Analisa AUDUSD Hari Ini : 15 Juli 2021 – Data Ekonomi Australia Bagus, Aussie Melemah ?

Artikel ini terakhir di perbaharui July 15, 2021 by Nurhakim
Analisa AUDUSD Hari Ini : 15 Juli 2021 – Data Ekonomi Australia Bagus, Aussie Melemah ?

Analisa AUDUSD hari ini 15 Juli 2021, akan membahas pergerakan mata uang Dolar Australia dengan mata uang Dolar AS. Pada perdagangan market di Rabu kemarin, mata uang Aussie sempat menguat dibandingkan dengan mata uang Dolar AS. Penguatan Dolar Australia ini di dukung oleh adanya sikap optimis para pelaku pasar akan rilis data sentimen konsumen Australia yang dirilis oleh Westpac Bank Corporation.

Pergerakan AUDUSD hari ini diluar prediksi, karena rilis data ekonomi Australia yang bagus justru Aussie melemah kenapa ?. Pagi tadi rilis data ekonomi Australia bagus, yaitu data Employment Change dan Unemployment Rate. Data ketenagakerjaan ini dirilis bagus diatas prediksi 29.1K, sedangkan prediksi hanya 19.7K namun masih berada di bawah periode sebelumnya yaitu 115.2K. Selain itu data pengangguran Australia juga dirilis menurun, dirilis 4.9% dan prediksi 5.1% sedangkan periode sebelumnya 5.1%. Harusnya data ini dapat mendorong mata uang Aussie untuk menguat, namun yang terjadi justru sebaliknya.

Pelemahan Aussie ini karena terbebani oleh rilis data China yang buruk. Data China yang dirilis tidak lama setelah data ekonomi Australia adalah GDP China. Data ekonomi China ini dirilis 7.9% lebih rendah dari prediksi sebesar 8.0% dan kuartal sebelumnya yaitu 18.3%. Hal ini lah yang membuat mata uang Aussie melemah terhadap Dolar AS. Seperti kita ketahui bahwa China merupakan mitra dagang utama Australia. Jika data ekonomi China bagus, maka Aussie akan menguat begitupun sebaliknya.

Dolar AS bergerak melemah terhadap beberapa mata uang utama lainnya pada perdagangan market Rabu kemarin. Pelemahan Dolar AS ini pasca pernyataan ketua Bank Sentral Amerika “Jerome Powell”. Ketua Federal Reserve Jerome Powell pada agendanya semalam mengatakan kepada anggota kongres bahwa kondisi ekonomi AS saat ini masih berada jauh dari level normal seperti yang diharapkan, sebelum Bank Sentral mengambil kebijakannya untuk mengurangi pembelian aset nya.

Meski beberapa Bank Sentral negara di dunia tengah berencana akan mulai mengurangi pembelian asetnya, seperti New Zealand serta Canada. Namun The Fed tetap berpegang kepada pernyataannya bahwa Amerika masih perlu waktu sekitar 1-2 tahun lagi untuk mulai merencanakan pengurangan pembelian aset tersebut.

Analisa AUDUSD hari ini 15 Juli 2021

Chart AUDUSD analisa harian 15-07-2021

Prediksi dan analisa AUDUSD hari ini di perkirakan akan melanjutkan pelemahannya/turun dan OP (Open Position) yang disarankan adalah SELL di level 0,74500. Dengan Target Profit (TP) 10 – 20 poin dan Stop loss (SL) di 5 – 10 poin.

PreferensiBEARISH
Target Profit 10,74400
Target Profit 20,74300
Stop Loss 10,74550
Stop Loss 20,74600

Demikianlah analisa AUDUSD hari ini 15 Juli 2021 yang membahas mengenai pergerakan mata uang Aussie, meski rilis data ekonomi Australia bagus, namun mata uang Aussie melemah terhadap Dolar AS. Hal ini karena rilis data GDP China yang buruk. Tetap utamakan Money Management dan Risk Management pada tradingan Anda.

Kunjungi GIC Indonesia untuk mendapatkan informasi seputar dunia trading. Anda juga bisa bergabung bersama kami di dalam Telegram Community GIC Trade dan Telegram Channel GIC Trade. Jangan lupa check akun Youtube GIC Indonesia yang penuh dengan banyak informasi, serta follow akun Instagram Kami untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai webinar menarik yang bisa Anda ikuti.

Nurhakim
Secara professional telah menekuni dunia trading sejak tahun 2009. Berpengalaman membangun Marketing Team & Telemarketing dengan anggota divisi 5 - 20 orang. Saat ini menjadi Trainer, Market Analyst di GIC sejak tahun 2019.