Analisa Saham: Pengertian, Jenis, hingga Aplikasi

Artikel ini terakhir di perbaharui October 7, 2021 by Rinaldi Syahran
Analisa Saham: Pengertian, Jenis, hingga Aplikasi
sumber oleh fullvector via freepick

Seringkali kegiatan investasi memiliki beberapa hal yang sulit untuk dipahami oleh orang awam. Contohnya seperti membuat keputusan saat ingin membeli atau menjual saham. Namun Sebenarnya kamu bisa membuat keputusan ini dengan analisa saham.

Analisa saham merupakan alat yang bisa membantu kamu dalam mengerti keadaan suatu perusahaan. Analisis saham ini juga dapat membantu kamu untuk membaca grafis yang terdapat di pasar saham sehingga kamu tidak akan kesulitan dalam mengartikan grafis grafis tersebut. Berikut adalah pengertian, jenis, serta aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk melakukan analisis.

Pengertian Apa Itu Analisa Saham

Dilihat dari Kamus Besar Bahasa Indonesia, analisa merupakan bentuk baku dari kata analisis yang merupakan penyelidikan terhadap suatu peristiwa untuk mengetahui keadaan yang sebenarnya. Analisis juga bisa diartikan sebagai penelaahan atau penguraian suatu bagian dan mencari hubungan antarbagian untuk bisa memperoleh konsep secara keseluruhan.

Jadi analisa saham adalah membedah atau menelaah suatu saham perusahaan tertentu untuk mengetahui dan menilai kinerja perusahaan tersebut selama beberapa periode.

Analisis ini dilakukan supaya kita mendapatkan gambaran mengenai masa depan pertumbuhan dan perkembangan suatu perusahaan. Untuk melakukannya ada sekitar 2 pendekatan yang kita bisa lakukan, yaitu adalah analisa fundamental dan analisa teknikal.

Analisa Saham Fundamental

Analisa saham fundamental secara prinsip sifatnya umum terhadap kinerja perusahaan atau emiten saham. Beda dengan analisa teknikal yang lebih spesifik terhadap historis harga saham. Pada analisa ini hal-hal mendasar dan kinerja perusahaan seperti sentimen yang akan menggerakkan harga saham itu akan dipertimbangkan.

Contohnya seperti kinerja keuangan, potensi industri ke depan, tingkat persaingan usaha, sampai analisis pasar makro dan mikro. Analisa fundamental ini cocok digunakan sebagai bahan pertimbangan investor yang fokus investasinya itu jangka panjang karena lingkup analisanya itu lebih umum. Ada dua pendekatan dalam analisa fundamental ini yaitu top down dan bottom up.

Pendekatan analisis fundamental bottom-up

Analisis fundamental bottom up adalah kebalikan dari analisis top-down yang melihat gambaran umum perusahaan jasa. Analisa ini membutuhkan investor untuk melihat kinerja perusahaan secara rinci. Misalnya kita akan langsung melihat laporan keuangan perusahaan serta daya saing usaha. Pendekatan yang satu ini akan membuat investor melakukan pendalaman terhadap kinerja suatu perusahaan.

Pendekatan analisis fundamental top-down

Menggunakan analisa fundamental top down akan membantu investor dalam melihat kinerja perusahaan secara umum. Prinsip yang dipegang dalam analisa ini adalah apabila perusahaan bekerja dengan baik secara umum maka komponen perusahaan juga akan dianggap baik.

Dilihat dari Fundsupermart, ada sekitar 4 poin pertimbangan dalam pendekatan ini, yaitu kondisi makro ekonomi dalam negeri, kondisi makro ekonomi global, fundamental perusahaan, dan prospek pertumbuhan per sektor usaha. Apabila keempat poin itu memberikan gambaran yang positif maka perusahaan itu dianggap memiliki prospek kerja masa depan yang baik.

Analisa Saham Teknikal

Analisa teknikal melakukan pendekatan secara lebih teknis daripada analisa fundamental. Analisa teknikal ini merupakan cara menganalisis harga saham di pasar modal menggunakan perangkat statistik. Bentuknya bisa seperti grafis history harga dan rumus matematik.

Analisis ini dilakukan supaya investor bisa mengetahui kondisi pasar saat ini menggunakan harga di masa lalu dan juga memberikan gambaran tentang bagaimana harga saham di masa mendatang. Sama seperti analisa fundamental, analisa teknikal juga berguna untuk investor jangka panjang.

