Analisa Harian EURUSD: 27 Juli 2021- Dollar AS Melemah

Artikel ini terakhir di perbaharui September 30, 2021 by Rinaldi Syahran
Analisa Harian EURUSD: 27 Juli 2021- Dollar AS Melemah
Sumber Foto : GIC via Freepik

Analisa harian EURUSD 27 Juli 2021 dari tim GIC, akan membahas pergerakan mata uang Euro terhadap mata uang Dolar AS. Pada perdagangan market Senin awal pekan kemarin, Euro bergerak menguat terhadap Dolar AS. Setelah sebelumnya mata uang Euro melemah, maka pada perdagangan kemarin mata uang Euro berusaha bangkit dan menguat dibandingkan dengan mata uang Dolar AS. Penguatan Euro ini didukung oleh adanya pelemahan di mata uang Dolar AS. Meskipun adanya sikap pesimis para pelaku pasar akan rilis data ekonomi Eropa, yaitu data Ifo Business Climate Jerman.

Untuk pergerakan market hari ini EURUSD diprediksi akan melanjutkan penguatannya. Hal ini disebabkan Dolar AS yang masih melemah terhadap beberapa mata uang utama lainnya. Meskipun jumlah penderita Covid-19 varian Delta masih meningkat di Eropa, tetapi negara Zona Euro masih focus akan rilis data GDP negara-negara besar di Eropa yang akan di rilis pada Jum’at esok. Negara yang akan rilis data GDP nya adalah : Prancis, Spanyol, Jerman dan Italia yang diprediksi akan positif untuk mata uang Euro, namun di satu sisi pernyataan Bank Sentral Eropa yang mengambil sikap dovish terhadap inflasi justru akan melemahkan Euro.

Mata uang Dolar AS saat ini bergerak melemah terbatas terhadap beberapa mata uang utama lainnya. Pada pekan lalu dan di awal perdagangan kemarin kondisi Dolar AS menguat dan mencapai level tertinggi hariannya. Pelemahan Greenback ini dikarenakan para pelaku pasar melakukan taking profit terlebih dahulu karena menunggu rilis data penting di market pada minggu ini.

Data ekonomi yang akan dirilis dan ditunggu oleh para pelaku pasar adalah FOMC Statement, Federal Fund Rate dan FOMC Press Conference. Data ini akan di rilis pada Kamis dini hari mulai pukul 01:00 WIB. Pernyataan ketua Bank Sentral Amerika ini sangat ditunggu oleh para pelaku pasar dan akan membuat pergerakan harga di market sangat volatile.

Meski diperkirakan Bank Sentral masih tetap mempertahankan tingkat suku bunga rendahnya di level 0,25%, namun pernyataan ketua The Fed mengenai kejelasan lebih lanjut mengenai kapan rencana pengurangan pembelian obligasi bisa dilakukan. Karena pernyataan Powell ini akan memberikan efek yang besar di market dan berdampak tinggi terhadap mata uang Dolar AS.

Analisa Harian EURUSD 27 Juli 2021

Chart EURUSD analisa harian 27-07-2021

Prediksi dan analisa harian EURUSD diperkirakan akan melanjutkan penguatannya/naik dan OP (Open Position) yang disarankan adalah BUY di level 1,18150. Dengan Target Profit (TP) 10 – 20 poin dan Stop loss (SL) di 5 – 10 poin.

PreferensiBULLISH
Target Profit 11,18250
Target Profit 21,18350
Stop Loss 11,18100
Stop Loss 21,18050

Demikianlah analisa harian EURUSD 27 Juli 2021 yang membahas mengenai pergerakan mata uang Euro, melemahnya mata uang Dolar AS telah menyebabkan mata uang Euro bangkit untuk menguat. Tetap utamakan Money Management dan Risk Management pada tradingan Anda.

Anda juga dapat membaca artikel lainnya seperti penjelasan wakil pialang berjangka di Jurnal GIC. Jangan lupa ikuti event dari GIC seperti NFP Live Trading dan lihat juga video pembahasan mengenai forex di video Trading for Freedom.

Nurhakim
Secara professional telah menekuni dunia trading sejak tahun 2009. Berpengalaman membangun Marketing Team & Telemarketing dengan anggota divisi 5 - 20 orang. Saat ini menjadi Trainer, Market Analyst di GIC sejak tahun 2019.