Anallisa Harian Emas : 21 Juni 2021 – Suku Bunga Akan Naik, Emas Anjlok

Artikel ini terakhir di perbaharui June 21, 2021 by Nurhakim
Anallisa Harian Emas : 21 Juni 2021 – Suku Bunga Akan Naik, Emas Anjlok

Analisa harian Emas 21 Juni 2021 hari ini, akan menjelaskan dan membahas mengenai penyebab utama yang membuat harga Emas anjlok. Harga Emas bergerak kembali melanjutkan penurunannya pada perdagangan market Jumat akhir pekan kemarin, anjloknya harga Emas ini di sebabkan oleh semakin dekatnya peluang kenaikan suku bunga The Fed. Hal ini setelah adanya komentar dari salah satu pejabat The Fed negara bagian “Bullard” yang menyatakan bahwa peluang kenaikan suku bunga bisa saja lebih cepat dari pernyataan yang diberikan oleh Powell.

Untuk pergerakan market Emas hari ini di sesi Asia di perkirakan masih akan mencoba melanjutkan penurunannya. Efek menguat nya Dolar AS menjadi penyebab utama anjloknya harga Emas. Besarnya penurunan harga Emas ini perhubungan dengan pengurangan pembelian obligasi oleh The Fed dan kenaikan suku bunga. Turunnya Emas juga membuat genting banyak orang dan harga Emas hari ini akan ada penurunan lebih lanjut lagi.

Dolar AS yang terus menguat setelah adanya pengumuman hawkish oleh Federal Reserve atau pertemuan FOMC Kamis dini hari lalu yang menyebabkan pair lain menurun dan komoditi seperti Emas juga menurun. Bagusnya data perekonomian AS yang telah dirilis menunjukan bahwa menguatnya nilai mata uang Dolar AS. Dengan data tersebut Emas mencapai kesulitan untuk naik ke level tertinggi , karena masih berada di trend bearish. Tingkat inflasi di prediksi masih akan terus naik dimasa mendatang yang disebabkan oleh pertemuan FOMC yang telah merilis kebijakan moneternya.

Imbas dari kenaikan tingkat inflasi tersebut membuat nilai obligasi jangka panjang / yield melonjak sedangkan minat para pelaku pasar untuk kepemilikan Emas semakin menurun. Hal tersebut mempengaruhi para investor untuk memilih obligasi dari pada Emas. Agenda The Fed selanjutnya akan ada pengurangan pembelian obligasi dan akan ada peningkatan suku bunga acuan (Federal Funds Rate/ FFR) yang terjadi lebih cepat di tahun 2023. “Jerome Powell” juga mengatakan bahwa kebijakan akomodatif masih akan dilanjutkan. Selain itu, The Fed juga sedang memperhatikan peningkatan employment dan Jobless Claims mingguan.

Prediksi Harian Analisa Emas

Prediksi hari ini di pair EMAS, di perkirakan akan melanjutkan penurunannya, dan OP (Open Position) yang disarankan adalah SELL di level 1765,00, dengan Target Profit (TP) 5-10 poin dan Stop Loss di 3-5 poin.

Chart GOLD analisa harian 21-06-2021

PreferensiBEARISH
Target Profit 11760,00
Target Profit 21755,00
Stop Loss 11768,00
Stop Loss 21770,00

Demikianlah analisa harian Emas 21 Juni 2021, harga Emas anjlok imbas semakin dekatnya peluang kenaikan suku bunga The Fed. Tetap utamakan Money Management dan Risk Management pada tradingan Anda.

Kunjungi GIC Indonesia untuk mendapatkan informasi seputar dunia trading. Anda juga bisa bergabung bersama kami di dalam Telegram Community GIC Trade dan Telegram Channel GIC Trade. Jangan lupa check akun Youtube GIC Indonesia yang penuh dengan banyak informasi, serta follow akun Instagram Kami untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai webinar menarik yang bisa Anda ikuti.

Nurhakim
Secara professional telah menekuni dunia trading sejak tahun 2009. Berpengalaman membangun Marketing Team & Telemarketing dengan anggota divisi 5 - 20 orang. Saat ini menjadi Trainer, Market Analyst, dan sekaligus Community Engagement Manager di GIC Trade sejak tahun 2019.