Intraday Trading adalah : Kelebihan, Kekurangan dan Indikator Terbaik

Artikel ini terakhir di perbaharui August 30, 2022 by suharyani
Intraday Trading adalah : Kelebihan, Kekurangan dan Indikator Terbaik

Intraday trading adalah sebuah proses transaksi jual beli saham pada hari yang sama. Simak artikel dibawah ini untuk mengetahui tentang intraday trading lebih lanjut. 

Apa itu Intraday Trading?

Intraday trading adalah proses menjual dan membeli saham di hari yang sama. Perdagangan intraday juga dikenal sebagai Day Trading. 

Harga saham terus berfluktuasi sepanjang hari dan pedagang intraday mencoba menarik keuntungan dari pergerakan harga ini dengan menjual saham dan membeli saham pada hari perdagangan yang sama.

Day trading mengacu pada pembelian dan penjualan saham di hari yang sama sebelum pasar tutup. Namun jika gagal melakukannya, broker anda mungkin akan mengganti posisi Anda atau mengubahnya menjadi delivery trade. 

Jenis perdagangan ini selalu menguntungkan apakah seseorang adalah pedagang berpengalaman atau pemula karena indikator dan tren pasar akan memandu mereka dengan benar.

intraday adalah

Kelebihan dan Kekurangan Day Trading 

Kelebihan yang paling signifikan pada perdagangan intraday yaitu posisi tidak dapat terpengaruh oleh berita semalam yang kemungkinan negatif, yang berpotensi untuk mempengaruhi suatu harga sekuritas secara material. Berita tersebut yang mencakup laporan ekonomi dan juga pendapatan penting, serta suatu peningkatan dan juga penurunan peringkat pada broker yang terjadi, baik sebelum pasar buka ataupun setelah pasar ditutup.

Perdagangan di dalam basis day trading menawarkan beberapa benefit utama lainnya. Salah satu keuntungan dari intraday trading yaitu kemampuan untuk menggunakan order stop loss yang ketat. Aktivitas untuk menaikkan harga stop dan juga meminimalisir kerugian pada posisi long. Kelebihan lainnya termasuk peningkatan akses ke margin dan karenanya, leverage yang lebih besar. Perdagangan intraday juga dapat memberi peluang belajar lebih banyak pada pedagang.

Namun selain ada kelebihan, terdapat juga kerugian dari perdagangan intraday. Kerugian dari perdagangan intraday yaitu kekurangan waktu atau tidak memiliki waktu yang cukup untuk suatu posisi dapat melihat peningkatan laba, di dalam beberapa kasus terdapat keuntungan, dan peningkatan pada biaya komisi dikarenakan perdagangan yang lebih sering mengambil margin keuntungan yang dapat diharapkan pedagang.

Kelebihan Intraday Trading

Berikut kelebihan dari intraday trading adalah :

Mengakhiri Risiko Semalam

Salah satu keuntungan utama intraday adalah tidak memiliki risiko semalam. Karena, pedagang harus menutup posisi sebelum akhir hari perdagangan, memastikan bahwa profitabilitas tetap tidak berubah oleh peristiwa atau pergerakan yang terjadi selama periode ini. Jadi, setiap tragedi pasar saham baik itu global atau lokal tidak akan dapat mempengaruhi keuntungan Anda pada hari itu.

Memberikan Pengembalian Lebih Tinggi

Ketika konsep intraday digabungkan dengan strategi trading yang efektif maka Anda dapat menyaksikan keuntungan yang luar biasa dalam waktu singkat. Tapi, sekali lagi kuncinya di sini terletak pada jenis strategi yang Anda kembangkan beserta metode yang digunakan untuk mengimplementasikannya.

Leverage Empat Kali Lipat

Manfaat besar lainnya adalah siapapun dengan modal kecil dapat memulai perjalanan perdagangan harian mereka. Selain itu, ada beberapa broker yang memberikan keuntungan leverage empat kali lipat khusus untuk broker berpengalaman yang telah memperoleh jutaan atau lebih di akun perdagangan terdaftar mereka.

Peluang Besar untuk Belajar

Tidak diragukan lagi, intraday menawarkan platform yang sangat berharga untuk mempelajari, memeriksa, dan menerapkan berbagai teknik perdagangan dalam waktu singkat, memungkinkan Anda untuk menguji strategi dan kemudian menentukan mana yang paling cocok untuk Anda.

Kekurangan Intraday Trading

Selain kelebihan intraday juga memiliki kekurangan, simak kekurangannya dibawah ini : 

Sangat Berisiko

Salah satu kelemahan utama perdagangan intraday adalah sangat berisiko, itulah alasan mengapa sebagian besar pedagang kehilangan modal awal mereka dalam waktu 2-3 bulan setelah memulai pekerjaan ini. Manajemen risiko dan perdagangan adalah kunci sukses dalam perdagangan intraday dan seseorang harus belajar untuk menggabungkannya dengan penuh perhatian. 

Bukan pekerjaan paruh waktu

Perdagangan intraday mengharuskan seseorang untuk duduk di depan mejanya dari pukul 9:00 – 15:30, melacak pasar secara efisien dan kemudian memiliki bias spekulatif. Ini membutuhkan komitmen penuh waktu, ketepatan dan banyak disiplin yang tidak mungkin dilakukan dengan pekerjaan paruh waktu. 

