Analisa Harian AUDUSD: 2 September 2021-Bergerak Rendah

Artikel ini terakhir di perbaharui September 27, 2021 by Rinaldi Syahran
Analisa Harian AUDUSD: 2 September 2021-Bergerak Rendah
  • AUDUSD tetap bergerak rendah meskipun data perdagangan Australia optimis.
  • Neraca perdagangan Australia naik melampaui konsensus pasar, begitu juga dengan data sebelumnya selama Juli, serta data domestik yang membaik.
  • Australia terus bertarung dengan rekor puncak penularan.
  • Risiko memburuk di tengah masalah virus, serta sentimen kehati-hatian menjelang data utama Jum’at.

Pada saat analisa harian AUDUSD 2 September 2021 ditulis oleh tim GIC, pasangan mata uang ini berada di level 0.7359, turun 0,06% di dekat 0.7363. Pasangan AUDUSD ini terus melacak sentimen pasar sambil sedikit memperhatikan data perdagangan yang optimis dalam negeri.

Neraca perdagangan Australia juga terus meningkat melebihi ekspektasi pasar. Perincian untuk impor dan ekspor juga meningkat dari masing-masing 1,0% ke 3,3%, lalu dari 4,0% ke 4,8%. Selanjutnya, Pinjaman Investasi untuk Rumah melampaui level 0,7% pada Juni dengan angka 1,8% untuk Juli.

Meskipun data optimis, AUDUSD tetap tertekan karena penurunan kasus COVID-19 hanya terjadi pada satu hari sebelumnya, lalu melonjak ke tingkat penularan yang paling tinggi, dilansir dari ABC News tercatat 1.466 kasus pada Rabu. Negara bagian terpadat seperti New South Wales (NSW) dan Victoria menjadi penyumbang lonjakan kasus terbesar di Australia.

Selain karena pesimisme yang disebabkan oleh virus, sentimen hati-hati para trader menjelang laporan pekerjaan utama AS untuk Agustus yang akan diterbitkan pada Jum’at, juga akan menjadi tantangan untuk pasangan AUDUSD.

Perlu dicatat bahwa sinyal awal data ketenagakerjaan AS mendukung data nonfarm payroll (NFP) yang suram, yang pada gilirannya akan membantu the Fed mempertahankan kebijakan stimulus dan membebani dolar AS. Namun, NFP terkenal dengan kejutannya, penurunan jumlah rawat inap akibat COVID-19 di AS, ditambah dengan data yang optimis mendukung para anggota the Fed bernada hawkish.

Dengan begitu, para trader AUDUSD bisa mengambil petunjuk dari data lapangan kerja AS tingkat kedua seperti Produktivitas Non Pertanian untuk kuartal dua dan klaim pengangguran mingguan sambil memperhatikan katalis risiko seperti pembaruan virus Corona dan pengurangan QE untuk petunjuk langsung.

Bagaimana analisa teknikal AUDUSD?

AUDUSD 2 September 2021
AUDUSD 2 September 2021

Analisa harian AUDUSD diprediksi masih akan berusaha mencoba untuk melanjutkan penguatan atau bullish menuju R1, R2 bahkan R3, namun jika tidak bisa mempertahankan kenaikannya maka akan kembali ke level Pivot atau bisa saja ke level S1, S2 bahkan S3, untuk jelasnya dapat dilihat di bawah ini.

  • Pivot poin berada di 0,73523
  • Resistance 1 = 0,73972
  • Resistance 2 = 0,74281
  • Resistance 3 = 0,74730
  • Support 1 = 0,73214
  • Support 2 = 0,72765
  • Support 3 = 0,72456

Demikianlah analisa harian AUDUSD 2 September 2021. Anda juga bisa menikmati artikel-artikel yang memberikan informasi terkait GIC dan forex di Jurnal GIC. Anda juga bisa bisa mendapatkan buku panduan berupa Ebook Scalping. Dan Anda juga bisa mendapatkan bonus dari program affiliate GIC.

Nurhakim
Secara professional telah menekuni dunia trading sejak tahun 2009. Berpengalaman membangun Marketing Team & Telemarketing dengan anggota divisi 5 - 20 orang. Saat ini menjadi Trainer, Market Analyst di GIC sejak tahun 2019.