Cara Beli Cryptocurrency Beserta Platform yang Digunakan

Artikel ini terakhir di perbaharui June 27, 2022 by Wachda Mihmii
Cara Beli Cryptocurrency Beserta Platform yang Digunakan

Dewasa ini masyarakat semakin tertarik dengan adanya investasi dalam berbagai instrumen yang ada. Mereka biasa memilih instrumen seperti emas, saham, komoditas, forex, dan juga mata uang kripto. Terlebih lagi pada mata uang kripto atau cryptocurrency ini, dikarenakan penawarannya mengenai imbal hasil yang sangat tinggi hingga ratusan persen dari modal milik kalian dengan hitungan hari saja.

Cara beli cryptocurrency ini tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Kalian harus memahami langkah-langkah yang ada dengan berbagai macam tekniknya. Maka kali ini kita akan membahas mengenai bagaimana cara beli cryptocurrency melalui penjelasan pada artikel berikut ini.

Apa Itu Cryptocurrency

Cryptocurrency adalah token digital. Mereka adalah jenis mata uang digital yang memungkinkan orang melakukan pembayaran langsung satu sama lain melalui sistem online. Cryptocurrency tidak memiliki nilai hukum atau intrinsik; mereka hanya sepadan dengan apa yang orang bersedia bayar untuk mereka di pasar. Hal ini berbeda dengan mata uang nasional, yang mendapatkan sebagian nilainya karena disahkan sebagai alat pembayaran yang sah. Ada sejumlah cryptocurrency – yang paling terkenal adalah Bitcoin dan Ether.

Aktivitas di pasar cryptocurrency telah meningkat secara signifikan. Ketertarikan dengan mata uang ini tampaknya lebih bersifat spekulatif (membeli cryptocurrency untuk mendapatkan keuntungan) daripada terkait dengan penggunaannya sebagai sistem baru dan unik untuk melakukan pembayaran. Terkait dengan ini, ada juga tingkat volatilitas yang tinggi pada harga banyak mata uang kripto. Misalnya, harga Bitcoin meningkat dari sekitar US$30.000 pada pertengahan tahun 2021 menjadi hampir US$70.000 menjelang akhir tahun 2021 sebelum turun menjadi sekitar US$35.000 pada awal tahun 2022. Mata uang kripto saingan seperti Ether telah mengalami volatilitas yang serupa. Ketertarikan yang luar biasa pada mata uang kripto juga telah melihat peningkatan jumlah daya komputasi yang digunakan untuk memecahkan kode kompleks yang banyak digunakan oleh sistem ini untuk membantu melindunginya agar tidak rusak. Terlepas dari meningkatnya minat terhadap cryptocurrency, ada skeptisisme tentang apakah mereka dapat menggantikan metode pembayaran yang lebih tradisional atau mata uang nasional.

Cara Beli Cryptocurrency

Terdapat banyak platform yang bisa kalian jadikan sebagai sarana untuk membeli aset kripto ini. Cara tersebut bisa kalian lihat di bawah ini.

Cara Beli Cryptocurrency di Coinbase

  1. Masuk ke Coinbase.
  2. Pilih Beli / Jual di sisi kanan atas.
  3. Klik panel Beli untuk memilih aset yang ingin Anda beli.
  4. Masukkan jumlah yang ingin Anda beli dalam mata uang kripto atau mata uang lokal Anda.
  5. Pilih metode pembayaran Anda.
  6. Klik Pratinjau Beli untuk mengonfirmasi pembelian Anda (Anda selalu dapat mengeklik panah kembali untuk melakukan perubahan).
  7. Jika detailnya benar, klik Beli untuk menyelesaikan pembelian Anda.

Jika Anda ingin melakukan ini sebagai pembelian berulang, klik Pembelian satu kali dan pilih seberapa sering Anda ingin pembelian berulang.

Cara Beli Cryptocurrency di Aplikasi Seluler Coinbase

1. Ketuk   Beli  di tab Beranda.

2. Pilih aset yang ingin Anda beli.

3. Masukkan jumlah yang ingin Anda beli dalam mata uang kripto atau mata uang lokal Anda.

4. Pilih  Pratinjau Beli  untuk meninjau pembelian Anda (Anda selalu dapat mengetuk tombol kembali untuk melakukan perubahan).

5. Jika semua detail sudah benar, ketuk  Beli sekarang  untuk menyelesaikan pembelian Anda.

Jika Anda ingin melakukan ini sebagai pembelian berulang, ketuk  Pembelian satu kali  dan pilih seberapa sering Anda ingin pembelian berulang.

