Analisa Harian Minyak : 07 April 2021

Artikel ini terakhir di perbaharui June 9, 2021 by Akhmad Zico Fadlansyah
Analisa Harian Minyak : 07 April 2021

Analisa harian minyak 07 april 2021 akan membahas pergerakan harga Minyak dalam perdagangan market Selasa kemarin (06 April 2021) yang menurun, penurunan harga Minyak ini imbas adanya wacana pelonggaran jumlah produksi dari OPEC dan Iran. Diasumsikan dengan pelonggaran yang terjadi maka akan banyak ketersediaan Minyak di market sedangkan permintaan dunia masih belum stabil, imbas masih bergelutnya antara penanganan pandemi Covid-19 dan penggunaan vaksin yang cocok digunakan dalam menangani lonjakan panderita Corona di seluruh negara-negara di dunia. Namun para pelaku pasar berfocus akan rilis data Crude Oil Inventories Amerika yang akan di rilis malam nanti pada pukul 21:30 WIB.

Diprediksi cadangan Minyak Amerika akan berkurang sekitar -2,0 juta barrels sedangkan cadangan pada periode sebelumnya adalah -0,9 juta barrels. Keyakinan pasar akan menurunnya data cadangan Minyak Amerika ini tidak akan membuat pergerakan harga Minyak menjadi naik, hal ini di karenakan wacana OPEC yang akan melonggarkan produksi nya, sehingga meski penurunan cadangan Minyak Amerika yang cukup banyak maka masih tercover akan banyaknya cadangan Minyak di pasar.

Mata uang Dolar AS bergerak melemah dalam perdagangan selama beberapa hari ini. Pelemahan Dolar AS ini di sebabkan oleh yield obligasi Amerika Serikat dengan tenor 10 tahun yang mengalami penurunan. Selain itu juga pelemahan Dolar AS ini di bebani oleh adanya aksi profit taking yang di lakukan para pelaku pasar setelah terjadinya penguatan Dolar AS dalam 2 pekan terakhir.

Sentimen para pelaku pasar terjadi imbas rilis data aktivitas jasa AS telah mencapai rekor tertinggi. Selain itu untuk data sektor jasa China juga mengalami peningkatan tajam, dimana jumlah tingkat penjualan yang meningkat tajam selama hampir 3bulan. Disatu sisi adanya rencana pelonggaran pasca lockdown di Inggris yang rencananya akan dilakukan pada tanggal 12 April 2021 nanti, dimana Inggris akan kembali membuka sektor bisnis termasuk penjual retail, supermarket atau toko, sarana olah fisik atau pusat kebugaran, sarana kecantikan termasuk salon rambut, dan juga area perhotelan di luar ruangan.

Namun di sisi lain justru terjadi lockdown dengan lebih ketat yang di berlakukan di India karena meningkatnya infeksi yang ditimbulkan oleh virus Corona serta lockdown yang masih di berlakukan di sebagian besar negara di Eropa. Jumlah angka kematian menurut Reuters yang di sebabkan oleh virus Corona di seluruh dunia telah mencapai diatas angka 3 juta jiwa. Hasil data ini semakin membuat negara-negara di dunia berlomba-lomba dalam membuat vaksin dan menyalurkan serta melakukan vaksinasi secara cepat dan terarah, agar jumlah penderita pandemi Covid-19 ini bisa ditekan dan di akhiri.

Prediksi Analisa Harian Minyak

Chart OIL analisa harian 07-04-2021

Prediksi hari ini di OIL (Minyak) di perkirakan akan bergerak melanjutkan penurunannya, dan OP (Open Position) yang disarankan adalah SELL di level 59,00. Dengan Target Profit (TP) 10 – 20 poin dan Stop loss (SL) di 5 – 10 poin.

PreferensiBEARISH
Target Profit 158,90
Target Profit 258,80
Stop Loss 159,05
Stop Loss 259,10

Demikianlah analisa harian minyak 07 april 2021. Tetap utamakan Money Management dan Risk Management pada tradingan Anda.

Kunjungi GIC Indonesia untuk mendapatkan informasi seputar dunia trading. Anda juga bisa bergabung bersama kami di dalam Telegram Community GIC Trade dan Telegram Channel GIC Trade. Jangan lupa check akun Youtube GIC Indonesia yang penuh dengan banyak informasi, serta follow akun Instagram Kami untuk mendapatkan informasi mengenai berbagai webinar menarik yang bisa Anda ikuti.

Nurhakim
Secara professional telah menekuni dunia trading sejak tahun 2009. Berpengalaman membangun Marketing Team & Telemarketing dengan anggota divisi 5 - 20 orang. Saat ini menjadi Trainer, Market Analyst di GIC sejak tahun 2019.