Analisa Harian Emas : 22 Maret 2021

Artikel ini terakhir di perbaharui June 8, 2021 by Akhmad Zico Fadlansyah
Analisa Harian Emas : 22 Maret 2021

Analisa harian emas 22 maret 2021 akan menganalisa pergerakan Emas pada akhir perdagangan Jum’at  pekan lalu secara garis besar mengalami kenaikan. Kenaikan Emas ini akibat adanya peralihan sesaat instrumen investasi yang di lakukan oleh para pelaku pasar, meskipun pada saat itu penguatan Dolar AS masih terjadi serta yield obligasi untuk tenor 10 tahun masih melanjutkan kenaikan nya. Pada pergerakan market di awal pekan ini pada sesi Asia, di perkirakan akan menurun jika penguatan Dolar AS dan kenaikan yiled obligasi pemerintah AS masih terus berlanjut.

Kemilau Emas untuk Senin awal pekan ini di asumsikan akan bergerak menurun, penurunan ini imbas adanya minat para pelaku pasar di investasi yang lebih berisiko. Meskipun masalah pandemi Covid-19 hingga saat ini masih menjadi permasalahan negara-negara di dunia. Namun ada hal-hal yang dapat membuat harga Emas bergerak naik, diantaranya adalah kembali di perpanjangnya lockdown di Jerman hingga April mendatang.

Permasalahan kekhawatiran vaksin Covid-19 buatan Astrazeneca di Uni Eropa dan Inggris semakin membuat pergerakan Emas bisa mendapatkan momentum untuk rebound. Ketegangan antara AS vs China kembali bergejolak, ditambah lagi antara Teheran-Washington yang telah bergabung perselisihan antara Saudi-Iran dapat menjadi peralihan yang tepat bagi Emas. Disisi lain Presiden Turki Tayyip Erdogan secara mengejutkan memberhentikan posisi ketua Bank Central Turki pada Sabtu kemarin.

Greenback menguat terhadap beberapa mata uang utama lainnya dengan kenaikan yield obligasi AS yang masih terus berlanjut. Penguatan Dolar AS ini juga mendapat dukungan dari ketegangan antara AS-China dapat memicu sentimen peralihan intrument investasi  yang pada akhirnya akan menguntungkan posisi Greenback sebagai mata uang safe haven. Disamping itu, yield obligasi AS masih mendukung bullish Dolar saat ini.Prospek hubungan perdagangan AS-China memburuk setelah pembicaraan diplomatik tingkat tinggi pada pekan lalu di Anchorage, Alaska.

Mengenai pertemuan tersebut memberikan gambaran ke publik bahwa presiden Biden tidak secara penuh untuk mempertahankan sikap keras seperti presiden sebelumnya Donald Trump terhadap China. Walaupun perjanjian tahap pertama pada tahun lalu sudah membuat Washington dan Beijing telah berhasil melakukan gencatan senjata saat terjadi perang dagang antara keduanya. Utusan dari kedua belah pihak masih berdiskusi dan membahas mengenai persaingan dagang dan tingkat ekonomi hingga detik ini.

Prediksi Analsia Harian Emas

Prediksi hari ini di pair EMAS, di perkirakan akan melanjutkan penurunannya, dan OP (Open Position) yang disarankan adalah SELL di level 1730,00, dengan Target Profit (TP) 5-10 poin dan Stop Loss di 3-5 poin.

Chart GOLD analisa harian 22-03-2021

PreferensiBEARISH
Target Profit 11725,00
Target Profit 21720,00
Stop Loss 11733,00
Stop Loss 21735,00

Demikianlah analisa harian emas 22 maret 2021. Tetap utamakan Money Management dan Risk Management pada tradingan Anda.

Kunjungi GIC Indonesia untuk mendapatkan informasi seputar dunia trading. Anda juga bisa bergabung bersama kami di dalam Telegram Community GIC Trade dan Telegram Channel GIC Trade. Jangan lupa check akun Youtube GIC Indonesia yang penuh dengan banyak informasi, serta follow akun Instagram Kami untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai webinar menarik yang bisa Anda ikuti.

Nurhakim
Secara professional telah menekuni dunia trading sejak tahun 2009. Berpengalaman membangun Marketing Team & Telemarketing dengan anggota divisi 5 - 20 orang. Saat ini menjadi Trainer, Market Analyst, dan sekaligus Community Engagement Manager di GIC Trade sejak tahun 2019.