Karena dalam perspektif investor, analisis ini akan membantu mereka menentukan kapan saat yang pas untuk membeli saham. Sedangkan untuk trader analisa ini cocok untuk digunakan sebagai acuan dalam menentukan saham yang bisa menghasilkan uang dalam jangka pendek.

Karena sifatnya teknis dengan pergerakan yang cepat, analisa ini lebih sering digunakan oleh trader. Berbeda dengan analisa fundamental yang sering dipakai oleh investor jangka panjang. Analisa saham ini bisa menunjukkan grafik harga saham, support dan resistance, waktu yang tepat untuk melakukan jual beli, dan tren yang sedang terjadi.

Cara Analisa Saham Fundamental

Analisis saham fundamental biasanya digunakan oleh investor yang ingin melakukan investasi jangka pendek Karena analisa ini dapat membantu mereka untuk membuat keputusan dalam membeli saham. Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menganalisa saham fundamental, yaitu adalah sebagai berikut.

Monitor dan evaluasi saham secara rutin

Pembelian saham tidak selesai hanya dengan kamu membelinya di harga yang murah atau menjualnya pada saat harga mahal. Karena kamu tidak bisa tahu kapan harga akan naik atau turun maka dari itu kamu harus selalu memperhatikan pergerakan saham dari waktu ke waktu supaya kamu bisa mendapatkan return dari investasi kamu dengan besar.

Tetapkan acuan harga wajar saham

Kamu juga harus menentukan harga yang bagus saat membeli saham. Biasanya investor akan mencari harga saham yang berada di bawah nilai perusahaan tersebut. Acuan harga yang kamu tetap kan juga harus wajar dan tidak boleh terpengaruh oleh pergerakan pasar. Untuk menentukannya kamu bisa menggunakan teknik relative valuation dan intrinsik valuation.

Perhatikan kinerja dan kondisi perusahaan

Kita membutuhkan laporan keuangan sebagai dasar untuk menilai nilai saham. Hal ini juga membantu kita untuk mengetahui kinerja dan kondisi perusahaan sebelum membeli saham perusahaan tertentu. Bukan hanya memastikan kinerja nya bagus atau tidak, kamu juga harus tahu apakah kinerja ini bisa bertahan di tahun-tahun kedepannya. Pastikan untuk membeli saham yang bisa memberikan kamu rasa nyaman untuk meletakkan uang kamu selama berpuluh-puluh tahun di sana.

Cara Analisa Saham Teknikal

Berbicara mengenai analisa saham teknikal, ada kemungkinan kamu tertarik untuk menganalisa saham Telkom. Namun kamu harus menunggu sampai kamu benar-benar mengerti mengenai analisa saham karena tujuan dari analisa ini adalah menentukan kapan waktu yang tepat untuk kamu memperjualbelikan saham. Bukan hanya itu kamu juga bisa menentukan entry point dan exit point serta mengetahui trend saham.

Moving average convergence/divergence (MACD)

Indikator lainnya adalah Moving Average Convergence or Divergence yang akan memberikan gambaran hubungan antara dua rata-rata harga dalam tren harga aset. Karena mudah digunakan dan juga fleksibel banyak trader yang menggunakan indikator ini. Biasanya indikator ini tidak hanya digunakan untuk melihat tren tapi juga momentum di pasar saham, komoditas, valuta asing, atau obligasi.

Relative strength index

Relative strength index merupakan salah satu indikator di dalam analisa saham teknikal yang bisa digunakan untuk mengukur besarnya volatilitas harga suatu aset. Dengan begitu kita bisa mengevaluasi Apakah aset yang masuk sudah berada dalam posisi yang jenuh beli atau jual.

Apabila garis di atas kalau 70 maka kita bisa mengatakan kalau pasar berada dalam kondisi jenuh beli. Namun apabila garis di bawah skala 30 maka pasar mungkin sedang berada dalam kondisi jenuh jual.

RSI ini akan menampilkan grafik bergerak di titik ekstrim dengan nilai antara 0 sampai 100. Indikator ini akan mengukur perubahan harga aset dalam periode waktu 14 hari atau 14 jam tergantung grafik apa yang kamu gunakan. Biasanya sering menggunakan indikator ini adalah trader dan analisis teknikal.

Divergence

Divergence adalah jenis lain dari MACD di analisis teknikal. Apabila garis MACD membentuk titik tertinggi dan terendah yang berseberangan dengan titik paling tinggi dan rendah suatu aset maka ini disebut dengan divergensi. Namun bila dua posisi terendah pada garis MACD berkorespondensi dengan dua garis paling rendah di harga aset maka itu adalah bullish.

