Keuntungan Investasi Emas dalam Berbagai Platform

Artikel ini terakhir di perbaharui February 14, 2022 by Wachda Mihmii
Keuntungan Investasi Emas dalam Berbagai Platform
Sumber oleh averystep via freepick

Emas telah menjadi pilihan bagi beberapa orang untuk melakukan investasi. Selain keuntungannya yang banyak, emas juga mempunyai nilai likuiditas yang tinggi. Maka dari itu banyak dari para investor melakukan investasi pada produk ini. Kali ini kita akan membahas mengenai keuntungan dari investasi emas.

Keuntungan investasi emas ini sangatlah banyak. Banyak masyarakat Indonesia yang memilih komoditas ini dikarenakan tingkat kepercayaannya yang masih tinggi untuk komoditas ini daripada yang lain. Untuk itu, kita akan membahas sedikit dari apa saja keuntungan investasi emas tersebut, yang bisa kalian baca pada artikel GICTrade di bawah ini. Sebelum masuk pembahasan artikel, kalian bisa mencoba artikel kami dengan mengunduh aplikasi GICTrade di Google Play Store maupun Apps Store.

Raih Komisi Sekarang

Keuntungan Investasi Emas

Seperti yang telah disinggung sebelumnya, investasi emas ini memiliki keuntungan yang sangat banyak. Mulai dari Nilai aset dari komoditas ini yang jarang sekali mengalami suatu perubahan, pembelian dan juga penjualan yang bisa kalian lakukan di mana saja dan kapan saja, dan juga modal yang bisa dibilang relatif terjangkau jika dilihat dari segi investasi. Kemudahan-kemudahan tersebut bisa kalian rasakan jika kalian telah memiliki untuk melakukan investasi pada emas. Terutama untuk kalian yang baru saja ingin memulai untuk melakukan investasi emas. Untuk lebih lengkapnya mengenai keuntungan tersebut, bisa kalian pahami penjelasan di bawah ini.

Investasi Emas: Nilai Aset Cenderung Stabil

Keuntungan investasi emas yang pertama adalah terdapat nilai aset emas yang kalian miliki ini bisa mempunyai kecenderungan untuk tetap stabil tanpa perubahan dari waktu ke waktu. Yang mana, untuk salah satu faktor dari harga emas yang cenderung stabil dengan tanpa perubahan pada tabungan emas milik kalian salah satunya dikarenakan dengan adanya permintaan dan juga penawaran pada pasar yang jelas adanya.

Investasi emas yang mana sebagai komoditas ini tidak hanya berperan sebagai sebuah instrumen investasi, namun investasi emas juga bisa digunakan untuk melengkapi gaya pada hidup seseorang. Seperti sebuah perhiasan yang melengkapi gaya yang digunakan. Maka dari itu, ketika suatu transaksi emas ini masih terus berjalan dengan sangat kuat, pada saat itulah risiko dari harga aset emas turun ini dapat terbilang cukup minim karena permintaannya yang sangat banyak.

Sebelum berlanjut pada keuntungan yang lainnya, kalian bisa sempatkan diri untuk mendaftarkan diri menjadi Affiliate IB ataupun dengan mengajak teman kalian untuk bisa bergabung bersama GIC. Selain mendapatkan keuntungan berupa materi tambahan, kalian akan mendapatkan bonus income untuk bisa ditradingkan pada GIC itu sendiri.

Investasi Emas: Mudah Dicairkan dalam Bentuk Uang Tunai

Keuntungan investasi emas yang kedua adalah emas mempunyai nilai likuiditas yang tinggi, yang berarti mudah untuk dicairkan ataupun bisa mengonversikan emas tersebut ke dalam bentuk uang tunai. Sifat dari investasi emas yang telah menyerupai tabungan konvensional ini, akan membuat kalian dengan mudah agar bisa mencairkan aset yang kalian miliki pada investasi emas dengan menjadi uang secara tunai.

Baik kalian yang sedang memiliki aset emas dalam bentuk fisik maupun digital, keberadaan emas ini bisa menjadi salah satu dari jenis logam mulia yang saat ini terus diakui keabsahannya pada hampir seluruh dunia. Yang menjadikan hal tersebut juga akan membantu suatu proses pencairan dari aset emas tersebut dengan menjadi lebih mudah di mana saja dan kapan saja.

