Analisa Market Mingguan : 18 – 22 Januari 2021

Artikel ini terakhir di perbaharui June 3, 2021 by Akhmad Zico Fadlansyah
Analisa Market Mingguan : 18 – 22 Januari 2021

Analisa market mingguan 18 – 22 Januari 2021 akan membahas selama sepekan hal-hal yang dapat mempengearuhi pasar seperti, Dollar AS bergerak terbatas pada awal pekan ini (Senin 18 Januari 2021) imbas rilis data ekonomi Amerika yang buruk, di tambah lagi meningkatnya jumlah kasus virus Corona di dunia membuat investor lebih berhati-hati. Sebagai aset safehaven, posisi Dollar Amerika sangat di untungkan. Dukungan terhadap Dollar AS bertambah sejak Demokrat memenangkan kursi senat AS, yang turut juga mendorong lonjakan imbal hasil obligasi untuk tenor 10 tahun.

Dolar AS bergerak menguat dibandingkan dengan mata uang utama lainnya, imbas keadaan market yang suram. Rilis data NFP dan Retail Sales AS yang negative memicu sentimen buruk yang berkembang di market, keadaan ini berlangsung hingga penutupan market di pekan kemarin.

Pergerakan Emas pada perdagangan di Jum’at akhir pekan lalu menurun, meskipun pasca rilis data penjualan retail AS yang negative. Penurunan Emas ini imbas adanya penguatan Dollar AS karena adanya permintaan fisik Greenback akibat kekhawatiran terhadap lonjakan kasus Covid-19 global. Pergerakan Emas awalnya harga mencoba untuk rebound dari level terendahnya setelah pengumuman rencana jumlah yang lebih besar untuk paket stimulus dana bantuan Covid-19 senilai USD $1.9 triliun. Ditambah lagi pernyataan ketua The Fed Jerome Powell yang memberikan sinyal bahwa tingkat suku bunga masih akan di pertahankan dan tidak berubah dalam waktu dekat.

Euro melemah versus Dollar Amerika, imbas kekhawatiran pelaku pasar yang dipicu oleh berita mengenai penundaan distribusi vaksin corona produksi Pfizer di Eropa. Hal ini menimbulkan kembali kekhawatiran masih akan terpuruknya roda ekonomi karena pandemi ini masih akan berlarut-larut.

Poundsterling juga bergerak melemah tak berdaya melawan Dolar AS, pelemahan Poundsterling ini akibat berkembangnya sentimen pesimis di market untuk rilis data ekonomi Inggris seperti neraca perdagangan dan produksi manufaktur. Ditambah lagi pada Sabtu kemarin, Perdana Menteri Inggris Boris Johnson mengatakan rencana langkah-langkah lockdown tambahan, untuk melindungi diri “dari risiko penemuan jenis strain baru virus Corona yang belum teridentifikasi.” Inggris akan menutup semua koridor perjalanan mulai Senin ini, di tanbahkan juga bahwa siapa pun yang berkunjung ke Inggris harus dapat menunjukkan hasil tes virus Corona negatif.

Harga Minyak bergerak menurun setelah sebelumnya melonjak tajam. Penurunan harga Minyak ini karena adanya kekhawatiran pelaku pasar akan adanya penurunan permintaan bahan bakar karena adanya peningkatan kasus Covid-19 dan meluasnya kebijakan lockdown secara global.

1. Data Penting/High Impact Pada Analisa Market Mingguan 18 – 22 Januari 2021

1.1 GDP (China)

Senin, 09:00 WIB. GDP China, data Ini adalah tolak ukur aktivitas ekonomi terluas sebuah negara dan ukuran utama mengenai kondisi kesehatan ekonomi. Data ini juga mencatat Perubahan nilai yang disesuaikan dengan inflasi dari semua barang dan jasa yang dihasilkan oleh perekonomian suatu negara. Data ini di rilis dalam triwulanan dibandingkan dengan triwulan yang sama tahun sebelumnya. Data China dapat berdampak luas pada pasar mata uang karena pengaruh China terhadap ekonomi global dan sentimen investor.

1.2 BOC Monetary Policy Report & BOC Rate statement (CAD)

Rabu, 22:00 WIB. Monetary Policy Report, adalah data yang memberikan wawasan berharga tentang pandangan bank tentang kondisi ekonomi dan inflasi serta faktor-faktor utama yang akan mempengaruhi dalam mengambil kebijakan moneter yang akan datang dan memengaruhi keputusan suku bunga mereka. BOC Rate Statement, data ini adalah sebagai alat utama yang digunakan Dewan Komisaris bank central untuk memberikan informasi kepada investor tentang kebijakan moneter. Data ini juga berisi hasil keputusan mereka tentang suku bunga dan komentar tentang kondisi ekonomi yang mempengaruhi keputusan mereka. Yang terpenting, ini membahas prospek ekonomi dan menawarkan petunjuk tentang hasil keputusan yang berguna untuk mengambil keputusan demi kebijakan di masa yang akan datang.