Crossover

Crossover bisa kita katakan sebagai kemampuan untuk melihat garis trend MACD jika dibandingkan dengan garis sinyal lainnya. Apabila garis ini berada di bawah garis sinyal maka harga aset berada di zona bearish. Hal ini artinya tidak harus cepat-cepat melepaskan asetnya. Tapi apabila garis MACD berada di atas garis sinyal maka harga aset ada di zona bullish yang artinya trader harus membeli aset itu segera.

Bollinger band

Bollinger band merupakan indikator yang cukup populer karena trader mengatakan kau indikator ini bisa menjadi kunci dasar untuk mereka supaya bisa mendapatkan profit. Indikator ini akan menunjukkan batas relatif naik turunnya harga dengan bentuk garis yang ditarik di dalam dan di sekitar pergerakan harga yang sedang diperjualbelikan. Bollinger band ini memiliki 3 garis yang akan bergerak mengikuti pergerakan harga, yaitu upper band, middle band, dan lower band.

Oscillator

Teknikal saham memiliki 2 indikator yaitu overlays dan oscillator. Contoh dari overlay adalah Moving Average dan juga bollinger brands. Sedangkan oscillator adalah MACD atau RSI. Oscillator ini muncul secara terpisah di grafik pergerakan harga dan menjadi penentu atau berhentinya sebuah trend.

Oscillator ini adalah alat teknikal analisis yang bisa membangun band tinggi dan rendah diantara dua nilai yang ekstrem. Bukan hanya itu itu kamu juga bisa membangun indikator trend yang berfluktuasi dengan batas-batas. Leader bisa menggunakan indikator ini supaya bisa menentukan kondisi overbought atau oversold jangka pendek.

Aplikasi Analisa Saham Terbaik

Adanya kemajuan teknologi membantu beberapa bidang menjadi bisa lebih berkembang daripada sebelumnya. Saat kamu mulai melakukan investasi saham kamu bisa menggunakan aplikasi analisis saham. Aplikasi ini akan membantu kamu untuk menganalisa saham kapanpun dan dimanapun kamu mau, bahkan saat kamu tertidur sekalipun.

Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa memonitor pergerakan saham serta membuat keputusan keuangan yang bijak. Tentu saja tujuannya adalah mendapatkan uang dari investasi yang kamu lakukan. Supaya pengalaman transaksi kamu menjadi lebih mudah, ada beberapa aplikasi saham yang cocok untuk pemula.

Stockbit – Stock Investing for Millenials

Stockbit merupakan aplikasi investasi saham di mana kamu bisa melakukan analisa, trading, dan diskusi hanya dalam satu aplikasi saja. Stockbit akan membantu kamu dalam melakukan investasi atau trading saham online di bursa saham Indonesia.

Dengan ini kamu bisa melakukan investasi saham online kapanpun dan dimanapun kamu mau. Kamu akan beri kesempatan untuk belajar cara memainkan saham menggunakan virtual trading saham online yang akan membuat kamu belajar investasi saham menjadi lebih mudah serta menggunakan pergerakan data saham Indonesia yang sebenarnya.

Kamu juga bisa menganalisis beberapa info saham dengan investor dan trader yang berada di dalam komunitas aplikasi ini. Ada lebih dari 100.000 investor dan trader yang ada di aplikasi ini dan mau membagikan tips saham. Kamu juga bisa mendapatkan rekomendasi saham dari sekuritas atau lembaga riset terkemuka dengan harga Rp0.

Aktivitas trading kamu akan lebih terdukung dengan adanya grafik saham di dalam aplikasi ini. Lalu ada juga indikator teknis seperti foreign flow, bandarmology, darvas box, ichimoku cloud, MACD, RSI, dan banyak lagi. Untuk melakukan analisa saham yang lebih intensif kamu bisa melakukan chat personal dengan investor atau trader saham lainnya.

Kamu akan diberikan data fundamental yang kamu butuhkan seperti PE ratio, price to book value, debt to equity, ROE, dan dividend yield. Ada history mengenai harga saham Indonesia selama 15 tahun kebelakang dengan prediksi saham serta analisa yang kuat.

Kamu bisa selalu mengecek info tentang harga saham hari ini dan menetapkan alert mengenai saham yang sedang kamu ikuti supaya kamu tahu kapan untuk membeli dan menjual. Kamu bisa memantau transaksi insider perusahaan, memantau berita saham hari ini, membaca semua laporan keuangan, mendapatkan data saham, dan membantu investor dengan prinsip value investing.