Manfaat investasi emas ini bisa kalian dapatkan pada trading yang dilakukan pada GIC. Sedangkan bagi kalian yang ingin mengukur keahlian dalam bertrading, kalian bisa melakukan Preliminary Test untuk bisa meningkatkan ingatan kembali mengenai hal dasar maupun lanjutan mengenai trading itu sendiri.

Investasi Emas: Bebas Bunga

Keuntungan selanjutnya adalah bebas dari bunga. Jika kalian sedang melakukan investasi lainnya selain investasi emas, maka kalian akan menyadari keuntungan ini pada saat ingin melakukan likuidasi atau pencairan aset, nilai dari yang kalian terima akan cenderung memiliki selisih yang cukup signifikan dari suatu nilai aset yang dimiliki sebelumnya dikarenakan adanya suatu bunga. Namun, jangan khawatir jika kalian sedang berinvestasi pada emas. Karena hal tersebut tidak akan berlaku pada investasi emas.

Kalian akan terbebas dari bunga tersebut yang mana termasuk ke dalam nilai suatu investasi. Sehingga, jika kalian sedang melakukan transaksi dalam penjualan tersebut, maka nilai emas yang kalian cairkan nantinya akan setara dengan apa yang telah kalian miliki di dalam tabungan tersebut.

Investasi Emas: Bersifat Seperti Dana Darurat

Sama halnya dengan menabung yang dilakukan secara konvensional, keuntungan emas yang selanjutnya ini bisa dianggap sebagai tabungan emas yang menjadi sumber dana darurat. Dengan secara rutin menabung dengan komoditas emas sebagai salah satu bentuk dari investasi kalian, maka akan semakin besar pula suatu kemungkinan untuk bisa memperkuat finansial kalian. Dengan nilai aset emas yang cenderung stabil serta kemudahannya untuk mengonversikan emas tersebut ke dalam bentuk uang tunai, kalian bisa membuat tabungan emas yang kalian miliki sendiri sebagai salah satu dari sumber darurat atau mungkin bisa juga digunakan untuk persiapan dana pensiun.

Investasi Emas: Melindungi Nilai Kekayaan

Keuntungan dari investasi emas yang terakhir adalah, dengan kecenderungan suatu nilai yang terus meningkat dari tahun ke tahun, maka komoditas emas ini akan sangat cocok untuk disebut sebagai investasi komoditas yang paling mampu untuk melindungi nilai dari kekayaan seseorang. Perlindungan dari investasi emas ini terhadap kekayaan seseorang bisa dicerminkan dari harga asetnya yang cenderung selalu stabil dan juga terus mengalami kenaikan, sehingga nantinya ketika dijual kembali, maka pemegang investasi emas tersebut juga akan cenderung untuk mendapatkan hasil balik yang lebih tinggi lagi.

Telah dijelaskan secara rinci mengenai apa saja keuntungan dari berinvestasi emas tersebut. Maka kali ini, kalian bisa meluangkan waktu untuk melakukan survey internal mengenai kepuasan pengguna agar tim GIC bisa meningkatkan kinerja dengan cara yang signifikan.

Keuntungan Investasi Emas di Pegadaian

Selain keuntungan yang secara universal yang telah dijelaskan di atas, terdapat juga keuntungan investasi emas ini jika kalian memilih untuk melakukan investasi pada pegadaian. Dengan kalian membuka rekening tabungan berupa emas pada Pegadaian, maka kalian akan mendapatkan banyak keuntungan dari tabungan itu sendiri, yaitu diantaranya adalah:

  1. Mudah untuk ditemukan, dikarenakan tabungan Emas Pegadaian ini tersedia pada seluruh outlet Pegadaian yang ada di Indonesia dan bisa juga dilakukan melalui Pegadaian Digital Service, Agen Pegadaian, ataupun Marketplace.
  2. Order untuk melakukan cetak emas ini bisa dilakukan dengan mulai dari kepingan 1 gramnya.
  3. Harga jual dan juga harga beli yang kompetitif pada setiap transaksinya.
  4. Biaya pengelolaannya yang ringan dan juga administrasi yang terjangkau.
  5. Karatase yang terjamin 24 karat.
  6. Fleksibel dan juga bisa dilakukan mulai dari nilai terkecil. Nasabah bisa melakukan transfer pada rekening tabungan emas dengan mulai dari 0,1 gram.
  7. Investasi emas di Pegadaian ini dikelola secara profesional dan juga transparan.
  8. Para nasabah tersebut dapat melakukan Top Up tabungan emas dengan mulai dari 0,01 gram.

