Analisa Harian EURUSD: 23 September 2021 – Euro Melemah

Artikel ini terakhir di perbaharui September 30, 2021 by Yahya Kus Handoyo
Analisa Harian EURUSD: 23 September 2021 – Euro Melemah
Sumber Foto : GIC via freepik

Pergerakan mata uang tunggal zona Eropa yaitu Euro pada perdagangan market Rabu kemarin berada dalam kondisi melemah terhadap Dollar AS. Hal ini akan kita bahasa pada analisa harian EURUSD dari GIC kali ini. Pelemahan Euro hari ini tejadi imbas kondisi mata uang Dollar AS berada pada jalur peguatannya. Selain itu rilis data Eropa yang kurang bagus beberapa waktu lalu, turut melemahkan mata uang Euro.

Untuk perdagangan market sesi Asia hari ini, di analisa EURUSD masih akan melanjutkan pelemahannya terhadap Dollar AS. Hampir semua pair mata uang yang berhadapan dengan mata uang Dollar AS berada dalam jalur pelemahan. Hal ini imbas pernyataan dari ketua Bank Sentral AS The Fed yang “hawkish”.

Analisa Harian EURUSD 23 September 2021
Sumber Foto: Fausta via GIC

Setelah mengadakan pertemuannya pada dinihari tadi, Bank Sentral AS telah berhasil mengambil keputusan dan pernyataan, diantaranya adalah : rencana tapering akan segera di lakukan di tahun ini dan akan di umumkan pada pertemuan FOMC kembali di November mendatang. Selain itu juga FOMC dini hari tadi sepakat berencana akan menaikkan tingkat suku bunga lebih cepat dari perkiraan sebelumnya, bahkan Powell mengisyaratkan bisa di lakukan paling cepat di tahun depan.

Kondisi mata uang Dollar AS berada pada jalur penguatannya terhadap beberapa mata uang utama lainnya. Dorongan atas hasil pertemuan FOMC dinihari tadi telah menggambarkan bahwa Dollar AS cukup kuat dan stabil dibandingkan dengan mata uang lainnya. Jerome Powell megatakan bahwa meski pertumbuhan ekonomi AS belum benar – benar pulih efek pandemic namun kenaikan suku bunga bisa saja dilakukan pada tahun depan.

Dalam perdagangan hari ini mayoritas pair mata uang yang di sandingkan dengan Dollar AS akan melemah begitupun dengan kondisi perdagangan commodity seperti Emas yang mengalami penurunan. Imbas hasil obligasi pemerintah Amerika juga berada pada jalur kenaikannya, diambah lagi dengan sikap katua Bank Sentral AS yang bernada “hawkish” pada pertemuan FOMC dinihari tadi.

Analisa harian EURUSD kali ini : jika pergerakan EURUSD mampu menembus Support 1 di level 1,16627 maka besar peluangnya akan melanjutkan pergerakan menuju Support 2 di level 1,16379, namun jika tidak sanggup melanjutkan pelemahannya, maka pergerakan EURUSD akan kembali menuju Pivot Poin di level 1,17088 bahkan jika kondisi Dollar AS melemah meski terbatas, maka besar sekali peluang pergerakan Euro akan menuju Resistence 1 di level 1,17336 dan apabila level Resistence 1 tersebut dapat di lalui maka arah pergerakan selanjutnya akan menuju Resistance 2 di level 1,16379.

Untuk Analisa Fundamental siang nanti pada pukul 14:30 WIB akan rilis data high impact German Flash Manufacturing dan German Flash Services PMI lalu dilanjutkan dengan rilis data Inggris yaitu CAsset Purchase Facility, MPC Asset Purchase Facility dan Monetary Policy Summary yang akan di rilis pada pukul 18:00 WIB. Semua data diatas di prediksi akan bagus untuk mata uang Euro dan mata uang Poundsterling. Demikianlah analisa harian EURUSD 23 September 2021, Tetap perhatikan Money Management dan Risk Management dengan baik untuk melindungi dana Anda.

Baca juga artikel lainnya di Jurnal GIC untuk informasi lebih lanjut mengenai forex. dapatkan juga fasilitas lainnya dari GIC seperti bonus dari program affiliate GIC dan buku panduan Ebook Scalping.

Nurhakim
Secara professional telah menekuni dunia trading sejak tahun 2009. Berpengalaman membangun Marketing Team & Telemarketing dengan anggota divisi 5 - 20 orang. Saat ini menjadi Trainer, Market Analyst di GIC sejak tahun 2019.