Analisa Harian Emas : 29 Maret 2021

Artikel ini terakhir di perbaharui June 9, 2021 by Akhmad Zico Fadlansyah
Analisa Harian Emas : 29 Maret 2021

Analisa harian emas 29 maret 2021 hari ini membahas pergerakan emas. Adanya pelemahan Dolar AS sesaat ditambah lagi informasi mengenai penambahan jumlah penderita pandemi Covid-19 di Eropa, membuat pergerakan Emas melonjak pada perdagangan Jum’at 26 Maret 2021 akhir pekan kemarin. Pergerakan Emas pada perdagagan hari ini di prediksi masih akan berusaha untuk naik. Hal ini di karenakan penurunan yield obligasi pemerintah Amerika untuk tenor jangka panjang. Selain itu data klaim pengangguran mingguan AS yang dirilis lebih rendah dari prediksi pada Minggu lalu, menyebabkan sinyal pemulihan ekonomi AS akan lebih cepat. Ditambah lagi adanya gerak cepat pemerintah AS dalam peluncuran vaksin Covid-19 juga turut menekan harga Emas.

Pergerakan Emas selama pekan kemarin cenderung di range terbatas US $1730,00 – US $1745,00 /troy ounce. Namun jika kenaikan yield obligasi AS kembali naik ditambah lagi adanya pandangan ketua The Fed Jerome Powell yang mengatakan bahwa dengan bantuan stimulus yang sudah di setujui kongres dan pendistribusian dengan cepat dan tepat dana tersebut, akan dapat membuat ekonomi Amerika pulih lebih cepat dari prediksi sebelumnya, sehingga membuat harga Emas menurun. Jika secara tekhnikal pergerakan Emas dapat menembus level 1740an maka besar peluangnya untuk terus melanjutkan kenaikannya dan bisa saja menembus level resistance di 1745an.

Penurunan harga Emas bisa terbatas karena meningkatnya ketegangan antara China dengan beberapa negara, seperti Uni Eropa, Inggris, AS dan Kanada. Selain itu adanya sanksi terhadap China atas tindakan kekerasan dan pelanggaran hak asasi manusia yang di lakukan terhadap etnis Uighur di Xinjiang. Namun justru China melakukan sanksi balasan yang semakin membuat kondisi ketegangan makin memanas.

Greenback masih bergerak menguat dibandingkan dengan mata uang utama lainnya, hal ini karena adanya dukungan dari kenaikan yield obligasi jangka panjang pemerintah AS dan juga semakin positive nya data ekonomi Amerika yang dirilis semakin membuat keyakinan bahwa ekonomi AS bisa bangkit dan lebih cepat dari prediksi. Dalam pekan ini juga akan di rilis data ekonomi penting yang menjadi tolak ukur kemajuan ekonomi AS. Data ekonomi penting tersebut antara lain adalah upah rata-rata perjam para pekerja, data Non Farm Payroll dan data tingkat pengangguran bulanan di AS.

Prediksi Analisa Harian Emas

Prediksi hari ini di pair EMAS, di perkirakan akan melanjutkan kenaikkannya, dan OP (Open Position) yang disarankan adalah BUY di level 1735,00, dengan Target Profit (TP) 5-10 poin dan Stop Loss di 3-5 poin.

Chart GOLD analisa harian 29-03-2021

PreferensiBULLISH
Target Profit 11740,00
Target Profit 21745,00
Stop Loss 11732,00
Stop Loss 21730,00

Demikianlah analisa harian emas 29 maret 2021. Tetap utamakan Money Management dan Risk Management pada tradingan Anda.

Kunjungi GIC Indonesia untuk mendapatkan informasi seputar dunia trading. Anda juga bisa bergabung bersama kami di dalam Telegram Community GIC Trade dan Telegram Channel GIC Trade. Jangan lupa check akun Youtube GIC Indonesia yang penuh dengan banyak informasi, serta follow akun Instagram Kami untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai webinar menarik yang bisa Anda ikuti.

Nurhakim
Secara professional telah menekuni dunia trading sejak tahun 2009. Berpengalaman membangun Marketing Team & Telemarketing dengan anggota divisi 5 - 20 orang. Saat ini menjadi Trainer, Market Analyst, dan sekaligus Community Engagement Manager di GIC Trade sejak tahun 2019.