Preliminary Test

Keuntungan Investasi Emas di Bank

Untuk keuntungan dari investasi emas yang dilakukan di bank, sebenarnya tidak jauh berbeda dengan keuntungan investasi yang lainnya. Namun, pastinya terdapat satu keunggulan dan menjadi ciri khas dari investasi pada bank tersebut yaitu, tersedianya suatu penyimpanan emas secara Online.

Kemajuan dari teknologi akan mempermudah masyarakat untuk bisa melakukan investasi emas dengan sangat aman dan juga nyaman. Kalian tidak akan memerlukan suatu tempat penyimpanan emas yang khusus pada rumah rumah kalian, atau yang biasa berupa brankas. Kalian tidak perlu lagi khawatir untuk masalah penyimpanan emas yang memiliki risiko hilang. Karena saat ini kalian bisa menabung emas dengan cara yang sangat mudah yaitu dengan melalui lembaga penyedia tabungan emas itu sendiri, seperti tabungan emas pada bank yang beberapa telah tersedia pada BSI. Caranya kalian hanya cukup menyetorkan sejumlah uang yang senilai dengan harga emas tersebut, kemudian nantinya akan dikonversi dalam bentuk emas.

Keuntungan Investasi Emas Syariah

Selain berinvestasi pada pegadaian dan juga bank, kalian juga bisa berinvestasi pada bank syariah untuk menjadi salah satu pilihan kalian dalam berinvestasi. Investasi syariah ini akan berdasarkan pada nilai syariah dalam Islam. Untuk itu, bagi kalian yang melakukan investasi emas syariah, keuntungan di bawah ini bisa kalian nikmati, yaitu:

Minim Biaya

Meskipun komoditas emas ini memiliki harga yang bisa dibilang relatif mahal, namun emas juga dapat dibeli dalam versi kecilnya atau satuan kecil alias per gramnya, sehingga nantinya bisa disesuaikan dengan biaya Emas yang kalian miliki juga bisa dibeli secara satuan gram. Selain itu, untuk pembelian emas melalui Bank Syariah yang bisa dijadikan sebagai tabungan emas ini bisa kalian lakukan secara bertahap yaitu dengan cara dicicil.

Tak Terpengaruh Inflasi

Dengan adanya kondisi ekonomi yang kurang stabil, terkadang terjadinya suatu inflasi tersebutlah yang akan mempengaruhi harga barang nantinya. Namun, jika dalam investasi komoditas berbentuk emas syariah, maka kalian tidak perlu khawatir dikarenakan harga dari emas tersebut tidak akan terpengaruh oleh suatu laju inflasi yang mana bisa dikatakan bahwa investasi emas tersebut termasuk investasi yang aman.

Likuiditas yang Baik

Produk komoditas emas adalah salah satu produk yang juga memiliki likuiditas yang baik atau bisa disebut juga mudah untuk dicairkan maupun dijual kembali. Hal ini dapat membuat investasi emas syariah yang baik sehingga bisa menjadi simpanan suatu dana cadangan.

Keuntungan Investasi Emas UBS

Selanjutnya terdapat keuntungan investasi emas UBS yang bisa kalian nikmati jika menggunakan produk tersebut. Keuntungannya adalah:

Dimensi Lebih Besar

Mungkin bagi sebagian besar penggemar emas Antam, mereka akan merasa lebih suka untuk memiliki emas yang dimensinya lebih kecil daripada dimensi yang besar. Namun, jika kalian ingin merasakan yang lebih memuaskan saat berinvestasi emas, maka kalian bisa membeli emas UBS. Dengan ukuran suatu gramasi yang sama dengan Antam, emas UBS ini memiliki dimensi yang lebih besar, yang menjadikan emas UBS ini sangat menarik jika kalian jadikan sebagai koleksi.

Waktu Pemesanan Lebih Singkat

Selain itu terdapat kelebihan lainnya yang dimiliki oleh emas UBS yaitu waktu pemesanannya yang relatif lebih singkat. Jika kalian ingin melakukan cetak emas Antam, maka kalian akan membutuhkan waktu yaitu kurang lebih sekitar satu bulan untuk pembuatannya. Sementara untuk emas UBS, kalian bisa memesan dalam tempo waktu yang lebih singkat dari emas Antam.