1.3 BOC Press Conference (CAD)

Rabu, Tentative. Data ini mengenai konferensi pers memiliki 2 bagian – pertama pernyataan yang telah disiapkan dibacakan, kemudian konferensi terbuka untuk pertanyaan pers. Pertanyaan tersebut sering kali mengarah pada jawaban tanpa naskah yang menciptakan volatilitas pasar yang besar. Ini adalah salah satu metode utama yang digunakan Dewan Komisaris untuk memberikan informasi kepada investor mengenai kebijakan moneter. Ini mencakup secara rinci faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan suku bunga terbaru, seperti prospek ekonomi dan inflasi secara keseluruhan. Yang terpenting, ini memberikan petunjuk tentang kebijakan moneter yang akan di ambil di masa depan.

1.4 Presiden Election Biden speak (USD)

Rabu, Tentative. Presiden terpilih “Joe Biden” berencana akan berbicara untuk pertama kali pasca pelantikan, hal yang akan di sampaikan pasti akan di cermati pelaku pasar dan akan menggerakkan market. Terutama mengenai kebijakan dan waktu realisasi janji beliau saat kampanye terdahulu.

1.5 Employment Change & Unemployment Rate (AUD)

Kamis, 07:30 WIB. Employment Change adalah data penciptaan lapangan kerja merupakan indikator utama penting dari belanja konsumen, yang merupakan mayoritas dari keseluruhan aktivitas ekonomi. Data ini berisi Perubahan jumlah orang yang bekerja selama bulan sebelumnya. Ini adalah data ekonomi penting yang dirilis tak lama setelah bulan berakhir. Kombinasi antara kepentingan dan kejelasan menghasilkan dampak pasar yang besar dan kuat. Unemployment Rate adalah data tingkat pengangguran dalam sebulan. Meskipun secara umum dipandang sebagai indikator yang tertinggal, jumlah pengangguran merupakan sinyal penting dari kesehatan ekonomi secara keseluruhan karena belanja konsumen sangat berkorelasi dengan kondisi pasar tenaga kerja.

1.6 BoJ Outlook Report & Monetary Policy Statement (JPY)

Kamis, Tentative. Outlook Report adalah data yang akan memberikan wawasan yang berharga tentang pandangan bank central tentang kondisi ekonomi dan inflasi serta faktor-faktor penting yang akan membentuk keputusan dan kebijakan moneter yang akan di ambil di masa yang akan datang. Monetary Policy Statement adalah data yang merupakan salah satu alat utama yang digunakan BOJ untuk berkomunikasi dengan investor tentang kebijakan moneter. Ini berisi hasil keputusan mereka atas pembelian aset dan komentar tentang kondisi ekonomi yang memengaruhi keputusan mereka. Yang terpenting, ini memproyeksikan prospek ekonomi dan menawarkan petunjuk tentang hasil pemungutan suara di masa yang akan datang.

1.7 Monetary Policy Statment (EUR)

Kamis, 19:45 WIB. Merupakan data yang di gunakan sebagai salah satu alat utama yang digunakan Bank Central Eropa untuk berkomunikasi dengan investor tentang kebijakan moneter. Ini berisi hasil keputusan mereka atas pembelian aset dan komentar tentang kondisi ekonomi yang memengaruhi keputusan mereka. Yang terpenting, ini memproyeksikan prospek ekonomi dan menawarkan petunjuk tentang hasil pemungutan suara di masa yang akan datang.

1.8 ECB Press Conference (EUR)

Kamis, 20:30 WIB. Data ini mengenai konferensi pers yang memiliki 2 bagian – pertama pernyataan yang telah disiapkan dibacakan, kemudian konferensi terbuka untuk pertanyaan pers. Pertanyaan tersebut sering kali mengarah pada jawaban tanpa naskah yang menciptakan volatilitas pasar yang besar. Ini adalah salah satu metode utama yang digunakan Dewan Komisaris untuk memberikan informasi kepada investor mengenai kebijakan moneter. Ini mencakup secara rinci faktor-faktor yang mempengaruhi keputusan suku bunga terbaru, seperti prospek ekonomi dan inflasi secara keseluruhan. Yang terpenting, ini memberikan petunjuk tentang kebijakan moneter yang akan di ambil di masa depan.

1.9 BoE Gov Bailey speak (GBP)

Kamis, 24:00 WIB. Kepala bank central Eropa akan memberikan pandangan dan kebijakannya. Sebagai kepala bank sentral, yang mengontrol suku bunga jangka pendek, beliau memiliki pengaruh yang lebih besar atas nilai mata uang negara daripada orang lain. Para pelaku pasar mengamati keterlibatan publiknya karena sering digunakan untuk memberikan petunjuk tentang kebijakan moneter di masa depan.