Data Saham Indonesia

Data saham Indonesia merupakan aplikasi yang bisa memenuhi semua kebutuhan kamu mengenai data saham Indonesia hanya dalam satu mobile aplikasi saja. Hal yang membuat aplikasi ini harus kamu miliki adalah kemampuannya untuk melakukan analisis fundamental dan teknikal serta bandarmology.

Kamu juga akan mendapatkan berita mengenai detail dari saham. Beberapa fitur yang bisa kamu dapatkan adalah market data, candlestick, portfolio and account management, fundamental, teknikal, bandarmology, dan berita.

Dengan market data kamu bisa mendapatkan data saham di penghujung hari atau di tengah hari. Grafik candlestick akan membantu kamu untuk mengetahui arah pergerakan trend harga saham. Adanya fitur portofolio dan account management bisa memberikan informasi mengenai pergerakan nilai investasi saham kamu kapanpun dan dimanapun kamu berada.

Dengan ini kamu juga bisa mengetahui jumlah saldo rekening kamu, perhitungan gaji broker, nilai total portofolio saham, serta perhitungan laba rugi. Dengan aplikasi ini kamu bisa mendapatkan kumpulan berita mengenai investasi serta pasar saham dari berbagai sumber yang ada.

OlympTrade

Olymp trade merupakan broker internasional lik0n akses kepada 100 instrumen finansial untuk pengguna mereka. Dengan menggunakan aplikasi ini kamu bisa menjadi salah satu trader tersukses di dalam aplikasi ini dengan hanya menggunakan smartphone untuk melakukan trading serta menganalisa pasar.

Aplikasi ini memiliki tampilan yang intuitif dan ramah pengguna jadi kamu bisa menggunakan dan mencari indikator serta alat analisis supaya kesuksesan kamu dalam melakukan investasi itu menjadi lebih besar peluangnya. Kamu bisa memilih jenis aset yang kamu inginkan contohnya itu seperti saham, indeks, logam, komoditas, dan mata uang.

Apabila kamu belum mengerti cara melakukan kegiatan trading maka kamu bisa berlatih dengan akun demo di mana kamu bisa mengakses 10000 unit mata uang virtual yang bisa diisi ulang. Di dalam aplikasi ini tersedia kursus, webinar, dan berita yang lengkap untuk semua trader dari level pemula sampai yang berpengalaman sekalipun.

Supaya kamu bisa mengakses konten yang lebih lengkap kamu perlu menaikkan level kamu dengan langkah trader. Semua trader bisa mendapatkan status eksklusif yang membuat mereka bisa trading dengan ketentuan khusus serta berkonsultasi dengan manajer pribadi.

Kami memiliki tim bantuan teknis yang beroperasi setiap saat dan bisa kamu hubungi lewat email, chat, atau lewat telepon. Terdapat mode trading saham yang akan membantu trader beraktivitas di pasar saham. Kamu bisa mempelajari lebih dalam mengenai bursa saham serta keistimewaannya lewat aplikasi ini.

RTI Business

RTI business akan memberikan kamu update terbaru mengenai pasar saham Indonesia dari Price Quotes, Charts, Financial Data, Analytics, Corporate Action, Key Statistic dan News ke dalam perangkat mobile kamu.

Kamu bisa mendapatkan informasi terbaru mengenai IDX Indexes, Open, High, Low, Volume (Shares), Turnover, Frequency, Up, Down, Unchanged, Index Diary, Price Performance dan Investor Chart.

Fitur watchlist akan membantu kamu mengelola dan menganalisis saham perusahaan favorit kamu dengan menggunakan Market Depth, Price Performance, High-Low Range, Historical Chart, News, Financial Chart, Price Diary dan Investor Chart serta mengakses profil perusahaan, statistik utama, aksi perusahaan, dan update keuangan.

Kamu akan mendapatkan info harian, mingguan, dan bulanan mengenai Net Foreign Buy, Net Foreign Sell, Gainers, Losers and Most Active by Volume, Turnover, Frequency. Kamu tidak perlu khawatir Karena aplikasi ini menggunakan bahasa Indonesia dan ada beberapa grafik teknis seperti stock, index, world indices, forex, dan precious metal.

MSN Money- Stock Quotes & News

Anda bisa lebih tahu mengenai data keuangan dan berita dari sumber-sumber ternama lewat aplikasi ini. Dengan ini kamu bisa meningkatkan keuangan kamu dengan alat dan kalkulator yang berguna. Kamu bisa melacak indeks major di seluruh dunia juga tingkat pertukaran mata uang serta harga komoditas.