Harganya Lebih Murah

Jika dari segi harga, emas UBS ini memiliki selisih nilai yang sedikit dengan emas Antam. Harga untuk emas UBS sedikit lebih murah daripada Antam, terutama jika kalian membeli dalam ukuran gramasi yang besar.

Keuntungan Investasi Emas Mini

Selanjutnya terdapat keuntungan dari berinvestasi menggunakan emas mini. Emas mini ini bisa menjadi alternatif bagi kalian yang mempunyai modal kecil. Dikarenakan bentuknya yang kecil dan juga pengemasannya yang bisa terbilang eksklusif, membuat kalian mempunyai emas batangan walaupun hanya dengan modal yang kecil. Selain itu, terdapat keuntungan lainnya yaitu:

  1. Emas mini ini diklaim oleh orang-orang sebagai sarana untuk memiliki emas Antam yang paling aman dan juga mudah.
  2. Emas mini ini telah diproduksi oleh perusahaan kerajinan logam mulia yang berstandar negara Dubai, Hong Kong, dan juga Taiwan dengan kurun waktu selama 15 tahun.
  3. Emas mini ini telah diuji oleh PT Superintending Company of Indonesia atau Sucofindo.
  4. Telah sesuai dengan fatwa DSN MUI Nomor 77 mengenai Penjualan Emas.
  5. Potensi dari pembelian emas mini yang juga besar.
  6. Bisnis dari emas batangan menjadi bisnis yang anti bangkrut, dikarenakan akan selalu memberikan keuntungan yang banyak, baik ketika menjual ataupun membeli kembali, dengan tanpa mengenal kedaluwarsa.

Survey Pengguna GIC

Keuntungan Investasi Emas di Dana

Keuntungan investasi emas selanjutnya adalah ketika kita melakukan investasi emas pada platform atau aplikasi DANA. Lewat fitur DANA eMAS pada dompet digital DANA ini, para pengguna bisa membeli emas dengan mulai dari 0,01 gram atau bisa dibilang kurang dari Rp 10.000 secara langsung dengan tanpa biaya tambahan. Dengan berinvestasi komoditas emas melalui DANA eMAS, masyarakat nantinya tidak perlu repot-repot untuk bisa melakukan transaksi yang mengharuskan adanya suatu pertemuan fisik dengan penjual dikarenakan semuanya akan tersistem secara online. Cukup kalian bertransaksi dari rumah dan melalui dompet digital DANA yang telah terpasang pada smartphone, maka kalian telah bisa melakukan investasi sebuah emas.

Investasi sebuah emas ini akan sangat menjanjikan dikarenakan untuk tren dari kenaikan harga emas yang diprediksi masih akan terus berlanjut. Hal tersebut berdasarkan proyeksi dari sejumlah ekonom maupun analis. Selain turut untuk mendorong suatu budaya menabung dan juga berinvestasi secara aman, mudah, dan juga berorientasi pada prospek jangka waktu yang panjang, maka kehadiran dari fitur DANA eMAS ini merupakan wujud dari komitmen yang kuat dari DANA untuk turut dalam meningkatkan inklusi keuangan pada kalangan masyarakat dan juga makin mengenalkan pada masyarakat mengenai manfaat dari teknologi digital untuk kegiatan produktivitas, kompetensi, efektivitas maupun gaya hidup yang makin baik.

Terkait dengan investasi emas pada DANA ini, masyarakat tidak perlu khawatir mengenai izin edar, sebab semua transaksi telah tercatat pada lembaga otoritas yang berwenang, yaitu Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti). Selain itu, emas fisik yang disimpan tersebut juga dijamin oleh Kliring Berjangka Indonesia (KBI). Bagi kalian yang berminat untuk berinvestasi emas menggunakan DANA, DANA sedang menawarkan program cashback hingga 100% yang sesuai Syarat & Ketentuan berlaku. Untuk informasi lebih lengkap mengenai masa berlaku promo tersebut, dapat kalian pantau melalui akun resmi DANA.

