Analisa Harian Emas : 18 Januari 2021

Artikel ini terakhir di perbaharui April 30, 2021 by Akhmad Zico Fadlansyah
Analisa Harian Emas : 18 Januari 2021

Pergerakan Emas pada perdagangan di Jum’at akhir pekan lalu menurun, meskipun pasca rilis data penjualan retail AS yang negative. Penurunan Emas ini imbas adanya penguatan Dollar AS karena adanya permintaan fisik Greenback akibat kekhawatiran terhadap lonjakan kasus Covid-19 global. Pergerakan Emas awalnya harga mencoba untuk rebound dari level terendahnya setelah pengumuman rencana jumlah yang lebih besar untuk paket stimulus dana bantuan Covid-19 senilai USD $1.9 triliun. Ditambah lagi pernyataan ketua The Fed Jerome Powell yang memberikan sinyal bahwa tingkat suku bunga masih akan di pertahankan dan tidak berubah dalam waktu dekat.

Dollar AS bergerak terbatas pada awal pekan ini (Senin 18 Januari 2021) imbas rilis data ekonomi Amerika yang buruk, di tambah lagi meningkatnya jumlah kasus virus Corona di dunia membuat investor lebih berhati-hati. Sebagai aset safehaven, posisi Dollar Amerika sangat di untungkan. Dukungan terhadap Dollar AS bertambah sejak Demokrat memenangkan kursi senat AS, yang turut juga mendorong lonjakan imbal hasil obligasi untuk tenor 10 tahun.

Pergerakan Emas pagi ini sangat volatile karena rilis data GCP China. Sebelum data tersebut di rilis, Emas bergerak anjlok dari level 1829 ke level 1803, karena perilaku panic para investor. Namun begitu rilis data GDP China yang bagus dari quartal sebelumnya dan diatas prediksi maka Emas kembali melonjak naik. Data GDP China di rilis 6,5% diatas prediksi yang hanya 6,2% dan dari quartal sebelumnya yang hanya 4,9%.

Prediksi Harian

Prediksi hari ini di pair EMAS, di perkirakan akan melanjutkan penurunan, dan OP (Open Position) yang disarankan adalah SELL di level 1820,00, dengan Target Profit (TP) 5-10 poin dan Stop Loss di 3-5 poin.

Chart GOLD analisa harian 18-01-2021

PreferensiBEARISH
Target Profit 11815,00
Target Profit 21810,00
Stop Loss 11823,00
Stop Loss 21825,00

Tetap utamakan Money Management dan Risk Management.

Kunjungi GIC Indonesia untuk mendapatkan informasi seputar dunia trading. Anda juga bisa bergabung bersama kami di dalam Telegram Community GIC Trade dan Telegram Channel GIC Trade. Jangan lupa check akun Youtube GIC Indonesia yang penuh dengan banyak informasi, serta follow akun Instagram Kami untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai webinar menarik yang bisa Anda ikuti.

Nurhakim
Secara professional telah menekuni dunia trading sejak tahun 2009. Berpengalaman membangun Marketing Team & Telemarketing dengan anggota divisi 5 - 20 orang. Saat ini menjadi Trainer, Market Analyst, dan sekaligus Community Engagement Manager di GIC Trade sejak tahun 2019.