Analisa Harian Emas: 18 Oktober 2021 – Harga Turun

Artikel ini terakhir di perbaharui October 18, 2021 by Akhmad Zico Fadlansyah
Analisa Harian Emas: 18 Oktober 2021 – Harga Turun
Sumber Foto : GIC via Freepik

Analisa harian emasdari tim GIC kali ini membahas kenaikan harga emas tidak mampu berlanjut pada perdagangan akhir pekan kemarin. Setelah sebelumnya sempat menyentuh level tertinggi di US $ 1800,45/troy ounce, seakan kehabisan tenaga harga emas kembali menurun dan mencapai level terendah hariannya di US $ 1764,71/troy ounce.

Anjloknya harga emas ini disebabkan adanya penguatan di mata uang Dollar AS. Selain itu besar juga penurunan harga emas ini karena adanya aksi profit taking yang dilakukan oleh para pelaku pasar karena akhir pekan.

Prediksi untuk pergerakan market emas hari ini, masih didominasi dengan trend Bearish. Hal ini karena kondisi Dollar AS sudah berada pada level penguatannya setelah beberapa hari sebelumnya sempat melemah

Greenback menguat terhadap beberapa mata uang utama lainnya di Jum’at akhir pekan kemarin. Penguatan Dollar AS ini karena di dukung oleh naiknya yield obligasi pemerintah Amerika dengan tenor 10 tahun.

Selain karena naiknya yield obligasi, penguatan Dollar AS juga mendapat tenaga penguatannya pasca rilis data ekonomi Amerika yang positif. Data ekonomi yang dimaksud adalah Retail Sales dan Core Retail Sales. Data Retail Sales dirilis 0,7% diatas prediksi yang hanya -0,2%. Selain itu data Core Retail Sales juga positive dimana dirilis sebesar 0,8% sedangkan prediksi hanya 0,5%.

Dengan positifnya data penjualan retail/eceran maka menandakan kegiatan pertumbuhan ekonomi AS mulai memberikan tanda ke arah normal, meski akan memakan waktu yang cukup lama. Bagusnya musim laporan rugi/laba perusahaan besar di Dow Jones turut menyumbang penguatan mata uang Dollar AS.

Setelah rilis data GDP China pada pagi ini yang mengecewakan, maka focus para pelaku pasar tertuju pada rilis data nanti malam pada pukul 20:15 WIB, data tersebut adalah Industrial Production. Data ini diprediksi akan negative dan dapat melemahkan mata uang Dollar AS. Jika di rilis diatas prediksi maka peluang penguatan Dollar AS akan terus berlanjut.

Analisa Teknikal GOLD (XAUUSD)

Analisa harian emas memprediksi Trend masih akan Bearish/turun terbatas.

Pivot Point

Pivot point = 1775,98.

Support

Berikut ini nilai support 1, 2, dan 3.

  1. Support 1 = 1755,62
  2. Support 2 = 1744,35
  3. Support 3 = 1723,99

Resistance

Berikut ini nilai resistance 1, 2, dan 3.

  1. Resistance 1 = 1787,25
  2. Resistance 2 = 1807,61
  3. Resistance 3 = 1818,88

Tetap bijak dalam trading dengan memperhatikan Money Management dan Risk Management agar kelangsungan modal dan account trading anda tetap berlanjut. Happy Trading dan salam profit konsisten.

Demikian pembahasan mengenai analisa harian emas dari GIC. Jangan lupa untuk membaca informasi terkait analisa fundamental lainnya hanya di Jurnal GIC. Dan bagi Anda yang serius untuk menapaki dunia trading forex, maka Anda bisa mencoba produk kami ebook scalping dan berbagai video premium Youtube.

Nurhakim
Secara professional telah menekuni dunia trading sejak tahun 2009. Berpengalaman membangun Marketing Team & Telemarketing dengan anggota divisi 5 - 20 orang. Saat ini menjadi Trainer, Market Analyst di GIC sejak tahun 2019.