Analisa Harian EURUSD: 24 Agustus 2021-Euro Turun ke 1.1750

Artikel ini terakhir di perbaharui September 27, 2021 by Rinaldi Syahran
Analisa Harian EURUSD: 24 Agustus 2021-Euro Turun ke 1.1750
Sumber Foto : GIC via freepik
  • Setelah mengalami kenaikan dua hari berturut-turut, EURUSD mengalami penurunan.
  • Nilai dolar AS terus mengikuti imbal hasil obligasi pemerintah.

Analisa harian EURUSD 24 agustus 2021 kali ini membahas Euro yang terus berjuang untuk terus pulih, kenaikan pasangan mata uang dalam sepekan di hari sebelumnya disebabkan oleh suasana risk on (menggambarkan pelaku pasar sedang optimis terhadap prospek kondisi perekonomian yang semakin membaik) mendukung penurunan dolar AS. Namun, hal ini tidak bertahan lama. Saat analisa harian EURUSD 24 Agustus 2021 ditulis oleh tim GIC, EURUSD berada di level 1.1744.

Kurangnya kejelasan tentang kondisi virus dan kekhawatiran geopolitik yang berkaitan dengan Afghanistan dan Tiongkok menjadi salah satu penyebab penurunan EURUSD. Meskipun infeksi Covid19 Australia mereda dari rekor tertinggi, Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern terus memperingatkan penyebaran virus Delta lebih lanjut. Di Inggris, rawat inap harian karena Covid19 melonjak, hal yang sama juga terjadi di AS dan mendorong pemerintahan Biden untuk mempercepat vaksinasi.

Di tempat lain, Inggris menyerukan konferensi video darurat para pemimpin Kelompok Tujuh (G7) untuk membahas masalah terkait Taliban, serta mengisyaratkan bahwa Komisi Sekuritas dan Bursa AS (SEC) akan meningkatkan kesulitan untuk melakukan listing perusahaan yang berbasis di Beijing. Tindakan keras Beijing terhadap saham teknologi, pergolakan Tiongkok-Amerika dan kekhawatiran perlambatan pemulihan ekonomi ikut memperburuk kondisi ekonomi dunia.

Faktor-faktor yang telah disebutkan di atas membebani harga EUR/USD, dengan cara mendukung permintaan safe-haven dolar AS, harapan vaksinasi yang lebih cepat dan lebih sedikit peluang yang mendukung pengurangan stimulus the Fed membantu buyer untuk pasangan mata uang ini tetap positif.

Data awal IMP AS dan Zona Euro untuk Agustus lebih lemah dari yang diharapkan, menunjukkan perlunya kebijakan uang mudah lebih lanjut. Sebelum itu, Presiden bank sentral AS Dallas, Robert Kaplan memberi isyarat untuk mundur dari tapering karena varian Delta.

Deposit Cashback 100%

Bagaimana analisis teknikal EURUSD?

Analisa harian EURUSD di prediskri bullish dalam waktu dekat, meskipun potensi kenaikannya terbatas selama berada di bawah 1.1750, level resistance terdekat. Grafik 4 jam menunjukkan bahwa pasangan mata uang ini telah stabil di atas SMA 20 yang sedikit bullish, tetapi juga bertahan di bawah SMA yang bearish lebih lama. Indikator teknis tetap dalam level positif, tetapi momentumnya mundur sementara RSI datar di sekitar 59, menunjukkan minat beli yang surut.

Level support: 1,1700 1,1660 1,1620

Level resistance: 1,1750 1,1790 1,1820

Demikianlah analisa harian EURUSD 24 Agustus 2021. Anda bisa membaca artikel yang lain di Jurnal GIC. Dapatkan bonus-bonus lain nya dari GIC seperti program affiliate GIC dan Jumat Barokah.

Nurhakim
Secara professional telah menekuni dunia trading sejak tahun 2009. Berpengalaman membangun Marketing Team & Telemarketing dengan anggota divisi 5 - 20 orang. Saat ini menjadi Trainer, Market Analyst di GIC sejak tahun 2019.