Analisa Harian Emas : 19 Februari 2021

Artikel ini terakhir di perbaharui June 4, 2021 by Akhmad Zico Fadlansyah
Analisa Harian Emas : 19 Februari 2021

Analisa harian emas 19 februari 2021 kali ini membahas pergerakan harga Emas kembali menurun, dalam perdagangan market Kamis (18 Februari 2021) kemarin. Pada perdagangan Jum’at hari inipun di perkirakan masih akan melanjutkan penurunannya. Kejatuhan harga Emas ini di karenakan penguatan Dolar AS, dan peralihan investasi yang dilakukan oleh para pelaku pasar. Selain itu juga umumnya tiap memasuki akhir pekan, tepatnya di Jum’at para investor akan melakukan aksi profit taking posisi nya di market, sehingga akan membuat harga Emas menurun.

Dolar AS bergerak menguat pada perdagagan Jum’at di sesi Asia, rebound Dolar AS ini setelah sebelumnya bergerak melemah. Dolar AS sempat melemah cukup  jauh selama sekitar 10 hari, terlebih pasca rilis data jumlah lapangan kerja (NFP) dan jumlah pengangguran yang mengecewakan dan menyebabkan berkurangnya kepercayaan pelaku pasar akan negara Amerika dimana bisa lebih cepat dalam pemulihan ekonomi dari Covid-19 dibandingkan dengan negara-negara lainnya di dunia.

Kondisi Greenback perlahan namun pasti telah kembali sebagai aset safe-haven yang dilirik pelaku pasar, terlebih setelah beberapa data ekonomi AS di rilis menggembirakan, meskipun data Claim Pengangguran mingguan di rilis negative. Rencana stimulus fiskal AS dalam jumlah besar, ditambah pendistribusian vaksin Covid-19 yang sukses merupakan gambaran yang jelas dalam pemulihan ekonomi AS tahun ini,” tulis Rodrigo Catril, salah satu ahli strategi valuta asing senior di National Australia Bank Sydney.

Sementara itu kondisi Poundsterling cenderung bergerak sideways, setelah sebelumnya menguat ke level tertinggi selama hampir 3 tahun. Penguatan ini terjadi setelah pemerintah Inggris secara terus menerus melaksanakan program vaksinasi Covid-19 yang cepat dan terarah. Disisi lain pergerakan Euro menguat setelah sikap Bank Sentral Eropa (ECB) yang memberikan dukungan stimulus dalam jumlah  lebih banyak, sehingga berimbas positif terhadap pergerakan EURUSD.

Prediksi Analisa Harian Emas

Prediksi hari ini di pair EMAS, di perkirakan akan melanjutkan penurunannya, dan OP (Open Position) yang disarankan adalah SELL di level 1755,00, dengan Target Profit (TP) 5-10 poin dan Stop Loss di 3-5 poin.

chart GOLD analisa harian 19-02-2021

PreferensiBEARISH
Target Profit 11750,00
Target Profit 21745,00
Stop Loss 11758,00
Stop Loss 21760,00

Demikianlah analisa harian emas 19 februari 2021. Tetap utamakan Money Management dan Risk Management pada tradingan Anda.

Kunjungi GIC Indonesia untuk mendapatkan informasi seputar dunia trading. Anda juga bisa bergabung bersama kami di dalam Telegram Community GIC Trade dan Telegram Channel GIC Trade. Jangan lupa check akun Youtube GIC Indonesia yang penuh dengan banyak informasi, serta follow akun Instagram Kami untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai webinar menarik yang bisa Anda ikuti.

Nurhakim
Secara professional telah menekuni dunia trading sejak tahun 2009. Berpengalaman membangun Marketing Team & Telemarketing dengan anggota divisi 5 - 20 orang. Saat ini menjadi Trainer, Market Analyst, dan sekaligus Community Engagement Manager di GIC Trade sejak tahun 2019.