Keuntungan Investasi Emas di Shopee

Selain DANA, kalian bisa melakukan investasi emas pada aplikasi Shopee. Keuntungannya juga sangatlah banyak, kalian bisa memahaminya melalui penjelasan di bawah ini.

Praktis Dan Mudah

Ketika ingin berinvestasi ataupun menjual emas pada Shopee ini kalian dapat melakukannya dimanapun dan kapanpun hanya dengan bermodalkan kuota internet yang kalian miliki. Kalian juga tidak perlu untuk mengantri dengan datang ke kantor cabang karena semuanya telah dapat dilakukan secara daring atau online melalui akun milik kalian sendiri melalui Shopee.

Modal Receh

Dengan berinvestasi komoditas emas secara online tersebut, kini kalian tidak memerlukan suatu modal yang besar hingga mencapai ratusan atau bahkan hingga jutaan rupiah. Sehingga akhir-akhir ini telah tersedia e-commerce yang telah menyediakan dan juga menawarkan investasi emas dengan bermodalkan recehan saja mulai dari Rp.100.

Mudah Untuk Dipantau

Kalian sebagai investor dapat terus memantau perkembangan dari harga emas yang kalian investasikan kapan saja dan juga di mana saja termasuk pada saat melakukan transaksi jual beli emas.

Free Biaya Admin

Sistem online khususnya pada aplikasi Shopee ini membuat segalanya menjadi lebih mudah dan murah termasuk pada investasi emas yang dilakukan secara online ini. Biaya dari investasi pada dasarnya akan dikenakan pada para investor pada saat melakukan investasi secara online, namun jika kalian melakukan investasi emas secara online melalui platform shopee, maka kalian tidak akan dikenakan biaya admin atau gratis biaya admin.

Keuntungan Investasi Emas di Antam

Selanjutnya kita akan membahas berbagai keuntungan yang akan didapat jika melakukan investasi emas Antam. Keuntungan-keuntungan tersebut adalah:

Lebih Menguntungkan dalam Jangka Panjang

Dibandingkan dengan emas perhiasan, investasi emas batangan ini lebih menguntungkan dengan jangka waktu yang panjang. Hal ini dikarenakan oleh nilainya yang lebih stabil pada pasaran dan juga jarang mengalami suatu penurunan. Perhitungan dari nilai pembelian kembali emas batangan itu pun bisa mencapai lebih dari 95% dari harga pada pembelian sebelumnya. Selain itu untuk pembelian emas batangan ini juga tidak terkena pajak pertambahan nilai yang sebesar 10%, seperti hanya harus ditanggung oleh emas perhiasan.

Lebih Memberikan Rasa Aman

Kemungkinan para investor untuk menghadapi suatu penipuan dalam investasi emas batangan ini bisa dibilang lebih kecil. Walaupun pada saat ini makin terdapat banyaknya toko emas yang juga menjual emas batangan, namun rasa aman untuk berinvestasi pada emas batangan tersebut akan semakin tinggi dikarenakan adanya sertifikat keasliannya.

Emas Perhiasan, Beli Lebih Mahal Jual Lebih Murah

Jika kalian melakukan investasi emas perhiasan, maka kalian harus membeli lebih mahal. Harganya akan lebih mahal dikarenakan untuk membuat suatu perhiasan pastinya terdapat banyak biaya yang harus dikeluarkan. Biaya tersebut termasuk upah para pengrajin dan desainer, ditambah lagi biaya yang lainnya seperti pada promosi, pengemasan, pemasaran, ada pula kompensasi merek dan juga biaya operasional lain. Biaya-biaya tersebut akan dibebankan pada harga jual emas yang mencapai hingga 50% dari total harga yang harus dibayarkan oleh para pembeli.

Emas Perhiasan Lebih Mudah Dijual

Perhiasan emas akan lebih mudah ditemukan daripada emas batangan. Masyarakat akan dengan gampang menjual pada toko emas ataupun memilih perhiasan yang sedang diinginkan. Namun kalian harus hati-hati, pastikan juga kalian membeli perhiasan pada toko emas yang telah dipercaya karena maraknya penipuan mengenai perhiasan emas palsu.

Emas Sangat Likuid Karena Mudah Dicairkan

Investasi emas ini juga mudah untuk dicairkan sewaktu-waktu. Bandingkan jika kalian memilih investasi lainnya seperti investasi properti. Dikarenakan nilainya yang tinggi, maka menjual properti tidak bisa dilakukan secara cepat sedangkan untuk kebutuhan dana tersebut tidak bisa menunggu dalam jangka waktu yang lama.