Tambahkan saham favorit kamu ke watchlist personal mu supaya kamu bisa mendapatkan rekomendasi dan profil perusahaan yang lebih detail. Baca berita terbaru serta saran mengenai bisnis, keuangan, pasar, teknologi, perusahaan, dan banyak lagi.

Dapatkan berita-berita ini dari sumber media ternama seperti Wall Street Journal (WSJ), CNBC, Reuters, Fox Business, Wall Street Journal, CNBC, Forbes, Bloomberg, Investopedia, MarketWatch, dan banyak lagi.

TradingView

Tradingview merupakan aplikasi yang cocok untuk pemula dan efektif untuk para ahli karena memiliki semua instrumen yang bisa dipublikasikan dan melihat ide trading. Kutipan dan grafik yang ada di aplikasi ini tersedia kapanpun dan dimanapun.

Semua data yang ada di aplikasi ini didapatkan dari seorang profesional yang memiliki akses langsung ke pada kutipan saham, kontrak berjangka, indeks yang populer, forex, Bitcoin, dan CFD.

Di sini kamu bisa melacak pasar saham dan indeks mayor global seperti NASDAQ Composite, S&P 500 (SPX), NYSE, Dow Jones (DJI), DAX, FTSE 100, NIKKEI 225, dan banyak lagi. Ini adalah tempat yang sangat cocok untuk digunakan trader dan investor karena sangat aktif.

Kamu juga bisa belajar dari pengalaman investor lainnya serta mendiskusikan ide trading. Terdapat grafis hebat yang bisa melampaui kualitas yang dimiliki oleh platform trading lainnya. Semua fitur dan pengaturan yang ada di aplikasi ini dibuat supaya kamu bisa mendapatkan analisis pasar dari berbagai sudut yang berbeda.

Kamu akan mendapatkan peringatan supaya kamu tidak ketinggalan perubahan-perubahan yang terjadi di pasar dan kamu bisa memberikan keputusan investasi yang tepat waktu. Kamu juga bisa mengecek harga-harga komoditas secara real time seperti harga emas, minyak, gas alam, kapas,gula, gandum, dan jagung.

Investing.com: Stocks, Finance, Markets & News

Bergabunglah dengan jutaan orang lainnya yang menggunakan aplikasi investing.com setiap hari supaya selalu update mengenai informasi di pasar keuangan. Lihat saham favorit kamu dan teruslah mendapatkan informasi yang penting dengan alarm personal serta berita finansial global.

Di sini kamu bisa mendapatkan lebih dari 100,000 instrumen keuangan di mana kamu bisa menukarkan lebih dari 70 mata uang global.

Kalender ekonomi real time kami bisa digunakan oleh trader dan investor untuk mengecek kejadian yang ada di pasar keuangan pada saat mereka di umumkan sehingga kalian bisa dengan mudah untuk mengecek dampak kepada pasar.

Buatlah list kamu sendiri supaya kamu bisa tahu semua hal penting mengenai saham yang sedang kamu incar. List ini bisa kamu akses kapan saja lewat menu sehingga kamu bisa mendapatkan harga real time dan menunjukkan aset total kamu setiap saat.

Jadilah orang pertama yang mengetahui berita tentang saham, mata uang, komoditas, dan ekonomi global. Kamu juga bisa mendapatkan akses cepat kepada semua alat kelas dunia kami seperti kalender ekonomi, kalender pendapatan, rangkuman teknik, konversi mata uang, kuota pasar, grafis, dan banyak lagi.

Itulah pengertian, jenis, dan aplikasi analisis saham yang bisa membantu kamu sebagai investor atau trader pemula maupun yang sudah berpengalaman. Semoga informasi ini dapat membantu kamu mendapatkan kesuksesan yang lebih saat melakukan investasi. Jangan lupa untuk baca juga artikel seputar forex lainnya di Jurnal GIC! Dan temukan berbagai macam pengetahuan lanjutan tentang forex melalui Ebook Scalping, dan Forex Academy dari GIC!

Rinaldi Syahran
Experienced in SEO since 2009. Especially for content. Starting as a professional in the world of content since 2013. Has worked on game content, education, finance, politics, travel, football, manchester united, automotive, film, music, start-ups, business, entrepreneurship, health, entertainment, to viral news. Three years++ of experience in managing people, doing link building, and technical SEO. Specialties: Technical SEO | SEO Analysis (On-Page) | Off-Page | Content Strategy | Article Writing. Software Experience: Google Keywords Planner | Google Analytics | Google Search Console | Semrush | Alexa | Ubersuggest | WordPress | Blogspot | Keywordtool.io | Ahrefs.