Pernah dengar copy trade, tapi masih bingung apa itu copy trade? Akhir -akhir ini kata copy trade memang semakin populer di dunia trading. Berikut ulasannya. Akan tetapi sebelum membahas mengenai copytrade itu sendiri, kalian bisa mengisi melakukan registrasi di GIC dan lakukan trading sekarang!

Apa itu copy trade?

Copy trading sebetulnya bukan hal yang benar-benar baru, karena sudah dikenal oleh kalangan investor pada 2000-an di pasar keuangan seperti untuk trading forex. Seorang yang menerapkan copy trade dikenal dengan istilah copy trader. Copy trade sendiri dapat diartikan sebagai upaya meng-copy atau menyalin langkah-langkah trader profesional dan berpengalaman, kemudian menerapkannya pada aktivitas trading Anda dengan tujuan mendapatkan profit trading sebanyak mungkin. Copy trading Bisa juga diartikan sebagai salah satu layanan yang memungkinkan trader secara otomatis mengcopy posisi trading yang dilakukan oleh trader ahli dengan menautkan akun yang dimiliki.  Jika kalian merupakan seorang copy trader, maka kalian akan dituntut untuk mempelajari hal-hal yang dilakukan oleh para master trader supaya kalian bisa  menerapkan strategi dan indikator secara efisien dan efektif untuk memperoleh keuntungan dari waktu ke waktu saat membuka dan menutup transaksi perdagangan. Salah satu tantangan terbesar bagi seorang copy trader itu adalah memilih dan menentukan trader top manakah yang bisa mendatang profit banyak mewujudkan. Oleh karena itu, seorang copy trader harus menemukan seorang trader profesional yang mempunyai konsistensi dan kesabaran yang tinggi, tidak hanya mereka yang dapat mendatangkan profit finansial yang maksimal. Untuk menentukan trader yang ingin dicopy, kalian bisa saja melihat history/rekam jejak trader top tersebut saat melakukan trading demi menepis keraguan Anda saat menjatuhkan pilihan nantinya. Apabila trader profesional tersebut ternyata mulai menghadapi penurunan keuntungan, seorang copy trader tidak boleh takut untuk menerapkan cut loss/pemotongan kerugian kapan saja, sebab bagaimanapun juga seorang trader top yang dicopy tersebut hanyalah manusia biasa yang bisa mengalami performa buruk sewaktu-waktu pada dunia trading.  Artinya mereka bisa saja melakukan kesalahan dalam mengambil strategi sehingga usaha mereka malah justru mendatangkan kerugian daripada keuntungan yang diharapkan. Sejago-jagonya mereka dalam bertrading, pasti tidak akan selalu memperoleh profit, oleh karena itulah sangat disarankan untuk menggunakan fitur stop loss pada akun Anda untuk meminimalisir resiko kerugian. Jika telah mengetahui apa itu copy trade, kalian bisa mengajarkan hal tersebut pada teman kalian dan mengajak teman untuk ikut bergabung pada program GIC Affiliate. Bisa juga kalian menjadi seorang IB agar mendapatkan income pasif tambahan yang selalu masuk ke kantong kalian.

Bagaimana cara kerja copy trading?

Pada kenyataannya, melakukan copy trade bisa saja berbeda-beda tergantung dari platform broker yang kalian pilih. Namun, penerapannya memiliki prinsip-prinsip dasar yang sama, yaitu Anda memilih seorang trader top profesional terbaik menurut Anda, dan menyalin segala trading-nya ke dalam trading Anda. Namun, sebelum melakukan copy trade, maka kalian harus membuat akun dan melakukan pendaftaran pada sebuah perusahaan broker pilihan yang terpercaya dan terbaik. Copy trade ini sendiri merupakan kegiatan yang melibatkan performa trader yang bisa dilihat dari grafik dan statistik. Anda hanya perlu melihat strategi yang mereka gunakan, pengalaman sukses mereka dalam bertrading, manajemen risiko yang mereka tentukan, dan lain-lain. Oleh karena itu, pada copy trade ini, jika trader yang Anda pilih pada saat Anda copy trade, membuka posisi trading yang baru, maka Anda juga akan membuka hal yang sama. Apabila trader mengambil posisi closing, maka Anda juga melakukan hal itu. Jika master trader berhasil mendatangkan keuntungan, maka Anda juga akan untung, namun jika trader merugi, Anda juga akan merugi. Berikut cara copy trade. Sudah mengerti mengenai cara kerja copy trade? Maka kalian bisa mengikuti Preliminary Test untuk mengetest bakat trading kalian melalui uji bakat tersebut.

