Analisa Harian GBPUSD: 12 Agustus 2021-Pounds di Bawah 1.3900

Artikel ini terakhir di perbaharui September 27, 2021 by Akhmad Zico Fadlansyah
Analisa Harian GBPUSD: 12 Agustus 2021-Pounds di Bawah 1.3900
Sumber Foto : GIC via Freepik
  • GBPUSD terus memantul secara tidak pasti akhir-akhir ini.
  • Kegelisahan brexit, data inflasi AS, dan berita utama Covid berpengaruh pada GBPUSD.

GBPUSD mengambang di sekitar 1.3865-70 pada Kamis pagi ini, saat analisa harian GBPUSD ditulis oleh tim GIC, pair mata uang ini berada di level 1.3872. Harga terus berhasil memantul dari angka terendah di tengah pemulihan, namun belum berhasil bangkit sepenuhnya.

Bloomberg mengisyaratkan kunjungan pertama Menteri Keuangan AS Janet Yellen ke Tiongkok, diikuti berita media lokal yang mengemukakan kunjungan Menteri Luar Negeri AS Sherman ke Beijing, namun tidak disambut optimis oleh para investor di tengah masalah Covid antara Tiongkok dan AS.

Di sisi lain, masalah Brexit menjadi tantangan untuk para buyer GBPUSD, Uni Eropa akan segera memberikan ultimatum terakhir kepada Inggris karena command paper (dokumen pemerintah kepada parlemen) untuk menegosiasikan kembali Protokol Irlandia Utara, kata seorang anggota parlemen senior (Anggota Parlemen Eropa) dikutip dari UK Express. Mengingat ekspektasi optimis dari data yang dijadwalkan, cable (sebutan populer untuk GBP) bisa melanjutkan pemulihan terbaru karena hasil positif mendukung para anggota BOE yang bersikap hawkish.

Pergerakan GBPUSD akan menunggu data bulanan PDB Inggris, Produksi Manufaktur dan Produk Industri, serta data awal PDB kuartal kedua (Q2). Namun, Indeks Harga Produsen (IHP) AS untuk Juli dan data Pengangguran Mingguan, serta komentar dari The Fed penting untuk diperhatikan.

Demikian analisa harian GBPUSD 12 Agustus 2021, Baca juga artikel dan analisa lainnya di Jurnal GIC seperti penjelasan pinjaman online terpercaya. Anda juga bisa menikmati video-video dari GIC yang membahas seputaran forex di video Trading for Freedom dan tak ketinggalan juga dapatkan bonus dari program affiliate GIC.

Nurhakim
Secara professional telah menekuni dunia trading sejak tahun 2009. Berpengalaman membangun Marketing Team & Telemarketing dengan anggota divisi 5 - 20 orang. Saat ini menjadi Trainer, Market Analyst di GIC sejak tahun 2019.