Analisa Harian Emas : 12 April 2021

Artikel ini terakhir di perbaharui April 30, 2021 by Akhmad Zico Fadlansyah
Analisa Harian Emas : 12 April 2021

Geliat harga Emas kembali menurun pada perdagangan Jum’at akhir pekan kemarin, penurunan Emas kembali ke level 1740an setelah beberapa waktu lalu sempat menyentuh level tertinggi nya di 1750an/troyounce. Penurunan harga Emas ini akibat dari adanya penguatan di Dolar AS. Penguatan Dolar AS akan di bahas lebih detail pada paragraf berikutnya. Untuk pergerakan Emas hari ini Senin 12 April 2021 pada sesi Asia, di perkirakan akan kembali melanjutkan penurunannya. Penurunan ini imbas masih perkasanya Dolar AS yang didukung oleh beberapa faktor, untuk jelasnya akan di kupas tuntas pada paragraf selanjutnya.Secara global pergerakan Emas pada pekan lalu mengalami kenaikan secara terbatas dan lebih tinggi dibandingkan dengan kenaikan harga di pekan sebelumnya. Kenaikkan ini terjadi karena lemahnya Dolar AS dan turunnya yield obligasi tenor 10 tahun.

Selain itu juga kenaikan Emas mendapat dukungan dari pandangan ketua Bank Sentral AS Jerome Powell yang “dovish”. Dimana dalam pertemuannya di FOMC The Fed masih akan mempertahankan untuk membeli obligasi pemerintah yang bertujuan agar ekonomi Amerika kembali bangkit. Selain itu juga The Fed akan mempertahankan tingkat suku bunga di level terendah sampai waktu yang belum di tentukan. Di sisi lain ketua The Fed Jerome Powell di dalan seminar IMF yang diadakan secara virtual mengatakan, untuk pemulihan tingkat ekonomi Amerika Serikat masih belum terjadi secara merata dan menyeluruh.

Dolar AS bergerak cukup dinamis pada perdagangan market hari ini. Sebelumnya pada pekan lalu pergerakan Greenback sempat mengalami pelemahan terhadap beberapa mata uang utama lainnya. Pelemahan mata uang Dolar AS ini terjadi karena terbebani oleh beberapa faktor, diantaranya adalah karena menurunnya yiled obligasi pemerintah Amerika dengan tenor 10 tahun. Seperti kita ketahui pernyataan Powell selaku ketua Bank Central AS yang memberikan pandangan yang “dovish” turut menumbangkan Dolar AS. Tidak hanya sampai di situ, pelemahan Dolar AS juga terbebani oleh adaya rilis data ekonomi yang negative.

Pada pekan ini di prediksi keadaan Dolar AS akan kembali menguat, hal ini nampak dari adanya kenaikkan kembali yield obligasi pemerntah Amerika untuk jangka waktu yang panjang. Selain itu juga penguatan Dolar AS mendapat dukungan dari rilis data inflasi yang menggembirakan. Namun para pelaku pasar akan focus pada rilis data ekonomi pekan ini, diantaranya adalah data CPI (Customer Price Index), lalu Core CPI. Selain itu akan kembali di agendakan ketua Bank Central AS Fed Powell speaks ditambah lagi akan ada rilis data Retail Sales dan Core Retail Sales.

Prediksi Harian

Prediksi hari ini di pair EMAS, di perkirakan akan melanjutkan penurunannya, dan OP (Open Position) yang disarankan adalah SELL di level 1730,00, dengan Target Profit (TP) 5-10 poin dan Stop Loss di 3-5 poin.

Chart GOLD analisa harian 12-04-2021

PreferensiBEARISH
Target Profit 11725,00
Target Profit 21720,00
Stop Loss 11733,00
Stop Loss 21735,00

Tetap utamakan Money Management dan Risk Management.

Kunjungi GIC Indonesia untuk mendapatkan informasi seputar dunia trading. Anda juga bisa bergabung bersama kami di dalam Telegram Community GIC Trade dan Telegram Channel GIC Trade. Jangan lupa check akun Youtube GIC Indonesia yang penuh dengan banyak informasi, serta follow akun Instagram Kami untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai webinar menarik yang bisa Anda ikuti.

Nurhakim
Secara professional telah menekuni dunia trading sejak tahun 2009. Berpengalaman membangun Marketing Team & Telemarketing dengan anggota divisi 5 - 20 orang. Saat ini menjadi Trainer, Market Analyst, dan sekaligus Community Engagement Manager di GIC Trade sejak tahun 2019.