Analisa Harian Minyak : 30 Maret 2021

Artikel ini terakhir di perbaharui June 9, 2021 by Akhmad Zico Fadlansyah
Analisa Harian Minyak : 30 Maret 2021

Analisa harian forex 30 maret 2021 akan membahas pergerakan minyak hari ini. Akibat adanya kapal besar yang mengangkut kontainer dengan jumlah banyak yang menghalangi jalur lalulintas pengiriman di terusan Suez, maka harga Minyak mengalami kenaikan pada perdagangan selama beberapa hari lalu. Kapal besar ini sudah melintang di terusan Suez sekitar sepekan, dan di perkirakan kerugian karena hambatan jalur tersebut di prediksi skitar Rp 2 Milliar/hari nya. Namun informasi terbaru mengatakan bahwa kapal besar tersebut kini sudah bisa bergerak dan mulai melanjutkan perjalananya kembali. Untuk perdagangan market hari ini di perkirakan harga Minyak akan mengalami penurunan, karena jalur lalulintas di terusan Suez yang sempat terganggu kini mulai aktif kembali.

Focus para pelaku pasar saat ini adalah pertemuan OPEC-JMMC Meetings, yang akan membahas mengenai kelanjutan pemangkasan produksi yang dilakukan Arab Saudi dan kesepakatan anggota OPEC lainnya. Potensi trading yang dapat di lakukan adalah : Jika para pelaku pasar mengkhawatirkan ada nya peningkatan cadangan Minyak pasca bisa dilewatinya terusan Suez, di perkirakan maka harga Minyak akan menurun.

Kondisi Dolar AS saat ini cukup menguat dibandingkan dengan mata uang utama lainnya pada perdagangan market kemarin. Penguatan Dolar AS ini karena adanya informasi yang menginginkan AS dan Jepang bertemu dan membahas mengenai Taiwan. Selain itu mengenai ketegangan antara China dengan Amerika akan berdampak terhadap kondisi market dan mendukung para pelaku pasar beralih keaset investasi yang lebih aman. Setelah pihak China yang memberikan kritik tajam bahwa ada utusan yang berusaha mendekati salah satu pejabat China pada waktu sebelumnya.

Sebelumnya sikap China ini sebagai jawaban dari adanya penolakan utusan dagang AS “Katherine Tai” mengenai pelonggaran tarif yang dilakukan oleh China dan juga mengenai hubungan dagang yang “lebih positif dan produktif” dengan negara Uni Eropa. Disisi lain adanya sinyal optimis atas rencana suntikan dana untuk pembangunan infrastruktur Amerika senilai US $ 3,0 Triliun yang di usulkan oleh Presiden AS Joe Biden mulai meredup karena pembahasan mengenai kenaikan pajak.

Perkembangan virus corona (COVID-19) yang muncul kembali di Uni Eropa (UE) bisa berdampak pada pergerakan Dolar AS. Namun mengenai perkembangan pendistribusian dan pelaksanaan vaksin Covid-19 yang cepat dan terarah, memberikan sinyal optimis dan harapan bergeraknya roda ekonomi Amerika dan dapat mendukung penguatan Dolar AS. Selain itu adanya sinyal optimis mengenai rilis data ekonomi NFP dan data pengangguran bulanan akan membuat Dolar AS semakin menguat terhadap mata uang utama lainnya.

Prediksi Analisa Harian Minyak

Chart OIL analisa harian 30-03-2021

Prediksi hari ini di OIL (Minyak) di perkirakan akan bergerak melanjutkan penurunannya, dan OP (Open Position) yang disarankan adalah SELL di level 61,30. Dengan Target Profit (TP) 10 – 20 poin dan Stop loss (SL) di 5 – 10 poin.

PreferensiBEARISH
Target Profit 161,20
Target Profit 261,10
Stop Loss 161,35
Stop Loss 261,40

Demikianlah analisa harian minyak 30 maret 2021. Tetap utamakan Money Management dan Risk Management pada tradingan Anda.

Kunjungi GIC Indonesia untuk mendapatkan informasi seputar dunia trading. Anda juga bisa bergabung bersama kami di dalam Telegram Community GIC Trade dan Telegram Channel GIC Trade. Jangan lupa check akun Youtube GIC Indonesia yang penuh dengan banyak informasi, serta follow akun Instagram Kami untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai webinar menarik yang bisa Anda ikuti.

Nurhakim
Secara professional telah menekuni dunia trading sejak tahun 2009. Berpengalaman membangun Marketing Team & Telemarketing dengan anggota divisi 5 - 20 orang. Saat ini menjadi Trainer, Market Analyst, dan sekaligus Community Engagement Manager di GIC Trade sejak tahun 2019.