Apa itu Earnings Calendar & Apa Pengaruhnya Terhadap Harga

Artikel ini terakhir di perbaharui May 3, 2021 by Akhmad Zico Fadlansyah
Apa itu Earnings Calendar & Apa Pengaruhnya Terhadap Harga

Apa itu Earnings Calendar? Earnings Calendar adalah jadwal triwulanan dan jadwal yang mencantumkan tanggal rilis individual dari laporan keuangan yang berisi data kinerja untuk perusahaan yang diperdagangkan secara publik. Rilis ini terjadi pada bulan-bulan setelah akhir setiap kuartal fiskal tahun ini. Tidak semua perusahaan merilis data mereka pada tanggal yang sama, yang membuat jadwal atau kalender.

Keterlambatan setelah akhir kuartal disebabkan oleh periode akuntansi yang memungkinkan perusahaan untuk menyiapkan data yang dikumpulkan. Banyak dokumen penting diperbarui pada saat ini, termasuk laporan laba rugi perusahaan, neraca, dan laporan arus kas. Informasi penting lainnya juga dirilis, termasuk laba bersih, penjualan bersih, dan laba bersih per saham.

Laba per saham (EPS) sering menjadi informasi utama dari data yang dirilis karena ini adalah pengukuran cepat kinerja perusahaan. EPS adalah salah satu alat paling penting yang digunakan untuk mengevaluasi dan membuat keputusan investasi tentang suatu perusahaan.

Investor dan analis dengan cermat menganalisis informasi EPS yang diperbarui untuk mengukur kinerja perusahaan relatif terhadap pendapatan yang diharapkan. Jika laporan EPS aktual berbeda secara signifikan dari ekspektasi pasar, harga saham dapat berubah dengan cepat dan dramatis. EPS adalah salah satu pilar penentuan nilai suatu saham karena itu menunjukkan profitabilitas, pertumbuhan, dan kinerja relatif.

Earnings Calendar di Investing.com

Earnings Calendar yang muncul sebagai tab di bawah tautan Kalender Ekonomi di Investing.com, mencantumkan tanggal serta semua data penting mendatang yang akan dirilis. Itu ditata berdasarkan tanggal dalam tabel dengan kolom yang bisa diurutkan.

Tombol-tombol di bagian atas tabel memungkinkan pengguna untuk melihat kembali pada rilis yang terjadi baik ‘kemarin,’ dan ‘hari ini,’ tetapi juga rilis yang akan datang dikelompokkan besok, minggu ini, dan minggu depan. Ikon kalender di sisi kanan bilah menu memungkinkan pengguna untuk memilih tanggal atau blok tanggal tertentu.

Tombol filter di kanan atas tabel memungkinkan pengguna memfilter menurut negara, sektor, dan pentingnya laporan ke pasar. Perhatikan bahwa menggunakan tautan Hapus di kiri atas jendela filter menghapus semua data yang dipilih untuk memulai pencarian yang dipersempit. Tautan Pilih Semua harus digunakan jika pencarian luas lebih disukai.

Kunjungi GIC Indonesia untuk mendapatkan informasi seputar dunia trading. Anda juga bisa bergabung bersama kami di dalam Telegram Community GIC Trade dan Telegram Channel GIC Trade. Jangan lupa check akun Youtube GIC Indonesia yang penuh dengan banyak informasi, serta follow akun Instagram Kami untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai webinar menarik yang bisa Anda ikuti.

Desi Novitasari
Knowledge is like a garden, if not cultivated, it cannot be harvested.