1.10 French Flash Services PMI (EUR)

Jum’at, 15:15 WIB. Data ini mengukur Tingkat indeks difusi berdasarkan manajer pembelian yang disurvei di sektor jasa. Data ini juga sebagai indikator utama kesehatan ekonomi suatu negara. Jika bisnis bereaksi cepat terhadap kondisi pasar, dan tingkat pembelian manajer akan memberikan pandangan terkini dan relevan tentang pandangan ekonomi suatu perusahaan. Data ini hasil survei terhadap sekitar 750 manajer pembelian yang meminta responden untuk menilai tingkat relatif dari kondisi bisnis termasuk pekerjaan, produksi, pesanan baru, harga, pengiriman pemasok, dan persediaan. Jika data di rilis di atas 50,0 menunjukkan ekspansi industri, di bawah 50,0 menunjukkan kontraksi. Ada 2 versi dari laporan ini yang dirilis sekitar seminggu – Flash dan Final. Rilis Flash, yang pertama kali dilaporkan sumber pada Maret 2008, adalah yang paling awal dan cenderung memiliki dampak paling besar.

1.11 German Flash Manufacturing PMI & German Flash Service PMI (EUR)

Jum’at, 15:30 WIB. German Flash Manufacturing adalah data dari survei terhadap sekitar 800 manajer pembelian di Jerman yang meminta responden untuk menilai tingkat relatif dari kondisi bisnis termasuk pekerjaan, produksi, pesanan baru, harga, pengiriman pemasok, dan persediaan. Ini adalah indikator utama kesehatan ekonomi – bisnis bereaksi cepat terhadap kondisi pasar, dan manajer pembelian mereka mungkin memiliki wawasan terkini dan relevan tentang pandangan ekonomi perusahaan. Di atas 50,0 menunjukkan ekspansi industri, di bawah menunjukkan kontraksi. Ada 2 versi dari laporan ini yang dirilis sekitar seminggu – Flash dan Final. Rilis Flash, yang pertama kali dilaporkan sumber pada Maret 2008, adalah yang paling awal dan cenderung memiliki dampak paling besar. German Flash Services PMI adalah Survei terhadap sekitar 800 manajer pembelian yang meminta responden untuk menilai tingkat relatif dari kondisi bisnis termasuk pekerjaan, produksi, pesanan baru, harga, pengiriman pemasok, dan persediaan. Ini adalah indikator utama kesehatan ekonomi – bisnis bereaksi cepat terhadap kondisi pasar, dan manajer pembelian mereka mungkin memiliki wawasan terkini dan relevan tentang pandangan ekonomi perusahaan. Jika rilis di atas 50,0 menunjukkan ekspansi industri, di bawah menunjukkan kontraksi. Ada 2 versi dari laporan ini yang dirilis sekitar seminggu – Flash dan Final. Rilis Flash, yang pertama kali dilaporkan sumber pada Maret 2008, adalah yang paling awal dan cenderung memiliki dampak paling besar.

2. Tinjauan Teknikal Sesuai Analisa market Mingguan 18 – 22 Januari 2021

2.1 EUR/USD

chart EURUSD analisa harian 11-01-2021

PreferensiBEARISH
Range Pergerakan1,21870 (High)
Range Pergerakan1,18822 (Low)

2.2 USDCHF

Analisa Mingguan FOREX (USDCHF) 23 - 27 November 2020

PreferensiBULLISH
Range Pergerakan0,90461 (High)
Range Pergerakan0,87923 (Low)

2.3 GBPUSD

Analisa Mingguan FOREX (GBPUSD) 23 - 27 November 2020

PreferensiBEARISH
Range Pergerakan1,37195 (High)
Range Pergerakan1,33504 (Low)

2.4 USDJPY

analisa Mingguan FOREX (USDJPY) 23 - 27 November 2020

PreferensiBULLISH
Range Pergerakan105,175 (High)
Range Pergerakan102,560 (Low)

2.5 Emas

Analisa Mingguan EMAS 23 - 27 November 2020

PreferensiBULLISH
Range Pergerakan1930,00 (High)
Range Pergerakan1765,00 (Low)

2.6 AUDUSD

Analisa Mingguan FOREX (AUDUSD) 23 - 27 November 2020

PreferensiBEARISH
Range Pergerakan0,78251 (High)
Range Pergerakan0,75457 (Low)

2.7 Minyak

Analisa Mingguan Minyak 23 - 27 November 2020

PreferensiBEARISH
Range Pergerakan54,84 (High)
Range Pergerakan49,05 (Low)

Demikianlah analisa market mingguan 18 – 22 januari 2021. Tetap utamakan Money Management dan Risk Management pada tradingan Anda

Kunjungi GIC Indonesia untuk mendapatkan informasi seputar dunia trading. Anda juga bisa bergabung bersama kami di dalam Telegram Community GIC Trade dan Telegram Channel GIC Trade. Jangan lupa check akun Youtube GIC Indonesia yang penuh dengan banyak informasi, serta follow akun Instagram Kami untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai webinar menarik yang bisa Anda ikuti.

Nurhakim
Secara professional telah menekuni dunia trading sejak tahun 2009. Berpengalaman membangun Marketing Team & Telemarketing dengan anggota divisi 5 - 20 orang. Saat ini menjadi Trainer, Market Analyst, dan sekaligus Community Engagement Manager di GIC Trade sejak tahun 2019.