Analisa Harian Minyak : 06 Januari 2021

Artikel ini terakhir di perbaharui May 31, 2021 by Akhmad Zico Fadlansyah
Analisa Harian Minyak : 06 Januari 2021

Analisa harian minyak 06 januari 2021 akan membahas harga minyak yang bergerak melanjutkan kenaikannya pada perdagangan Rabu 06 Januari 2021 sesi Asia, kenaikan harga ini imbas adanya pernyataan dari Menteri Energi Saudi Arabia yang bersedia memangkas produksi minyaknya sebesar 1 juta barel per hari mulai Februari 2021 hingga Maret 2021. Sebelumnya harga minyak mengalami penurunan karena kekhawatiran OPEC dan anggota non OPEC terhadap prospek pelemahan permintaan akan minyak di market.

Disisi lain pertemuan OPEC selama 2 hari kemarin sempat terkendala oleh keinginan Rusia yang bersikeras akan meningkatkan produksinya sebesar 500 ribu bph. Meski kenyataanya permintaaan global saat ini masih di bawah level yang diharapkan efek pandemi Covid-19. “Permintaan minyak dunia masih sekitar 78 juta barel per hari, atau sekitar 20% lebih rendah dari level standard.

Mata uang Dollar AS bergerak stabil pada sesi Asia hari ini, karena para pelaku pasar masih mencerna hasil pemilihan Senat di Georgia yang akan berdampak terhadap pergerakan market. Mengenai hasil pemungutan suara putaran kedua dalam memilih 2 senator di Georgia berdampak kepada tuas kendali Senat di Amerika. Jika partai Demokrat berhasil memenangkan pemilihan senat tersebut, maka Demokrat akan mengambil tuas kendali Senat dan akan dapat memuluskan agenda legislatif mereka, diantara nya adalah pajak yang lebih tinggi dan lebih banyak stimulus.

Ahli strategi mata uang dari RBC Capital Markets Adam Cole, mengatakan bahwa “jika partai Demokrat berhasil mengambil 2 kursi senat asumsinya adalah bahwa (Presiden terpilih Joe) Biden akan memiliki lebih banyak kebebasan untuk menetapkan kebijakan dan hal itu memungkin akan adanya lebih banyak pelonggaran fiskal,”, efeknya akan mengangkat sentimen risiko dan melemahkan Dollar AS.

Prediksi Analisa Harian Minyak

chart oil analisa harian 06-01-2021

Prediksi hari ini di OIL (minyak) di perkirakan akan bergerak melanjutkan kenaikannya, dan OP (Open Position) yang disarankan adalah BUY di level 50,20. Dengan Target Profit (TP) 10 – 20 poin dan Stop loss (SL) di 5 – 10 poin.

PreferensiBULLISH
Target Profit 150,30
Target Profit 250,40
Stop Loss 150,15
Stop Loss 250,10

Demikianlah analisa harian minyak 06 januari 2021. Tetap utamakan Money Management dan Risk Management pada tradingan Anda.

Kunjungi GIC Indonesia untuk mendapatkan informasi seputar dunia trading. Anda juga bisa bergabung bersama kami di dalam Telegram Community GIC Trade dan Telegram Channel GIC Trade. Jangan lupa check akun Youtube GIC Indonesia yang penuh dengan banyak informasi, serta follow akun Instagram Kami untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai webinar menarik yang bisa Anda ikuti.

Nurhakim
Secara professional telah menekuni dunia trading sejak tahun 2009. Berpengalaman membangun Marketing Team & Telemarketing dengan anggota divisi 5 - 20 orang. Saat ini menjadi Trainer, Market Analyst, dan sekaligus Community Engagement Manager di GIC Trade sejak tahun 2019.