Cara Beli Cryptocurrency di Binance

  1. Buat akun gratis di situs web atau aplikasi Binance.
    Akun Binance Anda bertindak sebagai pintu gerbang untuk membeli kripto. Tetapi sebelum Anda dapat membeli Bitcoin (BTC), Anda harus membuka akun dan memverifikasi identifikasi Anda.
    • Daftar melalui Aplikasi Binance
    • Daftar melalui situs web menggunakan email Anda
    • Daftar melalui situs web menggunakan nomor ponsel Anda
  2. Pilih bagaimana Anda ingin membeli aset Bitcoin (BTC).
    Klik tautan “Beli Crypto” di kiri atas navigasi situs web Binance, yang akan menampilkan opsi yang tersedia di negara Anda.
    Untuk kompatibilitas koin yang lebih baik, pertimbangkan untuk membeli stablecoin seperti USDT atau BUSD terlebih dahulu, lalu gunakan koin itu untuk membeli Bitcoin (BTC).
    • A. Kartu Kredit/Debit

      Jika Anda adalah pengguna baru, ini adalah opsi termudah untuk membeli Bitcoin (BTC). Binance mendukung Visa dan MasterCard.
      Cara Membeli Crypto dengan Kartu Kredit/Debit di situs web
      Cara Membeli Crypto dengan Kartu Kredit/Debit di aplikasi
    • B. Setoran Bank

      Jika Anda adalah pengguna baru, ini adalah opsi termudah untuk membeli Bitcoin (BTC). Binance mendukung Visa dan MasterCard.
      Cara Menyetor USD melalui SWIFT
    • C. Perdagangan P2P

      Beli Bitcoin (BTC) langsung dari pengguna lain dengan layanan peer-to-peer Binance.
      Bagaimana Cara Membeli Cryptocurrency di Binance P2P (web)?
      Bagaimana Cara Membeli Cryptocurrency di Binance P2P (App)?
    • D. Pembayaran Pihak Ketiga

      Ada beberapa opsi untuk saluran pembayaran pihak ketiga. Silakan, kunjungi FAQ Binance untuk memeriksa mana yang tersedia di wilayah Anda.
  3. Buat akun gratis di situs web atau aplikasi Binance.
    Anda memiliki 1 menit untuk mengkonfirmasi pesanan Anda pada harga saat ini. Setelah 1 menit, pesanan Anda akan dihitung ulang berdasarkan harga pasar saat ini. Anda dapat mengklik Refresh untuk melihat jumlah pesanan baru.
  4. Simpan atau gunakan Bitcoin (BTC) Anda di Binance.
    Sekarang setelah Anda membeli kripto Anda, Anda dapat menyimpannya di dompet kripto pribadi Anda atau cukup menyimpannya di akun Binance Anda. Anda juga dapat berdagang untuk crypto lain atau mempertaruhkannya di Binance Earn untuk penghasilan pasif.

Cara Menjual Cryptocurrency

Setelah Anda membeli cryptocurrency Anda, akan tiba saatnya Anda ingin menjualnya. Ini adalah cara menjual cryptocurrency dengan aman.

1. Dapatkan Dompet Cryptocurrency

Bagi Anda untuk mulai berurusan dengan mata uang digital, Anda memerlukan tempat untuk menyimpannya, dan di situlah dompet cryptocurrency masuk. Sederhananya, dompet crypto adalah alat vital untuk membeli, memperdagangkan bitcoin, dan menjual cryptocurrency. Mereka tidak hanya membantu dalam menyimpan cryptocurrency dengan aman tetapi juga memvalidasi informasi transaksi. Dompet Crypto bisa datang baik sebagai perangkat keras atau perangkat lunak Penting untuk dicatat bahwa setiap cryptocurrency membutuhkan jenis dompet yang berbeda, sebagian besar dompet dapat menyimpan beberapa jenis koin kripto. Pastikan memiliki dompet yang dapat menampung berbagai mata uang jika ingin bermodalkan dalam trading cryptocurrency.

2. Pilih Blockchain Bitcoin

Blockchain Bitcoin dan blockchain cryptocurrency lainnya berjalan pada teknologi blockchain yang merupakan buku besar terdesentralisasi yang berarti bahwa mereka tidak dikendalikan oleh pihak ketiga atau lembaga keuangan. Mereka menawarkan transaksi yang aman dan instan di mana pengguna dapat mengkonfirmasi transaksi, mengelola transfer dana, dan menyelesaikan perdagangan. Blockchain yang berbeda datang dengan biaya berbeda yang terkait dengan transfer uang dan barang digital.

