Analisa Harian Emas : 09 Maret 2021

Artikel ini terakhir di perbaharui June 8, 2021 by Akhmad Zico Fadlansyah
Analisa Harian Emas : 09 Maret 2021

Analisa harian emas 09 maret 2021 akan membahas pergerakan harga Emas pada perdagangan Senin kemarin akhirnya di tutup menurun, padahal pada sesi Asia pergerakan harga Emas sempat berusaha rebound dari level terendah nya. Penurunan Emas ini akibat adanya penguatan Dollar AS serta naiknya tingkat imbal hasil obligasi AS. Untuk pergerakan market hari ini Selasa (09 Maret 2021) di prediksi Emas masih akan menurun karena Dolar AS masih menguat. Emas akan rebound dan mulai naik, jika yield obligasi Amerika mulai menurun.

Sementara itu Dolar AS masih berpeluang menguat dibandingkan dengan mata uang utama lainnya. Pada perdagangan sesi Asia hari ini. Penguatan ini bisa dipastikan jika masih banyaknya aksi beli fisik Dolar AS yang dilakukan oleh para pelaku pasar, ditambah lagi naiknya tingkat imbal hasil obligasi pemerintah AS untuk tenor jangka panjang. Kenaikan yield obligasi ini di dukung oleh sudah secara sah di setujui senat bahwa stimulus paket bantuan Covid-19 sebesar US $1,9 Triliun. Disisi lain mengenai janji ketua The Fed Jerome Powell dalam pidato nya beberapa hari yang lalu, mengatakan bahwa akan mempertahankan stimulus yang bertujuan untuk menopang pemulihan ekonomi AS.

Kenaikan Imbal hasil obligasi Amerika mulai nampak menjelang pembukaan Wall Street pada tadi malam. Bank central Amerika The Fed menginformasikan bahwa akan memperpanjang Fasilitas Likuiditas Program Perlindungan Gaji (PPPLF) selama 3bulan hingga 30 Juni 2021. Dow Jones Industrial Average telah bergerak dan mencapai rekor level tertinggi baru di ikuti juga oleh S&P 500, namun Nasdaq ditutup menurun.

Badan Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit AS menginformasikan bahwa bagi yang sudah di vaksinasi dengan dosis penuh (2x vaksin), maka tidak perlu menggunakan masker serta menjaga jarak (social distance) ketika bertemu dan berkumpul di dalam satu ruangan dengan mereka yang berisiko rendah terpapar virus Covid-19. Dilaporkan pula bahwa pemerintah AS telah melakukan vaksinasi sekitar 18% dari seluruh jumlah penduduknya, sedangkan Israel hingga saat ini sudah mencapai 54,6% lalu kemudian Inggris yang sudah mencapai 33% dari total penduduknya.

Prediksi Analisa Harian Emas

Prediksi hari ini di pair EMAS, di perkirakan akan melanjutkan penurunannya, dan OP (Open Position) yang disarankan adalah SELL di level 1685,00, dengan Target Profit (TP) 5-10 poin dan Stop Loss di 3-5 poin.

Chart GOLD analisa harian 09-03-2021

PreferensiBEARISH
Target Profit 11680,00
Target Profit 21675,00
Stop Loss 11688,00
Stop Loss 21690,00

Demikianlah analisa harian emas 09 maret 2021. Tetap utamakan Money Management dan Risk Management pada tradingan Anda.

Kunjungi GIC Indonesia untuk mendapatkan informasi seputar dunia trading. Anda juga bisa bergabung bersama kami di dalam Telegram Community GIC Trade dan Telegram Channel GIC Trade. Jangan lupa check akun Youtube GIC Indonesia yang penuh dengan banyak informasi, serta follow akun Instagram Kami untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai webinar menarik yang bisa Anda ikuti.

Nurhakim
Secara professional telah menekuni dunia trading sejak tahun 2009. Berpengalaman membangun Marketing Team & Telemarketing dengan anggota divisi 5 - 20 orang. Saat ini menjadi Trainer, Market Analyst, dan sekaligus Community Engagement Manager di GIC Trade sejak tahun 2019.