Analisa Harian Emas : 03 Mei 2021

Artikel ini terakhir di perbaharui May 20, 2021 by Akhmad Zico Fadlansyah
Analisa Harian Emas : 03 Mei 2021

Analisa harian emas 03 mei 2021 kali ini akan membahas rilisnya data ekonomi Amerika yang positive ditambah lagi dengan naiknya yield obligasi pemerintah AS, telah menyebabkan menurunnya harga Emas pada perdagangan market Jum’at akhir pekan kemarin. Pada sesi Asia di perdagangan market Senin 03 Mei 2021 awal pekan ini, di perkirakan pergerakan market Emas masih akan melanjutkan penurunannya. Hal ini dapat dilihat dengan masih menguatnya Dolar AS. Pada April kemarin pergerakan Emas hampir dapat menyentuh level psikologis di 1800/troy ounce, namun gagal meskipun Federal Open Market Committee (FOMC) masih mempertahankan kebijakan moneternya.

Data ketenagakerjaan Amerika yang positive imbas digalakkannya pembangunan infrastruktur dan berbagai bidang lainnya, akan semakin membuat harga Emas tertekan. Adanya aksi profit taking yang dilakukan oleh para pelaku pasar juga turut menyeret harga Emas menuju level terendahnya. Di perkirakan penurunan harga Emas ini masih dapat berlanjut menurun menjelang rilis data NFP pada Jum’at depan. Ekspektasi bahwa akan dirilis positive mengenai data NFP dan laporan data pengangguran bulanan, maka akan semakin membenamkan harga Emas.

Mata uang Dolar AS mulai bangkit dari pelemahannya terhadap mata uang utama lainnya. Rebound nya Greenback ini dapat dilihat setelah mulai naiknya yield obligasi pemerintah Amerika dengan tenor 10 tahun. Selain itu penguatan Dolar AS juga mendapat dukungan dari pidato presiden Joe Biden yang akan menggunakan stimulus tambahan senilai US $ 2 Triliun untuk kesejahteraan keluarga dan pendidikan anak-anak. Rincian dan rencana stimulus ini telah di utarakan oleh Biden pada awal April lalu.

Rencana Biden ini juga mendapat tanggapan positive dari Menteri Keuangan AS Janet Yellen, dimana Yellen mengatakan bahwa rencana penggunaan dana stimulus tambahan oleh Joe Biden tidak akan membuat tingkat inflasi AS menjadi semakin tidak terkontrol seperti kekhawatiran yang berkembang di market, karena penggunaan stimulus tambahan tersebut akan dilakukan secara bertahap dan memakan waktu hingga 1 dekade kedepan.

Focus para pelaku pasar dalam pekan ini adalah mengenai data Laporan NFP yang di perkirakan pemerintah Amerika Serikat akan menambahkan sekitar 950.000 lapangan krja pada April, sementara untuk tingkat pengangguran bulanan di prediksi akan menurun sebesar 5,7% dari bulan sebelumnya yang di rilis 6,0%. Jika nanti rilis data sesuai dengan prediksi, maka dapat di pastikan yield obligasi AS juga akan terdorong naik sehingga menyebabkan semakin kuatnya mata uang Dolar AS.

Prediksi Analisa Harian Emas

Prediksi hari ini di pair EMAS, di perkirakan akan melanjutkan penurunannya, dan OP (Open Position) yang disarankan adalah SELL di level 1765,00, dengan Target Profit (TP) 5-10 poin dan Stop Loss di 3-5 poin.

Chart GOLD analisa harian 03-05-2021

PreferensiBEARISH
Target Profit 11760,00
Target Profit 21755,00
Stop Loss 11768,00
Stop Loss 21770,00

Demikianlah analisa harian emas 03 mei 2021 mengenai Tetap utamakan Money Management dan Risk Management.

Kunjungi GIC Indonesia untuk mendapatkan informasi seputar dunia trading. Anda juga bisa bergabung bersama kami di dalam Telegram Community GIC Trade dan Telegram Channel GIC Trade. Jangan lupa check akun Youtube GIC Indonesia yang penuh dengan banyak informasi, serta follow akun Instagram Kami untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai webinar menarik yang bisa Anda ikuti.

Nurhakim
Secara professional telah menekuni dunia trading sejak tahun 2009. Berpengalaman membangun Marketing Team & Telemarketing dengan anggota divisi 5 - 20 orang. Saat ini menjadi Trainer, Market Analyst di GIC sejak tahun 2019.