3. Pilih Mata Uang Anda

Kumpulan cryptocurrency yang tersedia telah tumbuh secara dramatis sejak debut Bitcoin lebih dari satu dekade lalu. Ada ribuan cryptocurrency di pasar dan termasuk Dogecoin, Ethereum, Litecoin, dan lainnya. Beberapa mungkin tidak terlalu dikenal dan mungkin tidak banyak ditampilkan dalam hal volume perdagangan. Untuk memaksimalkan perdagangan cryptocurrency, cari cryptocurrency yang diterima secara universal dan dapat diperdagangkan di beberapa bursa cryptocurrency.

4. Tambahkan Cryptocurrency Anda ke Dompet Anda

Setelah Anda membuka dompet online, Anda perlu menyimpan beberapa cryptocurrency di dalamnya agar Anda dapat mulai berspekulasi pasar. Anda bisa mulai dengan membeli bitcoin, menggunakan dompet kertas atau dompet perangkat keras untuk mentransfer mata uang kripto Anda ke dompet digital Anda.

5. Pilih Bagaimana Anda Ingin Menjual Bitcoin

Ada beberapa cara di mana Anda dapat menjual bitcoin atau cryptocurrency lainnya. Di bawah ini adalah beberapa opsi yang tersedia:

Pertukaran Mata Uang Kripto

Pertukaran Crypto atau aplikasi Crypto bertindak sebagai pasar untuk perdagangan cryptocurrency. Mereka menawarkan beberapa alat seperti analitik tingkat lanjut, keamanan yang kuat, fitur yang mudah digunakan, dukungan dan menawarkan biaya yang relatif lebih rendah yang membuat pembelian dan penjualan bitcoin atau mata uang kripto lainnya menjadi mudah.

ATM Bitcoin

Anda dapat menggunakan ATM atau kios Bitcoin untuk menjual bitcoin. Yang harus Anda lakukan adalah masuk ke akun Anda, tunjukkan berapa banyak Bitcoin yang ingin Anda jual, dan alamat dompet kripto mana yang ingin Anda jual. Setelah diverifikasi, Anda akan menerima pemberitahuan dan dapat menarik uang tunai Anda.

Pertukaran Peer to Peer

Pertukaran Peer-to-Peer (P2P) adalah platform cryptocurrency di mana pengguna dapat bertukar crypto secara pribadi satu sama lain tanpa menggunakan perantara. Untuk menjual bitcoin di bursa P2P, pengguna perlu membuat akun dan memverifikasi identitas mereka dan menjalankan bisnis penjualan bitcoin dan mata uang kripto lainnya.

Pialang 

Beberapa broker memfasilitasi penjualan bitcoin dengan bertindak sebagai perantara antara pembeli dan penjual. Kelemahannya adalah mereka sering membebankan biaya komisi yang lebih tinggi dibandingkan dengan pertukaran crypto.

Transaksi tatap muka

Anda juga dapat memilih untuk menjual cryptocurrency Anda secara langsung melalui penggunaan platform online. Yang harus Anda lakukan hanyalah memilih untuk bertemu dengan pembeli, buka situs web bitcoin, buat akun, verifikasi identitas Anda, dan hubungkan rekening bank Anda. Setelah Anda membuka akun, Anda dapat mengirim bitcoin (BTC) yang ingin Anda jual ke alamat Bitcoin tertentu. Setelah penjualan diproses, Anda akan menerima uang tunai di rekening bank Anda. Anda juga bisa s?m?l? memindai QR ??d? ?n telepon pembeli ?n melakukan transaksi juga.

Demikianlah pembahasan dari GICIndonesia yang menjelaskan mengenai “Cara Beli Cryptocurrency Beserta Platform yang Digunakan”. Kalian juga bisa sedikit mengulik mengenai pembahasan-pembahasan trivia lainnya tentang bitcoin, pattern, maupun seputar perekonomian dunia yang lainnya, seperti “Mengenal Apa itu Cryptocurrency, Kelebihan & Cara kerjanya” yang bisa kalian baca-baca juga pada Jurnal GIC. Perlu kalian lakukan juga untuk bisa memperdalam beberapa ilmu dan juga informasi trading lainnya pada GICTrade, dengan melalui melalui ebook, maupun NFP live trading. Dan yang terakhir, jangan lupa juga untuk melakukan registrasi agar bisa trading bersama GIC. Serta, kalian bisa melakukan trading dengan deposit minimal Rp 150.000!

Wachda Mihmii
SEO writer who is experienced in various Indonesian national media. Aspiring to be a book or novel writer. Has experience as a Creative Director.

Daftarkan Diri Anda Sekarang


Setelah melakukan pendaftaran anda akan diberikan video workshop dari Trader Profesional Kami