Analisa Harian Emas : 05 Juli 2021 – Sempat Naik Efek Tingkat Pengangguran AS

Artikel ini terakhir di perbaharui July 5, 2021 by Nurhakim
Analisa Harian Emas : 05 Juli 2021 – Sempat Naik Efek Tingkat Pengangguran AS
Sumber Foto : GIC via Freepik

Analisa harian Emas 05 Juli 2021 hari ini, akan membahas mengenai penyebab pergerakan harga Emas. Pergerakan harga Emas pada perdagangan Jum’at akhir pekan kemarin, sempat naik dan mencapai level tertinggi hariannya. Naiknya harga Emas ini efek buruknya tingkat pengangguran bulanan AS. Meski rilis data NFP AS Jum’at lalu bagus diatas prediksi namun karena tingkat pengangguran AS naik, maka Dolar AS melemah dan harga Emas naik.

Untuk pergerakan harga Emas hari ini di perkirakan akan mencoba menurun, imbas adanya aksi profit taking para pelaku pasar. Selain karena hal tersebut turunnya harga Emas juga karena adanya keyakinan para pelaku pasar yang berkembang di market mengenai pandangan yang hawkish dari beberapa pejabat Bank Sentral AS. Selain efek data pengangguran AS yang naik, kekhawatiran beberapa negara di dunia mengenai varian baru delta virus Corona turut menjadi pendorong harga Emas untuk naik.

Mata uang Dolar AS sempat melemah dibandingkan dengan beberapa mata uang utama lainnya pada perdagangan Jum’at akhir pekan kemarin. Pelemahan Dolar AS ini terjadi pasca rilis data tingkat pengangguran bulanan AS yang dirilis meningkat. Tingkat pengangguran AS naik menjadi 5.9%, data ini lebih tinggi dibandingkan dengan prediksi sebesar 5.6% dan data bulan lalu sebesar 5.8%.

Saat rilis data NFP pada pekan lalu menunjukan jumlah ketersediaan lapangan kerja yang disiapkan pemerintah mengalami penigkatan. Data NFP di rilis sebesar 850K lebih tinggi dari prediksi yang hanya 725K dan pada data periode sebelumnya sebesar 583K. Meski data NFP bagus namun tingkat pengangguran bulanan AS naik, menyebabkan para pelaku pasar berkesimpulan bahwa rencana Bank Sentral AS untuk menaikan suku bunga nya lebih cepat akan sirna.

Virus Corona dengan varian baru delta mulai melanda negara – negara di dunia. Hal ini kembali menimbulkan sandungan bagi negara di Asia dan Eropa serta Amerika untuk menggerakkan roda ekonomi kembai ke titik normal. Virus ini pertama kali di temukan di negara India dan sangat cepat penyebarannya. Virus Corona jenis varian baru ini lebih ganas dan lebih cepat penularannya, karena virus tersebut tidak membutuhkan waktu lama untuk bisa menularkan orang lain.

Prediksi Harian Analisa Emas 05 Juli 2021

Prediksi hari ini di pair EMAS, di perkirakan akan melanjutkan penurunannya, dan OP (Open Position) yang disarankan adalah SELL di level 1855,00, dengan Target Profit (TP) 5-10 poin dan Stop Loss di 3-5 poin.

Chart GOLD analisa harian 05-07-2021

PreferensiBEARISH
Target Profit 11760,00
Target Profit 21755,00
Stop Loss 11768,00
Stop Loss 21770,00

Demikianlah analisa harian Emas 05 Juli 2021, harga Emas sempat naik karena efek naiknya tingkat pengangguran bulanan AS. Tetap utamakan Money Management dan Risk Management pada tradingan Anda.

Kunjungi GIC Indonesia untuk mendapatkan informasi seputar dunia trading. Anda juga bisa bergabung bersama kami di dalam Telegram Community GIC Trade dan Telegram Channel GIC Trade. Jangan lupa check akun Youtube GIC Indonesia yang penuh dengan banyak informasi, serta follow akun Instagram Kami untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai webinar menarik yang bisa Anda ikuti.

Nurhakim
Secara professional telah menekuni dunia trading sejak tahun 2009. Berpengalaman membangun Marketing Team & Telemarketing dengan anggota divisi 5 - 20 orang. Saat ini menjadi Trainer, Market Analyst di GIC sejak tahun 2019.