Analisa EURUSD Hari Ini: 4 Agustus 2021 – EURUSD Berhasil Menembus 1.1870

Artikel ini terakhir di perbaharui August 5, 2021 by Yuliati Iswandiari
Analisa EURUSD Hari Ini: 4 Agustus 2021 – EURUSD Berhasil Menembus 1.1870
  • Jelang rilis data penjualan ritel, Uni Eropa EURUSD terus menembus level 1.1870
  • Penurunan imbal hasil obligasi pemerintah AS (Treasury) melemahkan permintaan dolar AS
  • Indeks dolar AS jatuh di dekat level 92,00

Penurunan imbal hasil obligasi pemerintah AS (Treasury) berhasil membuat EUR/USD mengalami kenaikan harian, setelah sebelumnya menyentuh angka terendah di level 1.1753, EUR/USD terus menunjukan optimisme dan bergerak sejak awal minggu. Pada saat artikel analisa EURUSD hari ini ditulis, EUR/USD berhasil menembus 1.1870 dan berada di level 1.874. Posisi greenback terhadap enam mata uang utama tetap tertinggal di tengah penurunan imbal hasil obligasi pemerintah AS (Treasury).

Kebijakan The Fed dalam pertemuan terbaru tetap mempertahankan kisaran target untuk suku bunga di angka 0-0,25% yang berarti tidak ada perubahan, begitu juga dengan pembelian aset tetap pada kesepakatan saat ini sebesar 120 miliar dolar AS. Selain itu, pernyataan dari ketua The Fed yang bernada dovish mengenai prospek pertumbuhan dan inflasi sangat berdampak pada dolar AS.

Di sisi lain, mata uang euro didorong oleh data ekonomi yang optimis. Harga Produsen Zona Euro naik 1,4% pada Juni, hal ini sejalan dengan ekspektasi pasar. Indeks Manajer Pembelian atau IMP Manufaktur Zona Euro berada di 62,8 pada Juli, angka ini sedikit di atas ekspektasi pasar yakni 62,2.

Data penting pada kalender ekonomi yang harus trader waspadai adalah data Penjualan Ritel Euro dan perubahan angka ketenagakerjaan ADP AS yang bisa berimbas pada EUR/USD. 

Itulah analisa EURUSD hari ini, Anda juga bisa bergabung dengan komunitas trader di Telegram GICtrade untuk bertanya langsung kepada sesama trader seputar pengalaman trading. Follow juga Instagram GIC untuk mendapatkan informasi webinar dan berbagai hadiah menarik. Selain itu, di YouTube GIC, para trader juga bisa belajar trading gratis loh!

Tunggu apalagi? Makin lengkap fitur yang mendukung penuh Anda untuk memulai investasi dan trading forex dan emas melalui GIC. Jadikan transaksi lebih simpel, aman, dan menguntungkan. Mulailah dengan membuat akun demo.

Yuliati Iswandiari
Yuli is a writer and editor with over 4 years of experience who covering a wide range of writing. She always worked on the digital team. Previously she covered the health, lifestyle, and beauty content. As a writer for GIC, her mission is to provide educational information to help you make smarter and better-informed decisions because she knows finance can be complex and intimidating.