa mendapatkan manfaat-manfaat lainnya yang ada ketika menggunakan KSEI ini.

Demikian pembahasan dari GIC Indonesia mengenai penjelasan apa itu KSEI. Jangan lupa untuk tetap mencari tahu informasi terkait dengan bank, forex, dan keuangan yang lain, seperti “Wakil Pialang Berjangka“, hanya di Jurnal GIC. Pastikan juga kamu memperdalam ilmu forex di GIC Indonesia, via ebook scalping, dan juga NFP live trading.

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.