Membutuhkan fokus yang ekstrim

Perhatian terhadap detail dan mental Kekuatan: Beberapa trader melakukan trading setiap 15 detik di Intraday. Dalam skenario itu, melayang ke pekerjaan lain, atau melihat smartphone bisa membuat kita kehilangan perdagangan. Perhatian seseorang terhadap detail kecil dan fokus harus sangat tinggi sepanjang hari dalam perdagangan intraday. Intraday melelahkan secara mental dan bukan untuk semua orang. 

Volatilitas

Volatilitas  grafik 5 menit atau 30 menit sangat tinggi jika dibandingkan dengan grafik bulanan atau 6 bulan. Inilah sebabnya mengapa sedikit lebih mudah untuk berdagang di grafik jangka panjang. 

3 Indikator Terbaik untuk Intraday Trading

Indikator intraday membantu melacak tren pasar dan paling dapat diandalkan karena didasarkan pada perhitungan dan bukan asumsi. Indikator-indikator ini memberikan informasi terkait pergerakan harga berdasarkan trend yang mereka pelajari. 

Indikator-indikator ini juga membantu para pedagang untuk mendapatkan wawasan tentang penawaran dan permintaan sekuritas serta untuk memahami psikologi pasar. 

Berikut adalah beberapa mode indikator yang berbeda di mana indikator atau alat intraday dikategorikan :

Oscillator

Oscillators umumnya merupakan sekelompok indikator yang cenderung bergerak naik turun antara batas atas dan bawah. Indikator jenis indikator yang banyak digunakan termasuk Commodity Channel Index (CCI), Stochastics, Relative Strength Indicator (RSI), dan Moving Averages Convergence Divergence (MACD).

Volume

Volume adalah Indikator utama yang bergantung pada volume perdagangan. Mereka menggabungkan data volume dengan data harga dan membantu menunjukkan kekuatan sebuah tren. Indikator paling populer dari jenisnya adalah Aliran Uang Chaikin dan Volume Saldo (OBV).

Overlays

Overlay adalah indikator yang paling populer. Ini overlay langsung pada pergerakan harga saham. Ini juga melayani sejumlah tujuan yang berbeda dan beberapa pedagang bahkan mempertimbangkan beberapa overlay untuk keuntungan terbaik mereka. Beberapa contoh populer dari jenis indikator ini adalah Bollinger Bands, Moving Averages, Keltner Channels, Parabolic SAR, dan Fibonacci Extensions and Retracements.

Time-Frame Terbaik untuk Intraday Trading

Keberhasilan perdagangan intraday tergantung pada pengaturan waktu yang tepat, yang berarti masuk dan keluar pada waktu yang tepat. Ini membutuhkan banyak pemahaman tentang kerangka waktu perdagangan intraday untuk menempatkan perdagangan.

Ketika datang ke perdagangan intraday, grafik harian adalah grafik yang paling umum digunakan yang mewakili pergerakan harga pada interval satu hari. Grafik ini adalah teknik perdagangan intraday yang populer dan membantu menggambarkan pergerakan harga antara bel pembukaan dan penutupan sesi perdagangan harian. Ada beberapa metode di mana grafik intraday dapat digunakan. Ketahui tentang beberapa grafik yang paling umum digunakan.

Seorang pedagang yang terampil terus-menerus mempelajari grafik untuk analisis tren jangka pendek, menengah dan panjang. Dari grafik per jam yang menggambarkan pergerakan harga yang dipecah menjadi segmen per jam hingga grafik tick yang mewakili setiap perdagangan yang dieksekusi di pasar, pedagang menggunakan berbagai grafik perdagangan harian. Grafik perdagangan reguler yang banyak digunakan tercantum di bawah ini.

  • Grafik per jam intraday
  • Grafik 15 menit
  • Grafik 5 menit
  • Bagan 2 menit
  • Grafik perdagangan tick

Strategi Trading Intraday Agar Sukses

Trader menggunakan banyak strategi intraday. Strategi ini meliputi :

Scalping

Scalping, yang mencoba menghasilkan banyak keuntungan kecil pada perubahan harga kecil sepanjang hari.

Range Trading

Perdagangan rentang, yang terutama menggunakan level support dan resistance untuk menentukan keputusan beli dan jual mereka

Trading Berbasis Berita

Perdagangan berbasis berita, yang biasanya menangkap peluang perdagangan dari volatilitas yang meningkat di sekitar acara berita

Semua itu adalah detail tentang intraday trading,semoga dapat membantu anda untuk mengetahui tentang daytrading lebih lanjut lagi. 

Anda juga dapat membaca artikel kami yang lain dengan mengunjungi website kami. Selain itu dapatkan info-info kelas trading forex gratis dengan follow instagram GICTrade !

Anda juga dapat memulai trading dengan GICTrade, Daftar Sekarang !!!

GIC

suharyani
"Writing is easy. All you do is stare at a blank sheet of paper until drops of blood form on your forehead.” – Gene Fowler. Ani is a content and copywriter who really loves her job and very interested in the digital marketing field especially Social Media and SEO.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami