Analisa Market Mingguan : 19 – 23 April 2021

Artikel ini terakhir di perbaharui June 9, 2021 by Akhmad Zico Fadlansyah
Analisa Market Mingguan : 19 – 23 April 2021

Analisa market mingguan 19 – 23 april 2021 hari ini membahas hal-hal yang menggerakkan market seperti, Greenback melemah terhadap beberapa mata uang utama lainnya, pelemahan ini akibat dari menurunnya nilai yield obligasi pemerintah negara Amerika. Pelemahan Dolar AS ini berada di level terendahnya dalam 4 Minggu. Untuk imbal hasil obligasi AS dengan tenor 10 tahun, mengalami penurunan dan menyentuh level terendah dalam 1 bulan di level 1,528%. Anjlok dari level tertingginya yang terjadi di Maret pada level 1,776%. Indeks Dolar yang menjadi tolak ukur kekuatan mata uang Amerika ini telah turun sebesar 0,111% menjadi 91,561 dan merupakan level terendah nya sejak 18 Maret lalu.

Para analis dan beberapa pelaku pasar memprediksi bahwa pelemahan Dolar AS masih akan terus berlangsung. Hal ini juga di dukung oleh pernyataan salah satu pejabat The Fed negara bagian San Francisco “Mary Daly” yang mengatakan bahwa tingkat ekonomi AS masih jauh dari istilah “maju secara substansial” yang sudah di rencanakan oleh bank sentral untuk tingkat inflasi sebesar 2%. Selain itu untuk jumlah pembukaan lapangan kerja baru juga masih berada jauh dari target yang telah di tentukan. Kenyataan ini menjadi gambaran bahwa rebound nya tingkat ekonomi Amerika, masih berada jauh dari kenyataan.

EURUSD bergerak menguat dalam perdagangan market pada akhir pekan kemarin, pelemahan Dolar AS membuat pergerakan Euro menguat cukup besar. Selain itu penguatan Euro juga mendapat dorongan dari bagusnya rilis data ekonomi zona Eropa. Selain itu tinggi nya minat para pelaku pasar akan aset beresiko sehingga menjual jenis instrument lainnya. Pergerakan market hari ini juga di perkirakan masih akan menguat, karena Dolar AS masih dalam kondisi melemah.

Sinyal optimis yang di pancarkan oleh para pelaku pasar di Inggris turut mendukung penguatan Poundsterling terhadap mata uang lainnya termasuk Dolar AS. GBPUSD bergerak menguat dalam perdagangan market pekan lalu karena imbas lemahnya mata uang Dolar AS, selain itu juga kabar baik timbul dari proses vaksinasi yang dilakukan pemerintah Inggris berjalan sesuai dengan rancana. Untuk pergerakan market hari ini di perkirakan Poundsterling masih akan menguat.

AUDUSD terganjal pergerakan penguatannya yang terjadi selama beberapa hari ini, karena turunnya harga untuk komoditas Biji Besi dan Tembaga. Biji Besi serta Tembaga merupakan hasil Commodity unggulan negara Australia yang di perdagangkan ke tingkat Eksport. Pelemahan Aussie ini juga terjadi karena adanya aksi profit taking yang dilakukan oleh para pelaku pasar, aksi ini dilakukan setelah selama beberapa hari perdagangan Dolar Australia bergerak menguat dan mencapai level tertinggi nya.

Untuk pergerakan harga Minyak masih di dominasi oleh adanya informasi mengenai adanya aktivitas Rig Amerika yang kembali mengalami peningkatan. Hal ini menyebabkan pergerakan harga Minyak menurun pada perdagangan market Jum’at pekan kemarin. Untuk pergerakan market hari ini di ekspektasikan masih akan mengalami penurunan. Namun di sisi lain dengan adanya pelemahan Dolar AS, bisa menjadi faktor kenaikan harga Minyak.

Dalam perdagangan market pada akhir pekan kemarin, Jum’at 16 April 2021 Emas berhasil bergerak naik dan mencapai level tertinggi Mingguannya. Kenaikan Emas ini di dukung oleh adanya pelemahan di mata uang Dolar AS dan semakin meningkat nya ketegangan antara Amerika dengan China. Selain itu kenaikan harga Emas juga mendapat dorongan dari adanya laporan mengenai lonjakan jumlah penderita Covid-19 di India. Penambahan jumlah penderita Covid-19 ini terjadi akibat dari acara keagamaan yang bernama festival Kumbh Mela yang di laksanakan di sisi utara kota Haridwar.

Dimana acara keagamaan tersebut telah menyebabkan berkumpulnya masyarakat dengan jumlah ratusan ribu yang berkumpul di sepanjang aliran sungai Gangga dan tanpa memperdulikan protokol kesehatan. Dengan semakin bertambahnya jumlah penderita Covid-19 di dunia, maka Emas akan semakin bersinar dan menjadikannya sebagai pilihan investasi oleh para pelaku pasar. Hal imi tercermin pada saat awal kasus Corona mencuat di dunia yang berawal dari China, maka menyebabkan harga Emas melonjak tajam. Untuk pergerakan market hari ini Senin 19 April 2021 pada sesi Asia di perkirakan harga Emas akan kembali melanjutkan kenaikannya.

1. Data Penting/High Impact Pada Analisa Market Mingguan 19 – 23 April 2021

1.1 CPI (NZD)

Rabu, 05:45 WIB. CPI Data ini menghitung mengenai perubahan harga barang dan jasa di tingkat konsumen. Harga rata-rata berbagai barang dan jasa ini diambil sampelnya dan kemudian dibandingkan dengan pengambilan sampel pada periode sebelumnya. Harga konsumen merupakan mayoritas dari keseluruhan data untuk menghitung tingkat inflasi suatu negara. Ini sangat terlambat dibandingkan dengan data inflasi dari negara lain. Inflasi sangat penting untuk menilai mata uang suatu negara melemah atau menguat, karena jika harga naik maka bank sentral akan mennaikkan tingkat suku bunga yang bertujuan untuk mengendalikan tingkat inflasi. Jika data ini dirilis, maka akan berdampak besar terhadap pergerakan market.

1.2 BOC Monetary Policy Report & BOC Rate Statement (CAD)

Rabu, 21:00 WIB. BOC Monetary Policy Report Ini memberikan wawasan yang berharga tentang pandangan bank tentang kondisi ekonomi dan inflasi, Data ini merupakan faktor kunci yang akan membantu bank central untuk mengambil kebijakan moneter dan mempengaruhi keputusan mengenai suku bunga, apakah tetap, dinaikkan ataupun di turunkan.
BOC Rate Statement, data ini adalah sebagai alat utama yang digunakan Dewan Komisaris bank central untuk memberikan informasi kepada investor tentang kebijakan moneter. Data ini juga berisi hasil keputusan mereka tentang suku bunga dan komentar tentang kondisi ekonomi yang mempengaruhi keputusan mereka. Yang terpenting, ini membahas prospek ekonomi dan menawarkan petunjuk tentang hasil keputusan yang berguna untuk mengambil keputusan demi kebijakan di masa yang akan datang.

1.3 BOC Press Conference (CAD)

Rabu, 22:00 WIB. Data ini mengenai konferensi pers memiliki 2 bagian – pertama pernyataan yang telah disiapkan dibacakan, kemudian konferensi terbuka untuk pertanyaan pers. Pertanyaan tersebut sering kali mengarah pada jawaban tanpa naskah yang menciptakan volatilitas pasar yang besar. Ini adalah salah satu metode utama yang digunakan Dewan Komisaris untuk memberikan informasi kepada investor mengenai kebijakan moneter. Ini mencakup secara rinci faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan suku bunga terbaru, seperti prospek ekonomi dan inflasi secara keseluruhan. Yang terpenting, ini memberikan petunjuk tentang kebijakan moneter yang akan di ambil di masa depan.

1.4 Monetary Policy Statement (EUR)

Kamis, 18:45 WIB. Merupakan data yang di gunakan sebagai salah satu alat utama yang digunakan Bank Central Eropa untuk berkomunikasi dengan investor tentang kebijakan moneter. Ini berisi hasil keputusan mereka atas pembelian aset dan komentar tentang kondisi ekonomi yang memengaruhi keputusan mereka. Yang terpenting, ini memproyeksikan prospek ekonomi dan menawarkan petunjuk tentang hasil pemungutan suara di masa yang akan datang.

1.5 ECB Press Conference (EUR)

Kamis, 19:30 WIB. Data ini mengenai konferensi pers yang memiliki 2 bagian – pertama pernyataan yang telah disiapkan dibacakan, kemudian konferensi terbuka untuk pertanyaan pers. Pertanyaan tersebut sering kali mengarah pada jawaban tanpa naskah yang menciptakan volatilitas pasar yang besar. Ini adalah salah satu metode utama yang digunakan Dewan Komisaris untuk memberikan informasi kepada investor mengenai kebijakan moneter. Ini mencakup secara rinci faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan suku bunga terbaru, seperti prospek ekonomi dan inflasi secara keseluruhan. Yang terpenting, ini memberikan petunjuk tentang kebijakan moneter yang akan di ambil di masa depan.

1.6 French Flash Services PMI & French Flash Manufacturing PMI (EUR)

Jum’at, 14:15 WIB. French Flash Services PMI Data ini mengukur Tingkat indeks difusi berdasarkan manajer pembelian yang disurvei di sektor jasa. Data ini juga sebagai indikator utama kesehatan ekonomi suatu negara. Jika bisnis bereaksi cepat terhadap kondisi pasar, dan tingkat pembelian manajer akan memberikan pandangan terkini dan relevan tentang pandangan ekonomi suatu perusahaan. Data ini hasil survei terhadap sekitar 750 manajer pembelian yang meminta responden untuk menilai tingkat relatif dari kondisi bisnis termasuk pekerjaan, produksi, pesanan baru, harga, pengiriman pemasok, dan persediaan. Jika data di rilis di atas 50,0 menunjukkan ekspansi industri, di bawah 50,0 menunjukkan kontraksi. Ada 2 versi dari laporan ini yang dirilis sekitar seminggu – Flash dan Final. Rilis Flash, yang pertama kali dilaporkan sumber pada Maret 2008, adalah yang paling awal dan cenderung memiliki dampak paling besar.
French Flash Manufacturing PMI adalah data dari survei terhadap sekitar 750 manajer pembelian di Jerman yang meminta responden untuk menilai tingkat relatif dari kondisi bisnis termasuk pekerjaan, produksi, pesanan baru, harga, pengiriman pemasok, dan persediaan. Ini adalah indikator utama kesehatan ekonomi – bisnis bereaksi cepat terhadap kondisi pasar, dan manajer pembelian mereka mungkin memiliki wawasan terkini dan relevan tentang pandangan ekonomi perusahaan. Di atas 50,0 menunjukkan ekspansi industri, di bawah menunjukkan kontraksi. Ada 2 versi dari laporan ini yang dirilis sekitar seminggu – Flash dan Final. Rilis Flash, yang pertama kali dilaporkan sumber pada Maret 2008, adalah yang paling awal dan cenderung memiliki dampak paling besar.

