Analisa Harian Minyak : 05 Februari 2021

Artikel ini terakhir di perbaharui April 30, 2021 by Akhmad Zico Fadlansyah
Analisa Harian Minyak : 05 Februari 2021

Harga Minyak mengalami lonjakan yang cukup signifikan selama beberapa hari perdagangan di market. Kenaikan harga Minyak ini di dukung oleh harapan akan pulihnya tingkat permintaan bahan bakar Minyak dunia di tengah harapan para pelaku pasar akan tercapainya kesepakatan stimulus paket dana bantuan Covid-19 AS. Harapan dan sentiment positif ini yang menyebabkan pergerakan harga Minyak di market naik. Kenaikan harga Minyak ini di prediksi masih akan berlanjut namun dalam jangka waktu yang terbatas.

Disisi lain penguatan Dollar AS sudah nampak sejak awal tahun 2021, meski secara garis besar pelemahan Dollar AS justru terjadi di tahun 2020 lalu. Penguatan Dollar AS ini karena adanya aksi beli fisik yang dilakukan oleh para investor. Aksi ini mereka lakukan karena mereka yakin bahwa pemulihan ekonomi Amerika Serikat dari pandemi Covid-19 akan relatif lebih kuat dan cepat jika dibandingkan dengan negara-negara lain di dunia.

Rilis data ekonomi AS baru-baru ini juga menunjukkan bahwa geliat roda perekonomian AS mulai nampak. Hal ini dapat di lihat dari sisi lapangan kerja. Pasca rilis data klaim pengangguran mingguan AS terbaru yang semalam di rilis. Tercatat ada sekitar 779,000 orang yang mengajukan tunjangan pengangguran pada pekan lalu, data ini berkurang dari data pekan lalu yang di rilis sebesar 812,000, dan rilis data pekan ini lebih baik daripada prediksi pelaku pasar. Selain data tingkat pengangguran mingguan AS yang dirilis positive, sebelumnya juga pasca rilis data ADP Non Farm Employment Change yang dirilis menunjukkan peningkatan dari -78,000 menjadi 174,000 pada bulan Januari.

Menurut salah satu ahli dari CitiFX, mengatakan bahwa penguatan Dolar AS ini hanya bersifat sementara. Salah satu ahli ini berpendapat dengan semakin melemahnya efek kejut yang sudah di tunjukkan oleh imbal hasil Treasury AS tenor 10 Tahun akan kehabisan tenaga, maka akan terjadi juga pelemahan di Greenback.

“CitiFX Technical juga mengatakan bahwa gejolak market yang dihadapi para pelaku pasar yang awalnya membeku sudah mulai nampak mencair. Hal ini dikarenakan. Perkembangan tingkat inflasi dibandingkan dengan dinamika reflasi maka akan dapat menciptakan turbulensi tambahan dalam jangka pendek di Dollar AS. Namun secara global, kami berpendapat bahwa tren naik namun singkat yang di tunjukkan dalam imbal hasil obligasi akan mempengaruhi melemah dan menguatnya Dollar AS.

Prediksi Harian

chart OIL analisa harian 05-02-2021

Prediksi hari ini di OIL (minyak) di perkirakan akan bergerak melanjutkan kenaikkanya, dan OP (Open Position) yang disarankan adalah BUY di level 56,85. Dengan Target Profit (TP) 10 – 20 poin dan Stop loss (SL) di 5 – 10 poin.

PreferensiBULLISH
Target Profit 156,95
Target Profit 257,05
Stop Loss 156,80
Stop Loss 256,75

Tetap utamakan Money Management dan Risk Management.

Kunjungi GIC Indonesia untuk mendapatkan informasi seputar dunia trading. Anda juga bisa bergabung bersama kami di dalam Telegram Community GIC Trade dan Telegram Channel GIC Trade. Jangan lupa check akun Youtube GIC Indonesia yang penuh dengan banyak informasi, serta follow akun Instagram Kami untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai webinar menarik yang bisa Anda ikuti.

Nurhakim
Secara professional telah menekuni dunia trading sejak tahun 2009. Berpengalaman membangun Marketing Team & Telemarketing dengan anggota divisi 5 - 20 orang. Saat ini menjadi Trainer, Market Analyst, dan sekaligus Community Engagement Manager di GIC Trade sejak tahun 2019.