Keuntungan Investasi Emas di Gojek

Bagi kalian yang ingin melakukan investasi emas pada aplikasi Gojek, maka berikut ini keuntungan-keuntungan yang bisa kalian nikmati jika menggunakan aplikasi Gojek tersebut.

Aman dan Terpercaya

Emas yang kalian miliki akan aman dari penipuan maupun hal buruk apapun. Sebab Gojek telah bekerja sama dengan Pluang PG Berjangka yang terdaftar, dan berlisensi, serta telah diawasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI).

Tanpa Biaya Tersembunyi

Layanan ini juga menawarkan investasi emas antam tanpa membutuhkan banyak biaya. Investasi pada layanan ini sangat mengedepankan transparansi dan juga kejujuran. Sehingga, jika kalian ingin menariknya, maka kalian tidak akan dikenakan biaya apa pun, kecuali jika kalian ingin menariknya secara fisik dan mengirimnya ke rumah kalian masing-masing.

Cara Paling Mudah untuk Berinvestasi

Kalian bisa memulai investasi yang menjanjikan ini hanya dengan menggunakan smartphone dan juga sebuah aplikasi Gojek. Untuk proses pendaftarannya pun bisa terbilang sangat sederhana untuk ukuran melakukan investasi. Kalian cukup menambahkan informasi email dan juga nomor telepon untuk bisa memulai investasi ini.

Kemudahan lainnya adalah, Go Investasi ini memiliki selisih harga jual dan juga beli yang kecil, yaitu sekitar hanya 3% saja. Kalian tidak perlu takut untuk tidak mendapatkan keuntungan dengan sistem yang terbilang sederhana ini.

Sesuai Syariah

Bagi para umat muslim, aspek syariah ini menjadi begitu penting. Dikarenakan berkaitan dengan keyakinan yang mereka pahami. Namun, kalian tidak perlu khawatir, karena digital gold telah disertifikasi oleh lembaga Majelis Ulama Indonesia sehingga emas yang diinvestasikan telah terjamin sesuai syariat.

Keuntungan Investasi Emas di Tokopedia

Selajutnya bagi kalian yang ingin melakukan investasi emas melalui aplikasi Tokopedia ini, kalian juga bisa menikmati berbagai macam fitur unggulan yang menarik ketika melakukan investasi tersebut. Keuntungannya adalah:

  1. Tokopedia Emas telah bekerja sama dengan PT Pegadaian yang juga diawasi oleh lembaga OJK (Otoritas Jasa Keuangan).
  2. Nabung emas menjadi lebih seru dikarenakan terdapat beragam fitur spesial yang bisa digunakan seperti jual beli instan, Misi Emas, terdapat juga Kado Emas, hingga fitur Langganan.
  3. Memakai akad jual dan beli secara tunai dan juga wadi’ah (titipan), serta telah melalui persetujuan dari Dewan Pengawas Syariah yaitu Majelis Ulama Indonesia.

Keuntungan-keuntungan tersebut bisa kalian dapatkan jika berinvestasi pada Tokopedia. Sedangkan bagi kalian yang ingin melakukan trading pada GIC, kalian bisa melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan mengisi Trader Assessment sehingga kalian bisa menanyakan hal apa saja mengenai trading itu sendiri.

Manfaat Investasi Emas

Setelah mempelajari apa saja keuntungan investasi emas, kali ini kita akan membahas mengenai apa saja manfaat dari investasi emas itu sendiri. Manfaat-manfaat yang dapat kalian nikmati adalah:

Perlindungan dari Inflasi

Bisa dikatakan bahwa emas merupakan satu-satunya dari produk komoditas yang dapat mempertahankan nilainya dengan jangka waktu yang panjang dan mampu menaklukkan sebuah inflasi. Dengan nilai yang terus meningkat seiring dengan besarnya biaya hidup, maka emas seringkali mencapai nilai tertingginya pada periode inflasi yang tinggi. Saat terjadinya kenaikan inflasi, nilai uang itu sendiri pun menjadi rendah. Begitu juga sebaliknya, emas yang justru naik lebih tinggi dari harga sebelumnya menjadikan emas semakin berharga.