1.7 German Flash Manufacturing PMI & German Flash Services PMI (EUR)

Jum’at, 14:30 WIB. German Flash Manufacturing PMI adalah data dari survei terhadap sekitar 800 manajer pembelian di Jerman yang meminta responden untuk menilai tingkat relatif dari kondisi bisnis termasuk pekerjaan, produksi, pesanan baru, harga, pengiriman pemasok, dan persediaan. Ini adalah indikator utama kesehatan ekonomi – bisnis bereaksi cepat terhadap kondisi pasar, dan manajer pembelian mereka mungkin memiliki wawasan terkini dan relevan tentang pandangan ekonomi perusahaan. Di atas 50,0 menunjukkan ekspansi industri, di bawah menunjukkan kontraksi. Ada 2 versi dari laporan ini yang dirilis sekitar seminggu – Flash dan Final. Rilis Flash, yang pertama kali dilaporkan sumber pada Maret 2008, adalah yang paling awal dan cenderung memiliki dampak paling besar.
German Flash Services PMI adalah Survei terhadap sekitar 800 manajer pembelian yang meminta responden untuk menilai tingkat relatif dari kondisi bisnis termasuk pekerjaan, produksi, pesanan baru, harga, pengiriman pemasok, dan persediaan. Ini adalah indikator utama kesehatan ekonomi – bisnis bereaksi cepat terhadap kondisi pasar, dan manajer pembelian mereka mungkin memiliki wawasan terkini dan relevan tentang pandangan ekonomi perusahaan. Jika rilis di atas 50,0 menunjukkan ekspansi industri, di bawah menunjukkan kontraksi. Ada 2 versi dari laporan ini yang dirilis sekitar seminggu – Flash dan Final. Rilis Flash, yang pertama kali dilaporkan sumber pada Maret 2008, adalah yang paling awal dan cenderung memiliki dampak paling besar.

2. Tinjauan Teknikal Sesuai Analisa market Mingguan 19 – 23 April 2021

2.1 EUR/USD

Chart EURUSD terbaru utk analisa mingguan

PreferensiBEARISH
Range Pergerakan1,21223 (High)
Range Pergerakan1,18311 (Low)

2.2 USDCHF

Chart USDCHF terbaru utk analisa mingguan

PreferensiBULLISH
Range Pergerakan0,93408 (High)
Range Pergerakan0,90509 (Low)

2.3 GBPUSD

Chart GBPUSD terbaru utk analisa mingguan

PreferensiBEARISH
Range Pergerakan1,39335 (High)
Range Pergerakan1,36641 (Low)

2.4 USDJPY

Chart USDJPY terbaru utk analisa mingguan

PreferensiBULLISH
Range Pergerakan109,876 (High)
Range Pergerakan107,333 (Low)

2.5 Emas

Chart XUL terbaru utk analisa mingguan

PreferensiBEARISH
Range Pergerakan1826,00 (High)
Range Pergerakan1721,00 (Low)

2.6 AUDUSD

Chart AUDUSD terbaru utk analisa mingguan

PreferensiBEARISH
Range Pergerakan0,78808 (High)
Range Pergerakan0,75212 (Low)

2.7 Minyak

Chart OIL terbaru utk analisa mingguan

PreferensiBEARISH
Range Pergerakan66,47 (High)
Range Pergerakan58,43 (Low)

Demikianlah analisa market mingguan 19 – 23 april 2021. Tetap utamakan Money Management dan Risk Management pada tradingan Anda.

Kunjungi GIC Indonesia untuk mendapatkan informasi seputar dunia trading. Anda juga bisa bergabung bersama kami di dalam Telegram Community GIC Trade dan Telegram Channel GIC Trade. Jangan lupa check akun Youtube GIC Indonesia yang penuh dengan banyak informasi, serta follow akun Instagram Kami untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai webinar menarik yang bisa Anda ikuti.

Nurhakim
Secara professional telah menekuni dunia trading sejak tahun 2009. Berpengalaman membangun Marketing Team & Telemarketing dengan anggota divisi 5 - 20 orang. Saat ini menjadi Trainer, Market Analyst, dan sekaligus Community Engagement Manager di GIC Trade sejak tahun 2019.