Apa keuntungan dan kerugian copy trade?

Terdapat beberapa keuntungan dan juga kerugian dari copy trade itu sendiri. Berikut ini akan dijelaskan mengenai kedua hal tersebut.

Keuntungan copy trade

1. Trader baru lebih sedikit mengalami risiko

Karena copy trading mencerminkan strategi perdagangan dari para top trader yang sudah berpengalaman para trader pemula akan dapat mengurangi risiko trading dengan mengandalkan pengetahuan orang-orang yang telah berhasil melakukan perdagangan di ruang aset digital.

2. Belajar trading lebih mudah  

Mempelajari seluk beluk cara trading itu tidak mudah dan itu bisa memakan waktu. Jika seseorang memiliki jadwal yang sangat sibuk, mungkin hampir mustahil bagi mereka untuk menemukan waktu untuk trading, apalagi belajar bagaimana melakukannya. Copy trading bisa membantu trader pemula untuk mempelajari  strategi dan cara trading lebih mudah.

3. Ahli trader mendapatkan komisi

Bagi trader profesional ini adalah cara untuk mendapatkan komisi tambahan sambil melakukan apa yang mereka lakukan setiap hari.

4. Hemat Waktu

Copy trading menghemat waktu jika dibandingkan dengan perdagangan manual. Oleh karena itu, seorang trader yang tidak punya waktu atau tidak memiliki cukup pengetahuan, merasa lebih baik untuk menyalin perdagangan.

5. Edukasi

Menyalin perdagangan juga merupakan pendekatan terbaik untuk mempelajari strategi perdagangan. Platform ini juga memungkinkan trader untuk mengajukan pertanyaan dan membaca mengapa strategi trading tertentu diterapkan.

6. Akses ke Pasar Global

Pedagang memiliki keterbatasan, jadi tidak mungkin menjadi ahli di semua pasar dunia. Dengan bantuan platform copy trading, trader tidak akan terus dikhianati oleh pasar keuangan mana pun. Dalam metode copy trading, trader juga akan mendapatkan eksposur ke pasar global dan mendapatkan basis pengetahuan global.

7. Diversifikasi

Portofolio diversifikasi mungkin memiliki risiko yang sangat kecil, dan melakukan copy trading adalah salah satu cara terbaik untuk melakukannya. Ini membantu trader untuk menyalin perdagangan dari beberapa investor dan mendapatkan penghasilan yang baik dari bulan ke bulan.

Kerugian copy trade

1. Jeda waktu saat order

Satu masalah dengan platform copy trading adalah seberapa cepat pasar bergerak. Jeda pendek terjadi antara waktu trader berpengalaman membuat keputusan trading  dan salinan dibuat. Dalam jumlah waktu itu, kerugian bisa terjadi pada trader yang menyalin dan kurang berpengalaman

2. Platform yang sama

Kelemahan lain copy trade adalah bahwa trader harus menggunakan platform yang sama untuk melakukan trading. Ini berarti trader mungkin harus beralih ke platform yang menyediakan fitur tersebut  jika mereka ingin menggunakannya dan ini bukan merupakan hal yang disukai oleh trader ketika harus berpindah platform. 