Emas sebagai Diversifikasi

Investasi emas ini termasuk jenis investasi yang sangat baik untuk dilakukan diversifikasi. Alasannya, dikarenakan logam mulia sedang memiliki risiko yang sangat rendah namun juga nilainya yang terus mengalami kenaikan. Selain itu juga, pergerakan emas biasanya mempunyai arah yang berlawanan dengan pasar saham. Maka, jika pada saat pasar saham sedang mengalami penurunan, maka pemilik emas tidak akan mengalami kerugian yang terlalu parah karena harga emas yang akan meningkat. Di sisi lain manfaat dari diversifikasi adalah dapat menjaga aset emas dari suatu peristiwa ekonomi yang tidak terduga nantinya.

Nilainya Selalu Meningkat

Investasi emas ini memiliki risiko yang sangat minim. Salah satu alasannya adalah keberadaan emas saat ini sedang sangat diminati oleh kalangan masyarakat seperti halnya pada negara India yang mana emas telah dianggap sebagai hal yang menguntungkan dan tidak ada perayaan yang lengkap jika tanpa adanya emas ini. Selain itu, untuk keterbatasan pasokan emas juga telah memastikan bahwa harga emas akan selalu mengalami kenaikan yang signifikan serta memiliki suatu permintaan yang sangat tinggi.

Likuiditas yang Tinggi

Permintaan emas yang tinggi bisa memastikan bahwa komoditas emas ini mudah dijual. Kondisi tersebut membuat produk emas menjadi aset yang sangat likuid. Keberadaan emas menjadi sangat dihargai di manapun emas tersebut berada sehingga produk tersebut akan sangat mudah untuk dicairkan menjadi uang tunai jika saat sedang mengalami masa krisis.

Penyeimbang Devaluasi Mata Uang

Ketidakpastian dari keuangan akan mengakibatkan mata uang yang terkuat tersebut kehilangan nilainya. Pada saat mata uang ini dapat dicetak ‘sesuka hati’, maka sebaliknya emas dapat dijadikan sebagai aset yang berwujud dan tidak dapat direproduksi dengan mesin sehingga diyakini emas dapat melindungi para investor dari suatu devaluasi pada mata uang.

Mudah Diperjualbelikan

Emas merupakan barang yang sangat mudah untuk diperjualbelikan berkat kemampuannya ketika mempertahankan nilai dalam jangka waktu yang panjang. Emas juga dapat bertahan dari ketidakpastian finansial yang selalu mengalami penurunan maupun kenaikan. Maka dari itu, sebagian besar negara di dunia percaya bahwa dengan memiliki cadangan emas yang sangat besar maka kondisi tersebut dapat digunakan untuk bisa memerangi berbagai macam situasi yang ada.

Trader Assessment

Emas Mudah Dimiliki

Seiring dengan berkembangnya teknologi, sekarang ini untuk bisa memiliki investasi emas tidak membutuhkan proses yang panjang. Hanya dengan melakukan pemanfaatan pada media elektronik, maka setiap individu tetap bisa melakukan investasi emas baik itu dalam bentuk perhiasan, kepingan, atau bahkan dengan batangan.

Setelah mengetahui mengenai apa saja keuntungan investasi emas pada berbagai macam platform dan juga aplikasi beserta dengan manfaat yang akan didapat, kalian juga tetap harus mempelajari apa saja syarat dan juga ketentuan yang berlaku pada platform maupun aplikasi tersebut jika ingin melakukan investasi pada platform tersebut. Dengan begitu, kalian bisa dengan mudah mendapat keuntungan dan juga kemudahan dalam menjalankan investasi tersebut.

Demikian artikel dan juga informasi yang telah dibahas oleh GICTrade mengenai “Keuntungan Investasi Emas dalam Berbagai Platform”. Jika kalian ingin mencari pembahasan yang lainnya, kalian juga bisa mencari informasi lainnya mengenai biografi, scam, maupun hal dalam keuangan yang lain dalam trivia, seperti “Investasi Tanah: Cara, Keuntungan, dan Tips” yang hanya bisa kalian akses pada Jurnal GIC. Kalian juga bisa lebih mendalami lagi berbagai macam ilmu dalam forex pada GICTrade, dengan melalui ebook scalping mapun NFP live trading.

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami