Analisa Harian Emas : 14 Juni 2021 – Data Ekonomi AS Bagus, Emas Anjlok

Artikel ini terakhir di perbaharui June 14, 2021 by Nurhakim
Analisa Harian Emas : 14 Juni 2021 – Data Ekonomi AS Bagus, Emas Anjlok

Analisa harian Emas 14 Juni 2021 hari ini, akan menjabarkan faktor penyebab pergerakan Emas. Harga Emas bergerak anjlok pada perdagangan market Jum’at akhir pekan kemarin, penurunan ini disebabkan oleh bagusnya rilis data ekonommi AS. Data ekonomi AS yang dimaksud adalah data Prelim UoM Consumer Sentiment AS yang dirilis lebih tinggi dari prediksi. Data tersebut di rilis sebesar 86.4 sedangkan prediksi hanya 84.1 sedangkan periode sebelumnya 82.9.

Penurunan Emas di prediksi masih akan berlanjut pada perdagangan market sesi Asia hari ini, anjloknya Emas di sebabkan karena penguatan Dolar AS. Anjloknya Emas juga karena adanya aksi jual Emas fisik yang di lakukan oleh para pasar karena mereka beralih ke aset investasi lainnya terutama indeks saham. Pergerakan Emas masih berada di level terendah hariannya meskipun market di China dan Australia lebih berhati-hati untuk masuk ke market sambil menunggu kebijakan dari Federal Reserve AS (Fed) yang akan di ambil selanjutnya yang menurut rencana akan di agendakan pada Rabu depan.

Greenback menguat terhadap beberapa mata uang utama lainnya pada perdagangan market Jum’at akhir pekan kemarin, hal ini di dukung oleh bagus nya data ekonomi AS. Sikap para pelaku pasar merasa khawatir akan rencana tapering yang akan dilakukan oleh Bank Sentral, menjelang pertemuan FOMC meeting pada tanggal 16-17 Juni mendatang. Seperti kita ketahui untuk nilai quatitative easing (QE) The Fed saat ini sebesar US $120 Miliar per bulan.

Dalam Minggu ini fokus para pelaku pasar tertuju pada FOMC meeting yang akan di agendakan pada Kamis dini hari, justru yang menjadi sorotan adalah pernyataan dari ketua Bank Sentral Jerome Powell dalam konferensi pers, serta gambaran mengenai tingkat sukju bunga. Persepsi di market berkembang bahwa sebagian analis memprediksi akan ada isyarat tapering, namun ada juga sebagian lainnya yang memprediksi bahwa The Fed masih belum merubah kebijakan fiskalnya, sebab meskipun tingkat inflasi secara terus menerus meningkat dan tingkat konsumsi masyarakat telah pulih.

Prediksi Harian Analisa Emas

Prediksi hari ini di pair EMAS, di perkirakan akan melanjutkan penurunannya, dan OP (Open Position) yang disarankan adalah SELL di level 1855,00, dengan Target Profit (TP) 5-10 poin dan Stop Loss di 3-5 poin.

PreferensiBEARISH
Target Profit 11850,00
Target Profit 21845,00
Stop Loss 11858,00
Stop Loss 21860,00

Demikianlah analisa harian Emas 14 Juni 2021, dimana pasca rilis data ekonomi AS yang bagus menyebabkan Emas anjlok kelevel terendah. Tetap utamakan Money Management dan Risk Management pada tradingan Anda.

Kunjungi GIC Indonesia untuk mendapatkan informasi seputar dunia trading. Anda juga bisa bergabung bersama kami di dalam Telegram Community GIC Trade dan Telegram Channel GIC Trade. Jangan lupa check akun Youtube GIC Indonesia yang penuh dengan banyak informasi, serta follow akun Instagram Kami untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai webinar menarik yang bisa Anda ikuti.

Nurhakim
Secara professional telah menekuni dunia trading sejak tahun 2009. Berpengalaman membangun Marketing Team & Telemarketing dengan anggota divisi 5 - 20 orang. Saat ini menjadi Trainer, Market Analyst, dan sekaligus Community Engagement Manager di GIC Trade sejak tahun 2019.