Hal yang harus diperhatikan copy trader

Pelajari dan perhatikan akun dari top trader. Sesuaikan dengan trading yang ingin Anda lakukan. Jika Anda trader yang bermain dengan risiko kecil maka jangan pilih trader yang sering melakukan trading dengan risiko yang besar. Sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda. Lihat seberapa konsisten performa trader yang akan Anda pilih terlebih dahulu. Sebaiknya Anda memilih trader yang konsisten menghasilkan profit meski dengan persentase yang kecil, dibanding dengan mengikuti tradingan top trader yang mampu menghasilkan keuntungan besar tapi hanya waktu tertentu saja Jangan pernah ragu untuk melakukan cut manual dan mencari top trader lainnya, apabila top trader trader pilihan anda mulai mengalami penurunan dan menunjukan performa buruk. Dengan cara ini Anda bisa membatasi resiko yang akan anda tanggung agar tidak menjadi lebih besar lagi. Tetap perhitungkan seberapa besar resiko yang sanggup Anda terima melalui penggunaan stop loss. Hal ini berguna jika trader yang anda pilih memperbesar nilai SL mereka dari yang semestinya. Copy trading mungkin merupakan pilihan yang baik bagi mereka yang tertarik, tetapi sebagai trader tetap perlu mengasah keterampilan dalam menerapkan strategi trading sendiri dan menyediakan waktu untuk perdagangan agar Anda bisa belajar dan paham. Tetap berhati-hati dalam memilih trader ahli dan platform yang akan Anda pilih untuk copy trading. Kalian bisa menggunakan broker GIC untuk melakukan copy trading itu sendiri dengan cara mendownload aplikasi GIC pada Play Store ataupun App Store. Di GIC, kalian akan menemukan fitur copy trade ini dengan nama GIC Social Trade. Dengan menggunakan fitur GIC Social Trade, Anda sebagai trader bisa menjadi follower yang bisa mengikuti tindakan para master di dalam trading, baik melalui copy trade (mengikuti tindakan trading para master) atau reverse trade (melakukan tindakan sebaliknya, misal: master melakukan buy, Anda melakukan sell). Anda bisa memilih copy trade atau reverse trade tergantung dengan performa master yang sudah Anda pilih. Fitur ini memberikan keuntungan bagi trader pemula atau bagi trader yang kurang percaya diri dalam mengambil keputusan, namun ingin tetap profit. Selain itu, kelebihan dari GIC Social Trade sendiri adalah kalian bisa melakukan cross platform yaitu dari MT4 ke MT5 ataupun sebaliknya.

Masih bingung pilih platform untuk copy trade?

Jangan khawatir jika Anda adalah trader pemula, GIC memiliki ekosistem yang akan membantu Anda mulai dari platform trading, edukasi trading, fitur copy trading, dan fitur lainnya yang memudahkan Anda untuk berinvestasi. Belum kenal dengan GIC? Mari berkenalan. Berbeda dengan perusahaan pialang konvensional lainnya, GIC melalui platform GICTrade memberikan solusi bagi para trader yang tidak ingin dibebankan dengan tingginya biaya trading. GICTrade adalah sebuah platform peer-to-peer trading yang mempertemukan trader dan market maker. Lalu, apa istimewanya GICTrade? Sebagai platform yang mempertemukan trader dan market maker, Anda sebagai calon nasabah tentu bisa memilih diantara keduanya, yaitu menjadi trader atau market maker. Peran GICTrade sebagai penyedia tempat transaksi bisa meminimalisir biaya dan membantu memaksimalkan profit untuk para trader dan market maker serta menciptakan suasana transaksi dan hasil yang adil. Trader akan diuntungkan dengan tidak adanya biaya komisi dan biaya swap serta spread yang rendah karena adanya market maker sebagai penyedia likuiditas. Anda juga bisa bergabung dengan komunitas trader di Telegram GICtrade untuk bertanya langsung kepada sesama trader seputar pengalaman trading. Follow juga Instagram GIC untuk mendapatkan informasi webinar dan berbagai hadiah menarik. Selain itu, di YouTube GIC, para trader juga bisa belajar trading gratis loh! Tunggu apalagi? Makin lengkap fitur yang mendukung penuh Anda untuk memulai investasi dan trading forex melalui GIC. Jadikan transaksi lebih simpel, aman, dan menguntungkan. Mulailah dengan membuat akun demo. Di GIC Anda bisa loh melakukan copy trade lintas broker! Yuk coba. GIC